Bulutangkismania's Weblog

Juli 21, 2008

Final Results Badminton Asia Championships U-19 ’08 : Cina Masih Tak Terbendung

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 10:45 am

Tim Cina akhirnya berhasil merajai babak final turnamen Kejuaraan Asia U-19 yang berlangsung hari minggu lalu dengan memboyong 4 dari 5 gelar nomor individu. Sukses ini melengkapi dominasi para atlet junior Cina di nomor beregu setelah mengandaskan perlawanan Korea 3-1 di partai puncak.

Berjaya Meski Tak Diunggulkan

Meskipun para junior Cina tidak satupun menempati ‘seeded’ di turnamen ini, kualitas mereka ternyata mampu menyamai atlet Asia lainnya yang lebih sering mengikuti kejuaraan internasional. Kemenangan pertama Cina diukir oleh pasangan campuran, Zhang Nan/Lu Lu. Setelah melewati persaingan sengit di set ketiga, keduanya berhasil memupuskan harapan Korea, Kim Ki Jung/Eom Hye Won, 14-21, 21-15, 24-22.

Dominas pemain putri Cina ternyata tidak hanya terjadi di nomor senior. Li Xuerui dan Wang Shixian berhasil meyingkirkan para unggulan untuk melaju ke babak final dan menyajikan partai “All China Final”. Li yang juga menjadi unjung tombak Cina di nomor beregu akhirnya berhak menjadi juara setelah menang 22-20, 21-13. Sebelumnya di babak semifinal, Li mampu membuat kejutan dengan melibas unggulan kedua asal Korea, Bae Youn Joo, 12-21, 21-5, 22-20.

Prestasi Wang di babak semifinal juga tak kalah mengagumkan. Setelah melalui pertarungan rubber set menghadapi unggulan teratas, Porntip Buranaprasertsuk, Wang menyudahi perlawanan tunggal kedua Thailand tersebut 21-14, 10-21, 21-11.

Wang Zhengming kembali menambah raihan gelar tim Cina setelah menundukkan wakil Korea, Park Sung Ming, 21-10, 21-14. Meskipun gagal di babak final, Park berhasil melakukan ‘revenge’ atas kekalahannya di nomor beregu atas tunggal Cina lainnya, Gao Huan, di babak semifinal.

Duet ganda putri Cina, Xie Jing/Zhong Qianxin yang juga merupakan kampiun Kejuaraan Dunia Junior tahun 2007, memastikan gelar ke-4 negeri tirai bambu tersebut setelah di babak final bersaing ketat atas rekan senengaranya, Lu Lu/Xia Huan, dengan memetik kemenangan 20-22, 21-14, 22-20.

Satu-satunya nomor yang lepas dari tangan Cina adalah ganda putra. Krisis ganda putra yang juga terjadi di sektor senior nampaknya kembali berimbas terhadap para atlet juniornya. Anak-asuhan Li Yong Bo tersebut hanya mampu mencatatkan prestasi terbaik dengan melangkah ke babak semifinal. Chai Biao/Zhang Nan harus mengakui ketangguhan unggulan teratas, Mak Hee Chun/Teo Kok Siang, 18-21, 17-21. Di partai final, Mak/Teo akhirnya memetik gelar untuk Malaysia dengan menjungkalkan utusan Korea Choi Young Woo/Kim Ki Jung, 21-13, 21-18.

Raihan empar gelar di nomor individu ini berhasil melengkapi kemenangan para atlet junior Cina di nomor beregu. Setelah menjadi juara grup C, langkah tim Cina ke babak final tak terbendung dengan menggasak Jepang 3-1 di babak perempatfinal dan Hongkong 3-0 di semifinal. Menghadapi tim tangguh Asia lainnya di partai puncak, Korea, Gao Han dan rekan-rekannya sempat tertinggal lebih dulu 0-1 saat duet Chai Biao/Xie Jing kalah tipis dari Kim Ki Jung/Eom Hye Won, 21-16, 19-21, 21-23.

Kekalahan ini berhasil di tebus oleh tiga wakil Cina di sektor tunggal putra, tunggal putri dan ganda putra. Gao Huang menyamakan kedudukan 1-1 untuk Cina dengan menekuk Park Sung Ming, 21-12, 21-17. Li Xuerui dan Zhang Nan/Chai Biao akhirnya memastikan gelar tim Cina setelah menang dua set langsung atas Bae Youn Joo dan Kim Ki Jung/Eom Hye Won.

Tersandung Di Perempatfinal

Saat Cina berhasil memetik 5 m juara dan dua gelar runner up, Malaysia mengantongi 1 gelar serta Korea dengan 4 title runner up-nya, para atlet junior Indonesia harus terpuruk di babak perempatfinal. Absennya sebagian besar para atlet junior demi membela daerah masing-masing pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) membuat kubur merah putih hanya mengirimkan sebagian para atlet pelatnas pratama dan junior terbaik daerah untuk berlaga di Kejuaraan ini.

Dimotori oleh pemain pelatnas pratama yang berasal dar klub Djarum, Engga Setiawan, srikandi junior terbaik Jawa Barat, Desi Hera, dua pasangan pelatnas pratama, Annisa/Fenya dan Kevin/Angga, serta pasangan campuran PB Djarum, Ulinuha/Annisa, para pemain Indonesia berhasil menjadi yang terbaik di klub D dengan melibas Vietnam 4-1, Korea Utara 5-0, dan tim tangguh Thailand 3-2.

Kejutan terbesar adalah saat Engga Setiawan mampu menekuk unggulan teratas turnamen ini yang sempat mengalahkan Taufik Hidayat, Tanongsak Saensomboonsuk. Namun sayangnya langkah mudah Indonesia ke babak 8 besar, terjegal oleh runner up grup B, tim Hongkong. Meski Annisa/Fenya dan Kevin Angga berhasil menebus kekalahan dua tunggal Indonesia, kekalahan Ulinuha/Annisa atas Wong Wing Ki/Tse Ying Suet, 23-25, 21-13, 17-21 memupuskan harapan Indonesia untuk menyamai prestasi tahun lalu dengan lolos ke empat besar.

Di nomor indovidu, para atlet junior Indonesia juga hanya mencatatkan prestasi terbaiknya di nomor perempatfinal. Duet pasangan Berry Angriawan/Muhammad Ulinuha akhirnya menyerah dari unggulan teratas asal Malaysia, Mak Hee Chun/Teo Kok Siang, 14-21, 16-21. Duo srikandi Indonesia, Feinya/Nadhir ‘Ajeng’ Maziyah juga terhenti langkahnya atas ganda Cina, Lu Lu/Xia Huan, 16-21, 5-21. Sebelumnya di sektor tungga, Ajeng yang bermain rangkap sudah terlebih dahulu takluk atas tunggal Jepang, Eriko Tamaki, setelah melewati permainan alot tiga set, 21-14, 19-21, 19-21.

Hasil yang kurang maksimal ini ikut melengkapi catatn buruk para junior Indonesia setelah di Kejuaraan Dunia Junior tahun lalu, kubu merah putih juga harus puas bertengger di peringkat 7 dunia. Kesempatan untuk para junior Indonesia memperbaiki prestasinya masih terbuka lebar pada ajang Kejuaraan Dunia Junior bulan November mendatang di India.

Ferry irawan, Jurnalis Bulutangkis.com

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: