Bulutangkismania's Weblog

Mei 25, 2011

Road to Quarterfinal Sudirman Cup 2011 : Juarai Group 1B, Posisi Indonesia Belum “Aman”

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 11:41 pm

Indonesia akhirnya berhasil memastikan diri sebagai juara grup 1B setelah menundukkan Malaysia dengan skor tipis 3-2. Namun keberhasilan ini tidak lantas memudahkan langkah Indonesia di babak selanjutnya. Peraturan baru BWF tentang kompetisi Sudirman Cup memungkinkan Indonesia untuk kembali bertemu Malaysia, India, Jepang ataupun lawan yang lebih berat yaitu Denmark.

Terdapat beberapa perubahan mendasar dalam aturan kompetisi Sudirman Cup di tahun ini yang berbeda dari peraturan kompetisi ini dua tahun yang lalu. Jika pada perhelatan sebelumnya, 8 tim terbaik berdasarkan peringkat tertinggi pemain di setiap sektor akan langsung melaju ke babak perempatfinal. Masing-masing tim akan dibagi dua subtim yaitu A dan B. Setelah itu masing-masing subtim akan saling berjibaku untuk memperebutkan dua posisi teratas yang nantinya berhak melaju ke babak semifinal. Dalam aturan semifinal, tanding silang antara juara dan runner up masing-masing tim yang nantinya akan menentukan dua negara pemenang yang berhak melaju ke partai puncak.

Namun pada tahun ini, kompetisi diperluas menjadi 12 negara berperingkat terbaik yang akan lolos ke babak penyisihan grup. Masing-masing negara dikelompokkan dalam 4 grup (A sampai D) untuk menentukan 2 negara terbaik di setiap grupnya yang berhak melaju ke perempatfinal. Perbedaan lainnya dari kompetisi Sudirman Cup tahun sebelumnya adalah tidak adanya lagi tanding silang antar grup juara dan runner up melainkan drawing ulang para unggulan berdasarkan peringkat terbaik para pemain masing-masing negara di semua sektor per tanggal 19 Mei 2011.

Peringkat negara-negara tersebutlah yang nantinya akan menentukan unggulan 1-4 (juara grup 1A, 1B, 1C dan 1D) serta runner up 5-8. Masing-masing unggulan 3-4 dan runner up (5 sampai dengan 8) akan ditentukan ‘nasib’ siapa lawannnya di babak perempatfinal melalui undian setelah pertarungan antara Denmark dan Korea selesai dilaksanakan. Dari hasil pertandingan ini, China Indonesia, Taiwan dan Korea yang memastikan diri sebagai juara grup mempunyai peluang untuk bertemu dengan lawan yang sama di babak penyisihan grup ketika memperebutkan tiket semifinal di babak delapan besar.

Secara perhitungan kasar peringkat para pemain Indonesia, posisi tim merah putih akan menjadi unggulan ke-3 di bawah Korea yang kemungkinan besar akan melejit sebagai unggulan ke-2 karena peringkat tertinggi para pemainnya di semua sektor tidak ada yang melampaui 20 besar dunia. Menilik dari peta kekuatan lawan, peluang Indonesia untuk melaju ke babak semifinal akan terbuka lebar jika bertemu dengan India (runner up grup 1C).

Jika bertemu dengan Jepang atau Malaysia, peluang tersebut akan menjadi lebih kecil meskipun kemungkinan lolos akan masih tetap terbuka. Namun jika yang akan dihadapi Indonesia adalah runner up grup 1D (Denmark), peluang tersebut akan menjadi lebih kecil lagi jika wakil terakhir benua Eropa tersebut mampu memperagakan laga alot seperti yang tersaji saat menantang Korea di laga pamungkas grup 1D.

(www.bulutangkismania.wordpress.com)

1 Komentar »

  1. I will continue to support Indonesia. spirit, never give up. . we must win…

    Komentar oleh uno — Mei 28, 2011 @ 2:34 pm | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: