Bulutangkismania's Weblog

April 30, 2011

Results Quarterfinal Round India Open SS 2011 : Tunggal Habis, Ganda Pastikan 2 Tiket Final

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 7:15 am
Tags: , , ,

Pemain tunggal semata wayang Indonesia, Taufik Hidayat akhirnya terjungkal langkahnya di babak perempatfinal turnamen India Open SS 2011 yang berhadiah total USD 200,000 yang berlokasi di Siri Fort Complex ini saat menantang tunggal terbaik Korea, Park Sung Hwan. Berkebalikan dengan sektor ganda, merah putih berhasil meloloskan 6 wakilnya ke semifinal sekaligus memastikan 2 tiket final untuk Indonesia.

Taufik Hidayat

Unggulan ke-2 asal Indonesia, Taufik Hidayat akhirnya harus mengakui ketangguhan pemain Korea, Park Sung Hwan dalam laga berdurasi 46 menit. Kedua pemain yang lebih banyak mengandalkan stroke-stroke berlangsung imbang hingga kedudukan kritis 17-17 di set pertama. Kejar mengejar angka dan saling memimpin dengan selisih 1 hingga 3 poin sudah terurai sejak awal set. Taufik yang lebih unggul dari sisi pengalaman dan penempatan bola-bola sulit di depan net, terlihat mulai frustasi ketika beberapa serangannya selalu berhasil dikembaliakan dengan baik oleh Park. Empat angka beruntun yang dikoleksi Park menutup set ini 21-17 untuk tunggal Korea tersebut.

Di babak kedua, Park sebenarnya lebih mendominasi jalannya pertandingan khususnya di paruh akhir set. Setelah kedudukan imbang 10-10, Park tak terbendung dan melaju dengan 15-10 dan 18-13. Meskipun Taufik sempat memperkecil selisih angka menjadi 17-18 dengan kepiawaiannya mengolah bola di depan net, serangan smash-smash keras Park beberapa kali masih sulit dibendung oleh Taufik dan akhirnya kembali membuat Park unggul 21-17 sekaligus memastikan tiket semifinalnya.

“Permainan kami cukup berimbang dan Taufik bermain penuh dengan percaya diri” ungkap Park usai pertandingan. “Tapi seiring dengan berjalannya pertandingan, saya dapat melihat Taufik beberapa kali frustasi dengan pukulan-pukulannya sehingga saya dengan mudah dapat menekannya”, lanjut Park kemudian.

“Selalu akan menjadi pengalaman yang luar biasa dalam perjalanan karir saya ketika saya bertanding dengan para pemain top dunia dan salah satunya adalah pertandindingan tadi. Sekarang saya akan fokus bermain untuk semifinal dan mudah-mudahan bisa lolos hingga babak final”, pungkasnya kemudian.

Lawan yang akan dijejal oleh Park di babak selanjutnya adalah tunggal terbaik Eropa, Peter Gade yang berhasil menundukkan tunggal Jepang lainnya, Takuma Ueda, 23-21, 21-10 setelah di babak sebelumnya Gade juga berhasil melibas dua tunggal Jepang lainnya, Sho Sasaki dan Kazushi Yamada.

Di sektor semifinal lainnya akan mempertemukan unggulan teratas. Lee Chong Wei dan tunggal Hongkong, Hu Yun (8). Chong Wei memetik kemenangan telak atas tunggal masa depan India, Sourabh Verma, 21-7, 21-8 sedangkan Hu Yun menghentikan laju pemain tuan rumah lainnya, Gurusai Datt 21-10, 21-16.

Disektor putri, pemain putri Thailand dan Jepang kembali membuktikan bahwa mereka cukup mampu menjadi “underdog” yang layak diperhitungkan. Porntip Buranaprasertsuk mengakhiri petualangan putri Singapura, Gu Juan, 21-16, 23-21, sedangkan Sayaka Sato harus berjibaku tiga set untuk melumpuhkan andalan Singapura lainnya, Chen Jiayuan, 18-21, 21-15, 21-15.

Di babak selanjutnya, Porntip akan menantang tunggal Hongkong, Yip Pui Yin (8) sedangkan Sayaka akan bertemu dengan unggulan ke-3 asal Korea, Bae Youn Joo. Yip melaju setelah menekuk pemain masa depan Thailand, Ratchanok Inthanon, 21-17, 21-15, sementara itu Youn Joo hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk mengandaskan tunggal Belanda, Yao Jie (7), 21-13, 21-18.

Berkebalikan dengan raihan di sektor tunggal, Indonesia berhasil meloloskan enam wakilnya ke babak semifinal  yang empat diantaranya akan saling bertarung untuk memeperebutkan tiket final. Muhammad Rijal/Debby Susanto (7) meski harus berjuang alot akhirnya mampu menundukkan pasangan Jepang, Shoji Sato/Shizuka Matsuo dalam pertarungan rubber set. Setelah unggul telak 21-8 di set pertama, Rijal/Debby hanya mampu mengimbangi tandem penakluk unggulan teratas, Sudket/Saralee tersebut hingga kedudukan 7-8. Selanjutnya, Shoji/Shizuka menguasai jalannya pertandingan dan berhasil memaksakan rubber set 21-15.

Pertarungan yang cukup seru baru tersaji di set ketiga ketika terjadi kejar mengejar angka dianatara kedua pasangan. Duet Indonesia yang lebih unggul dalam hal penempatan bola dan mengolahnya di depan net akhirnya mampu menamatkan set ini lebih dulu 21-19. Di babak selanjutnya, Rijal/Debby akan menghadapi kompatriotnya, Tantowi/Liliyana (4) yang harus berjuang tiga set untuk mengalahkan duo senior Indonesia, Nova/Vita, 17-21, 21-12, 21-9.

Sementara itu semifinal lainnya akan mempertemukan pasangan merah putih, Fran Kurniawan/Pia Zebadiah (3) dan wakil negeri jiran, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (5). Kedua pasangan ini memetik kemenangan yang relatif mudah atas lawan-lawannya. Fran/Pia mengeliminasi Maneepong Jongjit/Savitree Amitapai, 21-15, 21-10 sedangkan Chan/Liu membuat kejutan dengan menyingkirkan tandem Thailand lainnya, Songphon/Kunchala (2), 21-13, 21-16.

Tiket final lainnya dipersembahkan sektor ganda putra yang akan diperebutkan oleh Alvent/Hendra (3) dan ganda masa depan Indonesia, Ryan/Angga. Ganda independen, Alvent/Hendra sukses menekuk pasangan Jepang, Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa (7), 21-15, 21-17 sedangkan Ryan/Angga yang menaklukkan Bona/Ahsan di babak sebelumnya mampu menjaga konsistensi permainan saat menantang duo Jepang lainnya, Naoki Kawamae/Shoji Sato (6).

Unggul telak dan mendominasi jalannya pertandingan di set pertama, 21-14, konsistensi permainan keduanya sempat memudar ketika tertinggal jauh 5-13 di set kedua. Duet negeri sakura yang lebih unggul dalam hal pengembalian bola di depan net membuat pasangan Indonesia sulit untuk kembali menekan seperti yang tersaji di set pertama. Namun mendekati poin kritis di set kedua, Ryan/Angga berhasil mendapatkan ritme permainan mereka kembali hingga akhirnya menyamakan kedudukan 14-14 dan berbalik unggul 19-15. Meskipun sempat nyaris terkejar, 19-18 dan 20-19, Ryan/Angga beruntung mengakhiri set ini lebih dulu 21-19 dan menutup peluang rubber set untuk pasangan Jepang.

Semifinal lainnya akan mempertemukan unggulan teratas, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong dan harapan Jepang lainnya, Hirokatsu Hashimoto/Noriyasu Hirata (4). Koo/Tan menundukkan tandem Korea, Cho Gun Woo/Kwon Yi Goo, 21-19, 21-16 sedangkan pasangan Jepang yang pekan lalu menjadi runner up Kejuaraan Asia dengan melibas Markis/Hendra di semifinal kali ini menghempas wakil Indonesia lainnya, Rendy Sugiarto/Afiat Yuris Wirawan, 21-15, 21-18.

Duo srikandi merah putih, Greysia/Meli (4) yang sempat tampil kurang maksimal pada tur Eropa sesi pertama yang lalu kali ini kembali berhasil menunjukkan taringnya dengan menyingkirkan mantan peringkat satu dunia asal Malaysia, Wong Pei Tty/Chin Eei Hui, 21-15, 21-16. Keduanya akan menantang unggulan teratas yang juga merupakan pasangan senior Jepang, Satoko Suetsuna/Miyuki Maeda. Keduanya menjegal duet muda Korea, Jang Ye Na/Kim Min Seo, 21-11, 21-13.

Peluang Jepang untuk menciptakan final sesama pemainnya masih terbuka lebar dimana pada pertandingan sebelumnya, Mizuki Fujii/Reika Kakiiwa (2) mampu menaklukkan pasangan Korea lainnya, Jung Kyung Eun/Kim Ha Na setelah melewati pertarungan lebih dari satu jam, 8-21, 21-18, 21-18. Mizuki/Reika akan bertemua dengan duo Hongkong, Poon Lok Yan/Tse Ying Suet yang menundukkan wakil Malaysia, Chong Sook Chin/Goh Liu Ying, 23-21, 21-10 (FEY).

(www.bulutangkismania.wordpress.com)

1 Komentar »

  1. Great..
    Mungkin kita bisa saling share tentang bulutagkis.. folback jg di bulutangkislovers.wordpress.com..

    thanks

    Komentar oleh Peji Nopeles — April 30, 2011 @ 1:21 pm | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: