Bulutangkismania's Weblog

Juni 9, 2008

Press Release Indonesia Super Series ’08 : Laporan Hasil Konferensi Pers

Filed under: Sekilas Info — bulutangkismania @ 10:16 pm

Sukses menjadi tuan rumah kejuaraan beregu paling akbar di tahun 2008, Piala Thomas dan Uber, Istora kembali akan disemarakkan oleh riuhnya gemuruh penonton dan penampilan memukau dari para pemain elit dunia dalam turnamen Djarum Indonesia Open Super Series 2008. Turnamen yang berlangsung dari tanggal 17-22 Juni 2008 ini akan diikuti oleh 150 atlet dari 27 negara untuk memperebutkan total hadiah USD 125,000.

Tak Semeriah Tahun Sebelumnya

Bertempat di West Mall, Blitz Megaplex – Grand Indonesia panitia penyelenggara turnamen Indonesia SS tahun ini mengadakan konferensi pers pada tanggal 9 Juni 2008 pukul 14.00 WIB. Pihak panitia yang diwakili oleh Wisnutama (Trans Corp), dan para pengurus PBSI seperti Ketua Umum – Sutiyoso, Christian Hadinata, dan Mimi Irawan mencoba untuk menjabarkan agenda perhelatan turnamen ini serta menjawab pertanyaan dari para rekan wartawan dengan dipandu oleh Terry Putri sebagai presenter.

Tahun ini merupakan super series kedua kalinya yang disponsori oleh PT Djarum setelah 2007. Tiga Tahun sebelumnya, Djarum juga menjadi tulang punggung kejuaraan ini saat masih berada di level Grand Prix (2004 dan 2005) dan turnamen berbintang 6 di tahun 2006. Total hadiah pun semakin meningkat seiring dengan bertambahnya tahun. Selain mendapatkan tambahan poin sebesar 9200, para pemenang tunggal putra dan putri masing-masing akan mengantongi hadiah uang sebesar USD 18,750. Sedangkan untuk tiga nomor ganda, masing-masing jawara juga berhak atas ‘prize money’ USD 17,250.

Dalam acara tersebut juga panitia secara garis besar menggambarkan tentang peluang atlet Indonesia di turnamen ini. Masalah ‘peak performance’ atlet Indonesia juga tak luput di singgung khususnya dalam mepertahankan tradisi emas di Olimpiade 2008 bulan Agustus nanti. Menyinggung tentang menurunnya tunggal andalan Indonesia saat ini, Taufik Hidayat, Sutiyoso mengungkapkan bahwa turnamen ini merupakan saat yang tepat untuk menebus ‘dosa’ atas kegagalan dirinya dan atlet-atlet putra Indonesia lainnya saat bertarung di Piala Thomas bulan lalu dengan berprestasi maksimal. Namun saat Ketua Umum PBSI tersebut ditanya mengenai pengaruh perolehan poin turnamen ini terhadap ranking atlet Indonesia, Sutiyoso hanya menjawab sekenanya dan lebih membahas mengenai hadiah dan bonus yang akan diterima oleh atlet tersebut.

Harus diakui bahwa turnamen Indonesia SS kali ini tidak semeriah tahun sebelumnya. Selain absennya para pemain Korea, beberapa pemain terbaik Malaysia dan Cina juga tidak ambil bagian untuk ikut berkompetisi. Menyikapi absennya tunggal terbaik Cina, Lin Dan, 2 ganda terbaik Korea Jung Jae Sung/Lee Yong Dae dan Lee Jae Jin/Hwang Ji Man serta 2 tandem teratas Malaysia, Choong Tan Fook/Lee Wan Wah dan Koo Kien Keat/Tan Boon Heong, pihak panitia yang diwakili oleh Mimi Irawan menyebutkan tidak mengetahui persis penyebab absennya mereka. Para atlet tersebut memang tidak mendaftarkan diri sampai pada batas waktu yang ditentukan.

Selain para pengurus PBSI dan pihak Trans Corp yang diwakili oleh Trans 7 sebagai ‘official broadcaster’ turnamen ini, acara ini turut pula dihadiri oleh tunggal putri terbaik Indonesia, Maria Kristin dan pasangan ganda putra nomor 2 PB Djarum yang baru saja menjuarai turnamen Spanish Open International Challenge, Fran Kurniawan/Rendra Wijaya. Meskipun hanya berbicara beberapa menit, para atlet tersebut optimis untuk mengukir hasil yang terbaik minimal sama seperti tahun lalu saat Mari mampu melenggang ke babak perempatfinal. Tekad yang sama juga disempaikan oleh Fran/Rian meskipun turnamen ini merupakan penempilan super series perdana mereka sejak dipasangkan tahun lalu.

Pembelian Tiket

Butir penting lainnya yang juga disampaikan oleh panitia adalah perihal pembelian tiket. Tiket dapat diperoleh secara langsung di Istora Senayan pada H-1. Jadi, penjualan tiket untuk pertandingan babak kualifikasi tanggal 17 Juni sudah dapat dibeli langsung di ‘ticket box’ mulai tanggal 16 Juni pukul 10.00 WIB. Berikut rincian lengkap berikut tiket dan jadwal pertandingannya :

· Tanggal 17-19 Juni 2008, VIP Rp 25.000, Klas 1 Rp 10.000, waktu pertandingan dimulai pukul 09.00 WIB untuk babak kualifikasi, babak pertama dan kedua.

· Tanggal 20 Juni 2008, VIP Rp 50.000, Klas 1 Rp 25.000, waktu pertandingan dimulai pukul 16.00 WIB untuk babak perempatfinal.

· Tanggal 21 Juni 2008, VIP Rp 100.00, Klas 1 Rp 50.000, waktu pertandingan dimulai pukul 17.00 WIB untuk babak semifinal.

· Tanggal 22 Juni 2008, VIP Rp 100.00, Klas 1 Rp 50.000, waktu pertandingan dimulai pukul 17.00 WIB untuk babak final.

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, terdapat peningkatan harga tiket dimana saat 2007 tiket dibebaskan untuk babak kualifikasi, babak pertama dan kedua. Tiket baru diperjualbelikan saat mempertandingkan babak perempatfinal. Namun hal ini cukup dimaklumi, mengingat euphoria bulutangkis masih cukup kental terasa setelah keberhasilan tim putri merah-putih melaju ke babak final bulan lalu.

(www.bulutangkis.com, http://www.bulutangkismania.wordpress.com)

3 Komentar »

  1. bravo bulutangkis Indonesia
    bravo..
    btw kok avatarnya bukan sama pemain Indonesia ya ? kok malah sama pemain jerman

    Komentar oleh realylife — Juni 13, 2008 @ 5:20 pm | Balas

  2. MAU Suttle Cock Murah??? hubungi hasilkebun

    Komentar oleh hasilkebun — Juni 17, 2008 @ 5:37 pm | Balas

  3. rebut juara n jgn jd pecundang yg bikin malu indonesia,,,bravo…

    Komentar oleh gooobst35s — Juni 19, 2008 @ 9:01 am | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: