Bulutangkismania's Weblog

Januari 28, 2011

Results Quarterfinal Round Korea Open Premier SS 2011 : Partai Hidup Mati Simon

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 9:36 pm

Berhasil menaklukkan tunggal terbaik Eropa, Peter Gade hanya dalam pertandingan ‘straight set’ ¾ jam tidak hanya mencatatkan Simon Santoso sebagai satu-satunya wakil merah putih yang tersisa di semifinal namun secara skenario juga akan mempertemukannya kepada dua tunggal legendaris dunia era milenium jika mampu melaju hingga ke partai puncak. Sementara itu Sung Ji Hyun sukses membukukan diri sebagai pebulutangkis non China kedua yang berhasil mengubur impian tunggal terbaik dunia, Wang Xin.

 

Saat ini harus diakui hanya ada empat pebulutangkis tunggal putra dunia yang bisa disebut sebagai ‘legendaris’ serta mewakili 4 negara pendominasi olahraga tepok bulu ini, Lee Choong Wei (Malaysia), Lin Dan (China), Taufik Hidayat (Indonesia) dan Peter Gade (Denmark). Empat pebulutangkis ini meskipun di usia yang sudah tidak lagi muda, hingga saat ini tetap mampu bermain konsisten di hampir setiap turnamen yang mereka ikuti dan selalu bertengger di peringkat 10 besar dunia.

 

Simon Santoso

Simon Santoso yang mulai mencatat perkembangan pesat pada turnamen Malaysia Open SS pekan lalu kali ini kembali menunjukkan konsistensinya dengan melumpuhkan salah satu pebulutangkis ‘legendaris’ dunia era milenium tersebut. Simon yang tampil menekan sejak awal set sempat kewalahan menghadapi permainan bola-bola di depan net yang diperagakan oleh Gade saat paruh awal set pertama. Memimpin dengan 5-2, Gade terus melaju 7-3 hingga 11-8 saat jeda interval. Namun kematangan permainan Simon mulai terlihat di paruh akhir set ini saat berhasil meminimalisir kesalahannya dan bermain lebih sabar untuk kemudian tampil menekan. Setelah kedua pemain terlibat saling susul menyusul perolehan poin, Simon akhirnya mampu memaku Gade di angka 17 untuk menutup set ini 21-17.

 

Dominasi permainan Simon mulai terlihat di set kedua ketika mampu langsung unggul 6-2. Meskipun kedua pemain menyajikan serangan yang lebih intens dari set pertama, Simon terlihat lebih unggul dalam hal permainan net dan pertahanan. Hal ini membuatnya mampu memimpin 15-10 dan 17-12 sebelum menyudahi perlawanan runner up Korea Open SS tahun lalu ini dengan 21-16. Hasil ini akan mempertemukannya kepada partai ‘hidup mati’ di semifinal saat menantang jagoan China, Lin Dan (6) yang sempat mengalami cedera otot perut pada turnamen pekan lalu. Lin Dan melenggang ke semifinal setelah bermain 3 set untuk menundukkan wakil Indonesia lainnya, Taufik Hidayat, 21-13, 18-21, 21-15.

 

Pada partai semifinal lainnya, unggulan teratas sekaligus juara bertahan Lee Choong Wei mendepak wakil China, Wang Zhengming, 21-14, 21-19 untuk bertemu andalan China lainnya, Du Pengyu yang sama-sama akan memperebutkan tiket final. Du Pengyu di luar dugaan mampu tampil konsisten dalam performa terbaiknya setelah di babak sebelumnya mampu menjungkalkan Bao Chunlai dan hari ini menekuk Kenichi Tago, 21-17, 21-11.

 

Kota Seoul akhirnya kembali menjadi mimpi buruk bagi seorang Wang Xin. Setelah tahun lalu pebulutangkis terbaik China tersebut digagalkan oleh wakil non China untuk yang pertama kalinya, Bae Seung Hee hanya dalam pertandingan dua set, 12-21, 14-21 di babak kedua. Sedangkan setahun berikutnya, giliran Sung Ji Hyun yang mengubur impian Wang Xin di turnamen ini, 11-21, 21-9, 21-19.

 

Sung Ji Hyun

Sebaliknya, hasil yang maskimal justru ditorehkan oleh Sung Ji Hyun dalam turnamen ini sebagai ‘pembunuh raksasa’ pebulutangkis papan atas dunia. Setahun yang lalu, Tine Baun (Rasmussen, red) sebagai unggulan pertama menyerah 15-21, 16-21 dari Ji Hyun dan kali ini giliran Wang Xin yang berhasil dilibas oleh  pebulutangkis nomor dua Korea tersebut. Hasil ini akan mempertemukan Ji Hyun dengan Wang Yihan (3) yang kembali berhasil menapakkan kakinya di babak final setelah mengalahkan Jiang Yanjiao (6), 21-18, 21-13.

 

Sementara itu Porntip Buranaprasertsuk berhasil memanfaatkan inkonsistensi dari seorang Sayaka Sato 21-12, 17-21, 21-6. Sayaka yang di babak sebelumnya menghentikan bintang India, Saina Nehwal lebih banyak bermain defensif dan beberapa kali melakukan kesalahan sendiri yang menguntungkan Porntip. Namun jalan terjal akan dihadapi Porntip untuk melaju ke partai puncak. Wang Shixian (2) yang harus memerah keringat 21-15,12-21, 24-22 untuk menyingkirkan Tine Baun (2) akan menjadi lawan tunggal ketiga negeri gajah putih ini.

 

(FEY/www.bultangkismania.wordpress.com)

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: