Bulutangkismania's Weblog

April 29, 2011

Results 2nd Round India Open SS 2011 : Taufik ke Perempatfinal, Ryan/Angga Jegal Bona/Ahsan

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 11:03 am

Taufik Hidayat (2) akhirnya menjadi satu-satunya pemain tunggal Indonesia yang tersisa di babak perempatfinal turnamen India Open SS 2011 setelah dua tunggal lainnya, Aprilia dan Lindaweni menyerah atas lawan-lawannya. Di sektor ganda putra, pasangan muda Ryan Agung/Angga Pratama berhasil melumpuhkan senior mereka, Bona/Ahsan (2) dalam pertandingan rubber set berdurasi 40 menit.

Pebulutangkis independen Indonesia, Taufik Hidayat akhirnya berhasil merebut tiket 8 besar setelah berhasil memenangkan pertandingan atas tunggal terbaik India, Kashyap Parupalli, 21-17, 21-19. Dalam laga 39 menit tersebut, Kashyap hanya mampu mengimbangi Taufik di paruh awal set pertama dan kedua. Meskipun Kashyap sempat bangkit di poin-poin kritis, namun konsistensi Taufik untuk bermain lebih agresif akhirnya membuat tunggal terbaik Indonesia tersebut berhasil menutup set ini lebih dulu. Di babak selanjutnya, tunggal berusia 29 tahun tersebut akan menghadapi Park Sung Hwan (6) yang berhasil menundukkan juniornya, Shon Wan Ho, 21-12, 21-17.

Langkah Taufik sayangnya gagal diikuti oleh dua pemain tunggal putri Indonesia yang tersisa di turnamen ini. Lindaweni Fanetri yang tampil dominan di babak sebelumnya kali ini justru terdominasi oleh tunggal Korea, Bae Youn Joo (3). Meskipun beberapa kali Linda mampu meladeni permainan reli Youn Joo, namun banyaknya kesalahan sendiri yang dilakukan oleh Linda membuat Youn Joo lebih mudah menghasilkan poin-poin di set pertama dan kedua.

Sementara itu tunggal lainnya, Aprilia Yuswandari juga sempat kesulitan untuk beradaptasi dengan pola permainan cepat Yao Jie saat menjajal ketangguhan pemain Belanda tersebut di set pertama. Namun kekalahan telak 10-21 di set pertama, berhasil ditebus April dengan berbalik unggul 21-19 di set kedua. Meskipun sempat ‘goyah’ saat unggul 17-11 dan tersamakan 17-17 oleh Yao Jie, pukulan smash-smash April akhirnya mampu menutup set ini lebih dulu dan berhasil memaksakan rubber set. Konsistensi April sayangnya menurun drastis setelah paruh awal set ketiga. Sempat mengimbangi Yao Jie hingga kedudukan 9-12, kesalahan beruntun yang dilakukan oleh April akhirnya menutup set ini 21-10 untuk kemenangan Yao Jie.

Di sektor ganda, para pemain Indonesia cukup berlega hati karena sebagian besar para utusannya masih belum menemui jalan terjal untuk meraih tiket perempatfinal. Satu-satunya kejutan yang berarti terjadi ketika unggulan ke-2 Bona/Ahsan terjungkal langkahnya oleh junior mereka, Ryan/Angga setelah melewati pertandingan rubber set 40 menit. Bona/Ahsan yang tampil dominan di set pertama unggul meyakinkan dengan 21-16. Di set kedua, permainan cepat dan smash-smash teararah Ryan/Angga berhasil membalikkan keadaan dan memaksa rubber set, 21-16. Meskipun sempat tampil lebih agresif di set ketiga, Bona/Ahsan masih kesulitan untuk mengembangkan permainan terbaik mereka dan terpaku pada pola permainan Ryan/Angga sehingga akhirnya menyerah 15-21.

Kemenangan ini akhirnya mengantarkan Ryan/Angga pada perempatfinal Super Series perdana mereka untuk menantang unggulan ke-6 asal Jepang, Naoki Kawamae/Shoji Sato memperebutkan tiket semifinal. Selain Ryan/Angga, Indonesia juga masih menggantungkan harapan di sektor ini pada pasangan Rendy/Afiat dan unggulan ke-3, Alvent/Hendra yang masing-masing memetik kemenangan atas Rupesh/Sanave (8), 21-19, 21-12 dan Mohd Zakry/Hoon Thien How, 12-21, 21-15, 21-16.

Perang saudara juga masih akan terjadi di babak perempatfinal antara Tantowi/Liliyana (4) dan pasangan independen Nova/Vita. Keduanya menundukkan pasangan Korea, Cho Gun Woo/Kim Min Seo, 21-8, 16-21, 21-14 dan Kim Sa Rang/Jang Ye Na, 21-12, 21-15.

Sebelumnya, Indonesia juga sudah meloloskan dua pasangan lainnya, Muhammad Rijal/Debby Susanto (7) dan Fran Kurniawan/Pia Zebadiah (3) ke babak perempatfinal. Sementara itu di sektor ganda putri, Greysia/Meli (4) akhirnya menjadi tumpuan semata wayang Indonesia setelah ganda lainnya, Anneke/Nitya takluk dari unggulan ke-2, Mizuki Fujii/Reika Kakiiwa, 16-21, 18-21.

(www.bulutangkismania.wordpress.com)

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: