Bulutangkismania's Weblog

Juli 13, 2008

Final Results US Grand Prix ’08 : Kado Halim Untuk Amerika

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 3:24 pm

Berlokasi di California, Amerika Serikat, turnamen yang berhadiah total 50,000 USD ini akhirnya berhasil didominasi oleh para pebulutangkis tuan rumah. Raihan 3 gelar juara dan 1 gelar runner up pada babak final diharapkan mampu menjadi salah satu persembahan terindah dari para mantan pebulutangkis Asia untuk perkembangan badminton di Amrika sekaligus kado ulang tahun kemerdekaan Amerika Serikat yang ke-232.

Mantan pebulutangkis Indonesia yang saat ini membela Amereka, Halim Haryanto berhasil memetik gelar perdana di nomor ganda campuran. Berpasangan dengan salah seorang mantan pebulutangkis Cina, Peng Yun (Grace), keduanya berhasil menundukkan unggulan ke-2 asal Kanada, Mike Beres/Valerie Loker dua set langsung. Set pertama berhasil dikuasai sepenuhnya oleh pasangan Amerika yang tahun lalu hanya mampu mencapai babak perempatfinal ini. Unggul jauh 7-1 dan 16-5, karena banyaknya kesalahan sendiri dari Mike/Valerie, keduanya tak terkejar dan menutup set ini dengan kemenangan sempurna 21-13.

Pada set kedua, perseteruan antara kedua pasangan ini berlangsung lebih hidup saat ganda Kanada berhasil menemukan irama permainan mereka. Halim/Grace sempat tertinggal 3-6 di awal set pertama. Namun berkat serangan smash-smah yang cukup tajam dan keras, Halim/Grace mampu menyamakan kedudukan di angka 8 dan berbalik unggul 10-8. Frekuensi serangan yang sempat melonggar kembali membuat permainan ganda Kanada berkembang dan berbalik unggul 14-13. Memasuki di poin-poin kritis, duet Amerika kembali meningkatkan tempo permainan dan terus menekan sehingga kembali ‘leading’ 17-14 dan 20-15 sebelum menutup set ini 21-16.

Kemenangan Halim Haryanto di nomor campuran sayangnya tidak mampu disandingkan dengan gelar juara di sektor ganda putra. Berpasangan dengan Raju Rai, pemain ganda peraih mahkota Juara Dunia 2001 bersama Tony Gunawan ini harus puas menjadi runner up setelah dikalahkan ganda no. 1 Pan Amerika, Howard Bach/Khan Bob Malaythong. Duel antara sesama pasangan Amerika ini sempat berlangsung tak seimbang di awal set pertama. Solidnya pertahanan dan permainan Howard/Khan terlihat kontras dengan duo Halim/Raju yang baru dipasangkan untuk pertamakalinya.

Tertinggal 2-7 dan 7-11 saat jeda interval, Halim/Raju mampu memperkecil selisih angka keduanya menjadi 11-12. Howard/Khan yang jauh lebih unggul dari segi pengalaman dan kekompakan kembali mendominasi di poin-poin kritis setelah berhasil memecah belah pertahanan lawan mereka. Tertinggal 12-20, Halim/Raju akhirnya menyerah 14-21 di set pertama.

Permainan berlangsung lebih ketat di set kedua. Meski unggulan teratas, Howard/Khan selalu memimpin dengan selisih 2-3 poin sejak awal set, Halim/Raju sempat berbalik mempin 10-9 dan 11-10 saat jeda interval dengan berbalik menekan dan melakukan serangan. Beberapa kesalahan sendiri dari Halim/Raju kembali membuat ganda terbaik Amerika tersebut memimpin 14-11.

Selisih 1-3 poin kembali terjadi hingga skor kritis 18-15, 19-17, dan 20-18 untuk keunggulan Howard/Khan. Halim/Raju sempat menambah satu poin dan nyaris memaksakan ‘deuce’ saat kedudukan 19-20. Namun kecerdikan Howard/Khan dalam penempatan bola menggagalkan usaha Halim/Raju untuk memaksa rubber set saat keduanya memperoleh poin terakhir sekaligus menamatkan set ini lebih dulu 21-19.

Pemain Asia lainnya yang ikut menambah perolehan gelar Amerika Serikat adalah Zhou Lili. Menghadapi unggulan ke-5 turnamen ini, Chloe Magee, kedua pemain tunggal ini sempat berseteru ketat di set pertama. Kejar mengejar angka dan selisih poin yang tipis berlangsung dari awal set hingga kedudukan 20-18 untuk Irlandia. Tiga kesempatan ‘match point’ yang gagal dimanfaatkan oleh Chloe membuat Zhou mampu menyamakan kedudukan di angka 20 dan 21 serta berbalik menutup set ini 23-21.

Mental bertanding Chloe yang kurang begitu sempurna berimbas pada permainannya saat memasuki set kedua. Sempat member perlawanan di awal set, Chloe akhirnya tertinggal 8-11 dan 9-14 karena tidak mampu keluar dari tekanan. Chloe mampu kembali bangkit dengan bermain lebih agresif sehingga memperkecil selisih poin 16-17. Kurangnya konsistensi dalam bermain khususnya saat berada di poin-poin kritis membuat Chloe kembali terpuruk di angka 16 sedangkan Zhou mampu merebut 4 angka berturut-turu sekaligus memastikan gelar grand prix perdananya di tahun ini, 21-16.

Di dua nomor lainnya, Amerika Serikat tidak menempatkan satupun wakilnya ke babak final. Mahkota juara tunggal putra akhirnya direbut oleh tunggal terbaik Pan Amerika asal Kanda, Andrew Dabeka. Unggula teratas asal Kanada tersebut memupuskan harapan pemain muda Denmark, Marthin Bille Larsen (unggulan ke-8) di babak final. Kejar mengejar angka dan saling memimpin hanya terjadi pada awal set pertama dan kedua. Selanjutnya, Andrew mengontrol penuh jalannya pertandingan hingga akhirnya memetik kemenangan cukup telak 21-14, 21-9.

Perdedaan level kualitas antara wakil Asia dan Amerika kembali terujia di sentor ganda putri. Meskipun tidak diunggulkan di tempat teratas, dua wakil Taiwan berhasil melibas lawan-lawan masing-masing dan menyajikan pertarungan antara sesama Taiwan di babak puncak. Chang Li Ying/Hung Shih Chieh akhirnya berhak untuk mengantongi gelar perdana mereka di tahun ini setelah melumpuhkan rekan senegaranya, Tsai Pei Ling/Yang Chia Chen, 21-19, 21-14.

Ferry Irawan, Jurnalis Bulutangkis.com

(www.bulutangkis.com, http://www.bulutangkismania.wordpress.com)

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: