Bulutangkismania's Weblog

Juli 11, 2008

Bulutangkis PON XVII : DKI Gagal Sandingkan Gelar

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 11:11 pm

Kejutan terjadi di cabang olahraga bulutangkis nomor beregu putra, setelah tim putra DKI Jakarta dikalahkan tim Jawa Tengah. Bahkan tim ibukota yang dihuni beberapa atlet Cipayung ini, kalah telak 3-0.

Pada tunggal pertama, Simon Santoso yang di atas kertas diunggulkan, diluar dugaan ternyata takluk dua set langsung dari Andre Kurniawan, 15-21, 18-21, hanya dalam waktu 39 menit.

Kejutan kembali terjadi ketika pasangan ganda Joko Riyadi/ Rendra Wijaya takluk dari ganda Rian Sukmawan/ Yonatan, 15-21, 24-22, 19-21. Memasuki akhir set kedua dan ketiga, pasangan terbaik klub Djarum, Rian/Yoke berkali-kali melakukan beberapa kesalahan sendiri terutama saat berada di poin-poin kritis. Beberapa bola yang tanggung dan tidak sulit gagal dimanfaatkan oleh keduanya dan banyak yang menyangkut di depan net.

Pada laga terakhir, Andreas Adityawarman memupuskan harapan DKI Jakarta, untuk merebut emas setelah mengalahkan tunggal DKI Tommy Sugiarto, 21-13, 21-11.

Ditemui seusai penyerahan medali, rasa kekecewaan terlihat jelas dari raut muka Joko Riyadi. Saat ditanya penyebab kekalahan, Joko mengaku faktor kekompakan antara dirinya dan Rendra menjadi penyebab utama.

”Mereka pasangan dari awal, sedangkan kami baru berlatih ketika bertemu di sini,” jelas Joko.

Dalam kesempatan ini Joko juga mengutarakan kekesalannya. Menurut Joko, seharusnya tim DKI bisa mencuri di sektor tunggal. ”Simon sebenarnya wajib menang dari Andre. Karena di atas kertas Simon jauh lebih unggul,” beber Joko.

Sementara itu Simon yang ditemui di tempat terpisah, tidak menerima jika dirinya menjadi kambing hitam dari kekalahan. ”Ini permainan tim. Jadi semua tanggung jawab itu harus dipikul sama oleh anggota tim,” bela Simon.

”Sebenarnya saya akui secara sportif, lawan saya lebih bagus. Saya tidak ingin mencari kesalahan orang lain. Anda juga bsia lihat, pada laga ketiga Tommy juga mengalami kekalahan. Jadi tidak usah mencari siapa yang salah,” Di akhir wawancara, Simon juga mengutarakan bahwa hal yang perlu dilakukan sekarang adalah evaluasi mengenai kinerja kontingen DKI ini.

Meskipun harus puas menjadi runner up beregu putra, dominasi para srikandi DKI masih belum terbendung di sektor putri. Firda dan rekan-rakannya berhasil menaklukkan finalis lainnya, Jawa Barat di babak final dengan skor 2-0. Tunggal DKI, Adriyanti Firdasari berhasil memetik kemenangan pertama atas Linda Weni, 21-15, 21-18. Atlet ganda Pelatnas, Endang/Rani menambah kemenangan untuk DKI setelah melibas Lita Nurlita/Devi Tika, 21-13, 21-15.

Sumber : Okezeone.com dengan beberapa adaptasi.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: