Bulutangkismania's Weblog

Desember 13, 2012

Results Day 1 BWF Superseries Finals 2012 : ToLyn Di Ujung Tanduk, RiBby Buat Kejutan

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 9:07 am
Tags: , , , , , , , , ,

l Dua pasangan ganda campuran Indonesia yang berhasil meloloskan diri ke turnamen yang berhadiah totasl USD 500,000 ini langsung mengalami hasil kontras di laga awal masing-masing. Tontowi/Liliyana (ToLyn) yang diunggulkan di tempat ke-3 gagal membendung kesolidan duo senior Thailand, Sudket/Saralee. Sebaliknya, Rijal/Debby (RiBby) yang bertanding di grup yang berbeda sukses membalaskan kekalahannya atas wakil Malaysia, Chan/Goh dua gim langsung.

 

Berada satu grup dengan unggulan teratas, Xu Chen/Ma Jin, pasangan Thailand, Sudket/Saralee serta tandem Korea Selatan, Yoo Yeon Seong/Jang Ye Na membuat nasib ToLyn berada di ujung tanduk usai kekalahan yang mereka terima saat menghadapi ganda sang negeri gajah putih. Set pertama berlangsung ketat dan seru ketika kedua pasangan saling mengejar dan memimpin dengan selisih 1-2 poin hingga kedudukan 16-16. ToLyn lebih dulu menyentuh angka 18 namun kembali disamakan oleh Sudket/Saralee. Unggul dalam serangan dan permainan di depan net membuat ToLyn meraih momentum lebih dulu 20-18 sebelum menutup gim pertama, 21-19.

 

Gim kedua sepenuhnya di kuasai oleh Sudket/Saralee ketika mampu menerapkan strategi efektif dengan lebih banyak menarik Liliyana ke area belakang lapangan. Meskipun ToLyn sempat beberapa kali menghalau perolehan poin pasangan Thailand dengan smash-smash kerasnya, dominasi Sudket/Saralee yang tak terbendung saat bermain di depan net membuat keduanya dengan mudah menyudahi perlawanan ToLyn, 21-14.

 

Kondisi ToLyn sempat membaik pada gim ketiga dan beberapa kali mampu mengimbangi permainan cepat Sudket/Saralee di depan net. Namun sayangnya kondisi ini hanya berlangsung hingga kedudukan 13-13. Seolah-olah kehilangan stamina dan fokus pertandingan, beberapa kali kesalahan beruntun yang dilakukan ToLyn memudahkan wakil Thailand untuk kembali unggul 16-14 dan memastikann kemenangan pertama mereka di turnamen ini, 21-14.

 

Kekalahan ToLyn ini kian menyulut berbagai ekspektasi akan kelanjutan eksistensi pasangan campuran nomor satu merah putih ini mengingat duo Sudket/Saralee pada turnamen sebelumnya mampu dibenamkan oleh Markis/Pia dan junior mereka, Riky/Richi.

 

Dengan demikian hasil ini memaksa ToLyn untuk wajib memenangkan pertandingan saat menghadapi unggulan teratas, Xu/Ma di pertandingan hari ketiga, Jumat (14/12/2012). Xu/Ma sendiri pada hari ini tidak harus memeras keringat karena sang penantang, Yoo Yeon Seong/Jang Ye Na memutuskan untuk menarik diri dari turnamen ini karena cedera yang dialami Jang saat sesi latihan sebelumnya.

 

“Jika melihat peluang memang berat. Tetapi, mereka juga punya kapasitas untuk menang. Dalam level turnamen seperti ini, persaingan sangat ketat. Siapa yang lengah, dia akan kalah,” ungkap Richard Mainaky seperti yang dikutip oleh Kompas.

 

“Mereka kehilangan fokus di dua gim terakhir. Ini harus dijadikan pelajaran untuk pertandingan berikutnya,” lanjut Richard.

 

Pada grup yang berbeda, RiBby membuat kejutan dengan menghempas unggulan ke-2 asal Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying. Pada gim pertama, kedua pasangan tampil tak sempurna dan beberapa kali melakukan unforced error. Namun pola permainan RiBby yang lebih unggul dari sisi serangan dan penempatan bola mambuat mereka mampu tampil lebih ngotot setelah tertinggal 16-18 menjadi berbalik unggul 21-18.

 

Smash-smash keras yang gagal diantisipasi oleh Chan/Goh kembali menjadi kunci kemenangan RiBby di gim kedua. Usai memimpin 10-6 di paruh awal, RiBby tak terbendung dan berada di atas angin hingga kedudukan 17-13. Beberapa kesalahan sendiri yang dilakukan pasangan Indonesia membuat Chan/Goh mampu bangkit dan menyamakan kedudukan di angka 17 dan 18. Beruntung di titik ini RiBby tidak dijangkiti oleh sindrom poin kritis sehingga mampu tampil lebih tenang dan sabar untuk merebut gim kedua, 21-19.

 

Meskipun kemenangan ini tidak lantas menjadi jaminan untuk tiket ke semifinal karena pada pertandingan lainnya, wakil Denmark, Joachim Fischer/Christinna Pedersen juga sukses membukukan kejutan dengan menggulung unggulan ke-4, Zhang Nan/Zhao Yunlei, 21-12, 23-21 namun kemenangan ini setidaknya mampu meningkatkan motivasi bertanding dan kepercayaan diri keduanya usai menelan kekalahan pada dua pertemuan sebelumnya atas wakil negeri jiran tersebut.

 

Fu/Cai Kalahkan Koo/Tan

 

Kejutan terbesar hari pertama untuk sektor ganda berhasil diciptakan oleh andalan tuan rumah, Fu Haifeng/Cai Yun saat berhadapan dengan unggulan teratas, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong. Sementara itu cedera yang dialami oleh Jang Ye Na tidak hanya memaksanya mundur di sektor campuran namun juga di sektor putri ketika dijadwalkan berduet dengan Eom Hye Won dan menempati unggulan ke-4.

 

Setelah sempat mengalami penurunan performa paska merebut emas Olimpiade London 2012, duet Fu/Cai tidak hanya harus kembali beradaptasi menjalin kekompakan di lapangan karena cedera yang dialami oleh Cai Yun yang memaksa mereka absen di beberapa turnamen terakhir sehingga meolorotkan peringkat keduanya namun juga berjibaku ketat saat menantang ganda non unggulan di babak-babak awal.

 

Kestabilan penampilan mereka baru teruji di turnamen Hongkong Open SS 2012 yang lalu dengan mengantongi gelar juara sekaligus mengalahkan beberapa ganda kuat dunia. Kali ini, Fu/Cai kembali menunjukkan konsistensi mereka dengan menghempas unggulan teratas, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong dalam laga tiga gim. Tampil dominan dan menekan di gim pertama membuat Fu/Cai mampu mengantongi kemanangan 21-11. Set kedua menjadi milik Koo/Tan saat dominasi wakil Malaysia tersebut gagal dibendung oleh Fu/Cai dan beberapa kesalahan sendiri yang dilakukan beruntun oleh sang wakil tuan rumah. Setelah tertinggal 10-21 di gim kedua, Fu/Cai kembali bangkit dan merebut gim ketiga 21-10 dengan mengkombinasi permainan cepat di depan net dan serangan-serangan menekan yang tak terduga.

 

Pada pertandingan lainnya, Mathias/Carsten juga memetik kemenangan atas wakil Korea Selatan, Kim Ki Jung/Kim Sa Rang (4), 21-17, 17-9. Duo Korea yang dilanda cedera akhirnya memutuskan untuk mundur dari turnamen ini dan menyerahkan kemenangan kepada pasangan Denmark.

 

Di grup yang berbeda, para unggulan masih belum menemui kesulitan berarti untuk menyingkirkan lawan-lawan mereka. Hong Wei/Shen Ye (3) terlalu tangguh untuk pasangan muda Thailand, Bodin/Maneepong dan sukses membukukan kemenangan telak 21-9, 21-9. Sementara itu andalan Jepang, Hiroyuki/Kenichi (2) menaklukkan wakil Malaysia, Hoon Thien How/Tan Wee Kiong, 21-13, 21-17.

 

Cedera yang dialami oleh Jang Ye Na membuatnya memutuskan untuk mundur dari turnamen ini. Tidak hanya kehilangan peluang bersama Yoo Yeong Seong di sektor campuran, Jang yang pekan lalu menjadi kampiun di turnamen Korea Open GP Gold 2012 ini juga menutup peluang Korea Selatan untuk meraih gelar di sektor putri bersama tandemnya, Eom Hye Won.

 

Dengan demikian, kandidat semifinalis di grup B hanya menyisakan Wang Xiaoli/Yu Yang (4), Christinna/Kamilla dan pasangan Jepang, Misaki/Ayaka. Wang/Yu memimpin klasemen grup ini dengan memetik kemenangan atas Christinna/Kamilla, 21-16, 21-18.

 

Sementara itu pada grup A dua unggulan teratas juga masih belum menemui kesulitan menundukkan lawan-lawannya. Shizuka/Mami asal Jepang yang menempati unggulan teratas menekuk ganda Hongkong, Poon Lok Yan/Tse Ying Suet, 21-12, 21-8 sedangkan Tian Qing/Zhao Yunlei (3) menghempas andalan Thailand, Duanganong/Kunchala, 21-17, 21-7 (FI).

About these ads

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada tulisan ini. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

The Rubric Theme. Create a free website or blog at WordPress.com.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 356 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: