Bulutangkismania's Weblog

Maret 13, 2011

Results Semifinal Round All England Premier SS 2011 : Putri Jepang Obati Kerinduan 32 Tahun

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 10:27 am
Tags: ,

Yuki Hiroe & Lene Koppenn

Di era tahun 70-an, nama-nama pemain Jepang seperti Hiroe Yuki dan Saori Kondo di bagian tunggal atau Machiko/Etsuko dan Atsuko/Mikiko di sektor ganda mungkin akan sangat familiar di telinga kita sebagai salah satu ‘langganan’ finalis turnamen All England. Namun setelah era itu berakhir, para srikandi Jepang seperti ‘terbenam’ dan sulit untuk bersaing dengan pebulutangkis putri dunia lainnya, khususnya China. Kemajuan signifikan di sektor putri pada turnamen kali ini ternyata mampu mengobati kerinduan sebagai finalis yang sempat tercipta 32 tahun yang lalu.

Petya Nedelcheva & Eriko Hirose

Negeri sakura akhirnya menjadi penantang dominasi China di sektor putri setelah berhasil meloloskan dua wakilnya ke partai puncak. Eriko Hirose menjadi finalis putri pertama asal Jepang yang mampu melangkah ke babak final setelah era 70-an saat dominasi putri-putri Jepang sangat kuat di sektor ini. Menghadapi tunggal Bulgaria, Petya Nedelcheva, Eriko tampil konsisten dan lebih sabar hingga akhir set. Reli-reli yang tersaji antara kedua pemain dipadu dengan rotasi pergerakan yang sangat cukup menguras stamina keduanya. Eriko sempat unggul jauh 13-7 setelah jeda interval set pertama. Namun kelincahan Petya akhirnya mampu memperkecil selisih poin menjadi 14-15 sebelum akhirnya Eriko kembali unggul 17-15 dan menutup set ini 21-15.

Di set kedua, permainan bola-bola reli dan penempatan yang strategis kembali menjadi kunci perolehan poin dari kedua pemain. Meskipun stamina keduanya cukup terkuras di set pertama, konsistensi Eriko dan Petya masih terus terjaga hingga akhir set ini. Meskipun Eriko lebih mendominasi perolehan poin hingga skor 15-11, Petya akhirnya selalu mampu menyamakan kedudukan di titik nadir, 19-19. Petya bahkan mampu berbalik unggul 20-19 namun permainan Eriko yang lebih ngotot dan tampil taktis akhirnya membuahkan kesalahan sendiri yang dilakukan oleh Petya di depan net sehingga menguntungkan Eriko, 22-20.

“Pergerakannya luar biasa, maju ke depan net lalu berbalik dengan sempurna dan mengubah arah pukulan dengan cepat. Staminanya juga tidak pernah habis”, urai Eriko saat mengomentari permainan Petya. “Teman dan kelurga saya di Jepang baik-baik saja, akan tetapi banyak orang disana yang tentunya tidak bernasib sama dengan saya”, jawab Eriko saat ditanya perihal gempa bumi dan tsunami yang melanda Jepang beberapa waktu lalu. “Saya akan berusaha tampil yang terbaik dan memberikan kabar gembira untuk mereka disana. Pertandingan final besok untuk mereka”, ungkap dara yang akan merayakan ulang tahunnya ke-26 pada tanggal 16 Maret mendatang.

Wang Shixian & Wang Xin

Namun untuk bisa mengoleksi gelar, Eriko akan menghadapi tantangan yang tidak mudah. Peraih mahkota Malaysia Open SS 2011 sekaligus unggulan teratas, Wang Shixian, akan menjadi lawan Eriko berikutnya. Shixian sukses melenggang ke babak final setelah menekuk rekan senegaranya, Wang Xin (3), 21-19, 21-17.

Mizuki Fujii/Reika Kakiiwa

Harapan negeri sakura untuk meraih gelar juga akan bertumpu pada duet Mizuki/Reika yang di luar dugaan mampu menaklukkan pasangan fenomenal sekaligus kompatriot mereka, Shizuka/Mami dalam laga dua set. Shizuka/Mami yang cukup bersinar di turnamen ini setelah melibas dua ganda China, Du Jing/Pan Pan dan Tian Qing/Zhao Yunlei di laga sebelumnya sebenarnya sudah mampu mendominasi set pertama. Keduanya unggul jauh 11-5 saat jeda interval melalui permainan smash-smash agresif yang merusak pertahanan Mizuki/Reika. Namun menjelang paruh akhir set pertama, keadaan berbalik ketika Shizuka/Mami mengendorkan serangannya sedangkan Mizuki/Reika yang memiliki pertahanan lebih baik sehingga membuat Shizuka/Mami akhirnya melakukan kesalahan sendiri yang signifikan. Perlahan namun pasti, Mizuki/Reika akhirnya menyamakan kedudukan di angka 17 sebelum menutup set ini dengan 21-19.

Shizuka Matsuo/Mami Naito

Set kedua berlangsung lebih berimbang hingga paruh awal set. Kejar mengejar angka berlangsung hingga kedudukan 9-9. Konsistensi permainan Mizuki/Reika akhirnya membuat mereka kembali unggul dan menyudahi set ini lebih dulu 21-17.

Pada partai semifinal lainnya, duet Yu Yang/Wang Xiaoli harus berjibaku tiga set untuk menjinakkan duet Denmark, Marie Roepke/Line Damkjaer Kruse. Penakluk duet teratas asal Taiwan, Cheng Wen Hsing/Chien Yu Chin ini kalah dominan dari pasangan China di set pertama ketika serangan beruntun yang diperagakan Yu/Wang dengan mudah menembus pertahanan duo Denmark dan akhirnya memetik kemenangan 21-10.

Marie Roepke/Line Damkjaer Kruse & Yu Yang/Wang Xiaoli

Memasuki set kedua, Marie/Line akhirnya mampu beradaptasi dengan baik dan berbalik unggul 12-9 setelah terjadi kejar mengejar angka di paruh awal set. Penempatan yang akurat dari pasangan Denmark dan beberapa kesalahan sendiri yang dilakukan oleh duet China membuat tandem Denmark terus unggul jauh hingga 17-11. Meskipun Yu/Wang kembali mampu menunjukkan dominasinya dan memperekecil selisih poin menjadi 16-17, Marie/Line mampu tampil lebih berani dan menamatkan set ini lebih dulu 21-18. Sayangnya di set ketiga, penampilan Marie/Line menurun drastis dan seperti antiklimaks dari set kedua, serangan beruntun yang dihantam oleh Yu/Wang serta banyaknya kesalahans endiri yang dilakukan oleh pasangan Denmark, membuat set ini menjadi milik ganda China, 21-9.

(www.bulutangkismania.wordpress.com)

1 Komentar »

  1. Woah! I’m really digging the template/theme
    of this site. It’s simple, yet effective. A loot of times it’s very difficult to get thwt “perfect balance” between user friendliness and appearance.
    I must say you’ve done a fantastic job wifh this.
    Additionally, the blog loads very fast for mme on Safari.
    Exceptional Blog!

    Komentar oleh Garcinia Cambogia Elite Free Trial — Maret 20, 2014 @ 5:52 am | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: