Bulutangkismania's Weblog

Mei 20, 2013

Sudirman Cup 2013 : Skotlandia Bungkam Rusia

SUDIRMAN CUPTanpa kehadiran tiga pemain ganda utamanya, Rusia harus menelan kekalahan atas tim Swedia. Meskipun unggul di sektor putra, kekurangan pemain di sektor ganda membuat Vladimir Ivanov yang sempat membuat kejutan dan melaju ke babak delapan besar korea Open SS Premier 2013, akhirnya melepas sektor tunggal. Sementara itu dua negara Asia Tenggara, Vietnam dan Filipina masing-masing memetik kemenangan perdana dan menempati puncak klasemen sementara divisi 3.

 

Kekuatan para pemain Rusia dalam beberapa tahun terakhir memang semakin berkembang. Bermula dari kehadiran pemain internasional Anastasia Rushkikh yang berduet dengan banyak pemain dunia beda negara serta Ella Diehl yang mencuat di sektor tunggal, diikuti oleh kejutan perunggu Olimpiade London 2012 atas Valeria Sorokina/Nina Vislova. Selain itu, Valeria dan Nina masing-masing juga bermain di sektor campuran. Bersama Alexandr Nikolaenko, Valeria bahkan sempat bertengger di peringkat 11 dunia.

 

Sayangnya tiga pemain ganda Rusia tidak ikut memperkuat timnya kali ini. Alexandr Nikolaenko, Vitalij Durkin yang biasanya berduet dengan Nina serta Valeria sendiri memilih absen untuk menyerahkan posisi mereka kepada pemain Rusia lainnya. Posisi ini tidak hanya membuat Rusia lemah di sektor campuran dan ganda putri namun juga harus rela mengorbankan sektor tunggal untuk menduetkan dua pemainnya di nomor ganda putra.

 

Menghadapi pasukan Skotlandia, Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov yang memang lebih cemerlang di sektor ganda dibandingkan dengan prestasi di nomor tunggal. Vladimir/Ivan sudah beberapa kali menumbangkan ganda senior Indonesia, Alvent/Kido. Bahkan keduanya mampu membuat kejutan dan menjadi runner up di turnamen Macau Open GP Gold 2012. Menantang duet Skotlandia, Robert Blair/Paul Van Rietvelde, Vladimir/Ivan mencatat kemenangan 21-19, 22-20.

 

Poin ini menjadi satu-satunya yang berhasil dikoleksi Rusia atas Skotlandia karena kekalahan pada empat sektor lainnya.  Nina yang biasanya berpasangan dengan Valeria kali ini memilih untuk fokus di ganda campuran dan melepas sektor putri. Menghadapi ganda senior Skotlandia, Robert Blair/Imogen Bankier, Vladimir/Nina sempat menyajikan permainan ketat sebelum menyerah 15-21, 21-12, 22-24.

 

Dua nomor yang menjadi korban adalah sektor ganda putri dan tunggal putra. Tatjana Bibik/Anastasia Chervaykova menggantikan posisi Valeria/Nina namun tak cukup kuat untuk melumpuhkan Imogen Bankier/Kirsty Gilmour, 15-21, 17-21. Sementara itu Vladimir Malkov yang menggantikan posisi Ivan Sozonov dan Vladimir Ivanov juga gagal membendung Kieran Merrilees, 19-21, 10-21. Natalia Permonova yang menjadi kampiun Croatian International Challenge 2013 takluk atas Kirsty Gilmour 18-21, 18-21.

 

Sementara itu pada laga grup A lainnya di divisi 2, kehadiran mantan pemain merah putih Halim Heryanto serta pemain putri keturunan Indonesia, Jamie Subandhi belum cukup mampu untuk mengantarkan Amerika Serikat pada kemenangan saat menghadapi Swedia. Paman Sam hanya mampu menuai dua angka yang disumbang dari sektor putri baik tunggal maupun ganda. Iris Wang menyudahi perlawanan Ellinor Widh, 21-16, 21-12 sedangkan Eva Lee/Paula Lynn menang atas Amanda/Emelie, 20-22, 21-15, 21-6.

 

Sementara itu di divisi 3, dua negara Asia Tenggara masih mendominasi dan memimpin sementara grup A dan B. Kemenangan Vietnam 5-0 membuat negara tersebut meraih angka sempurna yang disusul oleh Australia yang unggul 4-1 atas Lituania. Pada grup B, Filipina dan Srilangka sama-sama memetik kemenangan tipis 3-2 atas lawan-lawannya. Filipina mengehntikan perlawanan Selandia Baru sedangkan Srilangka meredam Turki. Namun selisih set yang lebih baik membuat Filipina meraih poin tertinggi dan memimpin klasemen grup B (FEY).

 

Hasil lengkap dapat dilihat di http://tournamentsoftware.com/sport/matches.aspx?id=A573BF77-2860-4DE4-A417-7DED98403934&d=20130519

About these ads

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Theme: Rubric. Get a free blog at WordPress.com

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 356 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: