Bulutangkismania's Weblog

Mei 27, 2011

Results Quarterfinal Round Sudirman Cup 2011 : Korea Jajal China di Empat Besar

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 8:42 am
Tags: , ,

Meski harus kembali kehilangan satu poin di sektor tunggal putri, tim tuan rumah China tetap tak terbendung dan akhirnya berhasil mengantongi tiket semifinal dengan menundukkan India 3-1. Sementara itu pada pertandingan perempatfinal lainnya, Korea harus memerah keringat lebih lama untuk bisa menyingkirkan Malaysia 3-2 dan menantang sang tuan rumah di partai puncak.

Seperti yang telah diprediksi sejak awal pertandingan, tim bulutangkis Korea yang memiliki komposisi kekuatan pemain yang lebih merata akhirnya berhasil meloloskan diri ke babak semifinal dengan mendepak Malaysia. Namun meskipun tim negeri jiran gagal melangkah ke empat besar, apresiasi besar patut diberikan kepada pelatih ganda, Rexy Mainaky yang dengan kejeliannya membuat Malaysia mampu mencuri satu poin dari negeri ginseng di sektor ganda putra.

Tan Boon Heong yang biasanya berpasangan dengan Koo Kien Keat dan menempati peringkat 3 dunia, di pecah dengan memasukkan Hoon Thien How yang sedianya merupakan tandem dari  . Strategi ini digunakan selain untuk mengantisipasi kekuatan ganda putra Korea namun juga berharap mampu mencuri poin di sektor ganda campuran. Koo Kien Keat yang disandingkan dengan Chin Eei Hui tujuh bulan yang lalu mampu meraih emas sektor campuran pada pesta olahraga negara-negara persemakmuran Inggris dengan melibas Nathan Robertson/Jenny Wallwork di partai final.

Bersama Hoon Thien How, Tan Boon Heong berhasil membuat Malaysia unggul 2-1 atas Korea setelah menundukkan Jung Jae Sung/Lee Yong Dae 21-15, 14-21, 21-14. “Kita sudah biasa latihan bersama jadi tidak terlalu masalah jika dipasangkan hari ini. Terakhir kita juga tampil berpasangan pada sirkuit lokal di Malaysia”, ungkap Tan usai pertandingan.

“Kita tampil sebagai underdog di perempatfinal jadi sama sekali tidak ada beban, bahkan saat kita harus kehilangan set kedua” komentarnya mengenai pertandingan menghadapi Korea. “Pada awal set ketiga permainan kita berjalan lebih baik dengan menguasai beberapa reli dan akhirnya mampu membuat kita untuk tetap fokus”, lanjutnya kemudian.

“Saya masih ingat saat berpasangan dengan Thien How kita mampu mengalahkan Lee Yong Dae pada Kejuaraan Dunia Junior tahun 2004 dan kemenangan hari ini juga benar-benar terasa begitu spesial” kenangnya kemudian.

Sayangnya di sektor campuran Koo Kien Keat yang menggandeng Wong Pei Tty belum mampu mencuri poin seperti yang diskenariokan untuk membuat Malaysia unggul 3-2 dari Korea. Menghadapi Ko Sung Hyun/Ha Jung Eun, keduanya dipaksa menyerah 17-21, 17-21.

“Saya cukup terkejut saat pelatih (Rexy) pagi ini memberitahukan bahwa saya akan bermain di sektor campuran” ujar Chin usai pertandingan. “Saya sudah lama tidak berlatih dan untuk beradaptasi bermain lebih banyak di depan net cukup sulit karena saat bersama Pei Tty saya biasanya lebih banyak bermain di belakang” paparnya kemudian. Malaysia akhirnya mampu menyamakan kedudukan saat Lee Chong Wei tampil perkasa menghadapi Park Sung Hwan dan memetik kemenangan 21-18, 21-14.

Setelah unggul 2-1 dari sektor ganda putra, kedua tim kembali berbagi angka sama 2-2 ketika pemain muda negeri jiran Tee Jing Yi takluk atas Bae Youn Joo, 11-21, 11-21.

Harapan Malaysia kembali terbit saat duet Wong Pei Tty/Chin Eei Hui yang bermain lebih taktis mampu memetik kemenangan atas Ha Jung Eun/Kim Min Jung 21-19 di set pertama. Namun sayangnya di dua set berikutnya, Wong/Chin harus tergelincir 21-16, 21-10 dan menyerahkan tiket semifinal untuk Korea.

Di babak empat besar Korea akan menantang favorit juara China yang kembali harus kehilangan satu poin di sektor tunggal putri saat menghadapi India. Wang Xin yang menempati peringkat 3 dunia seolah-olah kehilangan motivasi untuk bertanding dan menyerah dua set langsung 15-21, 11-21 atas bintang India, Saina Nehwal.

“Saya sangat terkejut bisa memenangkan pertandingan ini dengan mudah setelah tiga kekalahan saya atas Wang Xin pada pertemuan sebelumnya” papar Saina tak percaya. “Pertemuan teakhir kita pada turnamen Malaysia Open (GP Gold), kita bermain 3 set yang cukup ketat. Saya kehilangan konsentrasi bertanding dan kalah namun hari ini pergerakan dan pukulan-pukulan saya cukup baik” ujar peraih emas Commonwealth Games ini panjang lebar.

“Saya tahu bahwa saya memiliki kesempatan untuk menang karena sepanjang pertemuan kiita selalu bertanding ketat dan saya sudah mempersiapkan pertandingan ini cukup lama. Senang sekali bisa mempersembahkan satu poin untuk India” lanjut Saina kemudian.

Sementara itu perihal kekalahannya atas Inthanon pada penyisihan grup beberapa hari yang lalu, Saina mengaku cukup kelahan paska bermain rubber set menghadapi tunggal Taiwan, Tai Tzu Ying sehari sebelumnya.

Sementara Wang Xin mengaku terlalu banyak berbuat kesalahan di awal set pertama yang akhirnya mempengaruhi performanya hari ini. “Saya melakukan terlalu banyak kesalahan dan hal ini mempengaruhi permainan saya saat mencoba mengimbangi permainan Saina,” ungkap tunggal ke-3 China ini. “Saina bermain sangat baik dan dia layak untuk mendapatkan kemenangan,” tambahnya kemuduian.

Meskipun kehilangan satu poin, dominasi China masih tak terbantahkan di tiga sektor lainnya. Fu Haifeng/Cai Yun memetik angka pertama untuk China setelah unggul 21-15, 21-14 atas Rupesh Kumar/Sanave Thomas. Kemenangan 21-14, 21-14 tunggal terbaik China, Lin Dan atas Kashyap P dan duet ganda puteri, Wang Xiaoli/Yu Yang atas Jwala/Ashwini 21-8, 21-13 akhirnya melengkapi kedigjayaan China untuk memastikan diri ke babak semifinal.

Sementara itu di level dua, Perancis membuat kejutan dengan menaklukkan pemimpin kalsemen sementara grup 2A, Hongkong, 3-2 sekaligus merebut tahta teratas grup ini. Sedangkan pada perebutan peringkat 3-4, Polandia yang memiliki titik lemah di sektor tunggal dan ganda putri terjungkal 2-3 atas Ukraina dan harus rela menempati posisi bontot.

Berkebalikan dengan grup 2A, Singapura akhirnya memastikan diri sebagai juara grup 2B dan  tak tegoyahkan di peringkat teratas dengan kembali memetik kemenangan 4-1 atas Amerika Serikat. Kekalahan 2-3 tim Belanda atas Kanada membuat negeri ini terpuruk sebagai juru kunci grup 2B di bawah Kanada dan Amerika Serikat.

Hasil Pertandingan Lainnya :

Grup 2A Perancis vs Hongkong 3-2

Baptiste Careme/ Audrey Fontaine  vs Wai Hong Wong/Hoi Wah Chau 21-17, 21-19

Brice Leverdez  vs Yan Kit Chan 21-17, 21-13

Baptiste Careme/Sylvain Grosjean vs Tsz Kit Chan/Lok Kei Lo 21-12, 23-21

Pui Yin Yip vs Perrine Le Buhanic 11-21, 13-21

Laura Choinet/Audrey Fontaine vs Ying Suet Tse/Lok Yan Poon 12-21, 17-21

Grup 2A Ukraina vs Polandia 3-2

Valeriy Atrashchenkov/Elena Prus vs Robert Mateusiak/ Nadiezda Zieba 18-21, 21-18, 18-21

Dmytro Zavadsky  vs Hubert Paczek 21-5, 21-8

Larisa Griga vs Anna Narel 21-15, 21-17

Valeriy Atrashchenkov/Dmytro Zavadsky vs Wojciech Szkudlarzcyk/Lukasz Moren 19-21, 21-18, 18-21

Anna Kobceva/Elena Prus vs Anna Narel/Martyna Poprzecko 21-10, 21-19

Grup 2B Singapura vs Amerika Serikat 4-1

Chayut Triyachart/Yao Lei vs Peng Yun/Tony Gunawan 23-21 17-21 21-17

Yong Zhao Ashton Chen vs Pongnairat Sattawat 21-13 21-14

Liu Yi/Yeo Zhao Jiang Terry Yeo vs Howard Bach/Tony Gunawan 10-21 13-21

Gu Juan vs Chen Kuei-Ya 21-10, 21-10

Yao Lei/Shinta Mulia Sari vs Rena Wang/Eva Lee 21-12 21-12

Grup 2B Kanada vs Belanda 3-2

Derrick Ng/ Phyllis Chan  vs Dave Khodabux/Samantha Barning 12-21, 10-21

Stephan Wojcikiewicz  vs Rune Massing 21-16, 21-17

Adrian Liu/Derrick Ng vs Jorrit De Ruiter/Dave Khodabux 16-21, 21-14, 21-16

Joycelyn Ko  vs Patty Stolzenbach 19-21, 9-21

Michelle Li/Alex Bruce vs Iris Tabeling/Samantha Barning 21-18, 21-18

Grup 3A Australia vs Slovakia 5-0

Grup 3B Vietnam vs Bulgaria 5-0

Grup 4 :

Srilanka vs Filipina 4-1

Islandia vs Israel 4-1

(www.bulutangkismania.wordpress.com)

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: