Bulutangkismania's Weblog

Januari 23, 2011

Results Semifinal Round Malaysia Open SS 2011 : China Lagi.. China Lagi..

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 12:04 am

Negeri tirai bambu akhirnya berhasil memastikan 3 gelar di turnamen super series pembuka tahun 2011 yang berhadiah total $400,000 ini setelah tercipta final sesama pemain China di tiga nomor. Sementara itu dominasi anak-anak asuhan Li Yongbo terhadap para pemain merah putih semakin nyata ketika wakil terakhir ganda Indonesia, Mohammad Ahsan/Bona Septano juga harus mengakui ketangguhan kolaborasi China, Chai Biao/Guo Zhendong (5).

Untuk kesekian kalinya ganda Indonesia harus terjungkal langkahnya setelah gagal melewati hadangan pasangan China. Anak-anak asuhan Li Yongbo sepertinya selalu berhasil menemukan titik lemah pasangan Indonesia untuk kemudian dijadikan strategi taktis dalam memenangkan duel pertandingan. Bona/Ahsan yang ditantang oleh Chai/Guo sebenarnya mampu mendominasi tempo serangan terutama ketika memasuki paruh akhir set pertama.

Muhammad Ahsan/Bona Septano (Bacain.com)

Hal ini terbukti ketika keduanya tertinggal 5-11 saat jeda inverval, BonAn mampu menyamakan kedudukan, 13-13. Sayangnya bola-bola pasangan China yang lebih banyak mengandalkan akurasi penempatan bola-bola sulit tidak mampu diredam dengan baik oleh duo Indonesia. Memaku BonAn di angka 15, duet China yang baru dikawinkan pada turnamen Hongkong Super Series bulan Desember yang lalu ini akhirnya mampu memetik 6 angka berturut-turut dan menyudahi set ini 21-15.

Di set kedua, BonAn semakin sulit untuk mengembangkan permainan mereka ketika berada di bawah tekanan pasangan China. Merasa di atas angin, Chai/Guo yang tidak hanya unggul dalam hal agresivitas serangan namun juga penempatan bola-bola yang akurat khususnya di depan net membuat China yang sudah unggul 11-5 terus melaju hingga 14-7, 16-12 dan menutup memastikan tiket final mereka 21-14. Lawan Chai/Guo di partai puncak adalah duet Denmark yang sedang dalam performa terbaiknya, Mads Conrad/Jonas Rasmussen yang sukses menjegal ganda Jepang, Naoki Kawamae/Shoji Sato, 21-17, 22-20.

Robert Blair/Gaabrielle White (Clubsnap.com)

Dominasi para pemain China juga terjadi di sektor campuran ketika dua pasangan negeri panda tersebut berhasil melaju ke partai puncak dan menyajikan final antar sesama pemain China. Tao Jiaming/Tian Qing membuka peluang pertama bagi tim China setelah menekuk duet Skotlandia-Inggris, Robert Blair/Gabrielle White. Meskipun sempat bangkit di set kedua setelah kalah 11-21 di set pertama, Robert/Gabby tidak mampu mempertahankan ritme permainan mereka ketika tersamakan di angka 14.

Pertahanan Tao/Tian yang lebih matang membuat keduanya senantiasa siap dalam mengembalikan bola-bola tak terduga Robert/Gabby sehingga mampu memenangkan partai ini 21-15. “Arah angin di belakang kita sangat membantu kemenangan kita di set pertama namun di set kedua kita harus berjuang lebih keras”, papar Tao Jiaming usai pertandingan.

Sementara itu semifinal lainnya yang mempertemukan Joachim/Christinna (6) dan duet China lainnya, He Hanbin/Ma Jin (7) juga berlangsung bersamaan di lapangan yang berbeda. Meski kembali mendapat dukungan dari publik tuan rumah, tandem Denmark yang sempat unggul 12-8 sebelum akhirnya menyerah 21-17 tidak dapat meneruskan pertandingan di set kedua karena cedera lutut yang dialami oleh Joachim saat kedudukan 14-17.

“Sebenarnya rasa sakit di lutut saya sudah terasa sejak pertandinan perempatfinal kemarin dan hari ini rasa sakitnya semakin bertambah” ungkap peraih mahkota Hongkong Open SS 2010 yang lalu ini. “Saya benar-benar minta maaf kepada pasangan saya (Christinna, red) dan penonton Malaysia yang sudah setia mendukung kami selama pertandingan ini” lanjut Joachim yang sempat menjalani operasi di lutut kirinya pada bulan Desember lalu.

“Untuk bisa mengalahkan pasangan China, harus dalam performa yang terbaik. Saya tidak mungkin bisa mengalahkan mereka saat lutut saya bermasalah seperti saat ini” cerita Joachim kemudian dengan nada sedikit kecewa. “Jika cedera ini tidak membaik, maka saya memutuskan untuk absen di turnamen Korea Open pekan depan dan pulang ke Denmark untuk mendapatkan pengobatan” pungkas Joachim seraya berjanji bahwa tahun depan mereka akan kembali ke Malaysia untuk mengikuti turnamen yang sama.

Sektor ganda putri yang menyajikan semifinal antara sesama pasangan China akhirnya dimenangkan oleh Wang Xiaoli/Yu Yang (6) yang mengalahkan Cheng Shu/Ma Jin (7), 22-20, 21-19 dan Tian Qing/Zhao Yunlei (8) yang menundukkan Du Jing/Pan Pan (5), 23-21, 21-18.

 

(FEY/www.bultangkismania.wordpress.com)

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: