Bulutangkismania's Weblog

Juni 25, 2011

Results Quarterfinal Round Indonesia Open Premier SS 2011 : Tunggal Tak Bersisa

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 7:45 am
Tags: , , ,

Indonesia akhirnya harus merelakan gelar di sektor tunggal akhirnya terbang ke negara lain setelah dua wakil yang bertanding di sektor ini terhenti langkahnya di babak perempatfinal. Adrianti Firdasari yang menantang Jiang Yanjiao dan Taufik Hidayat yang menghadang Peter Gade akhirnya menyerah dua set langsung dalam tempo kurang dari 45 menit.

Adrianti Firdasari sempat memberikan harapan kepada publik Istora di set pertama saat berhasil mengimbangi permainan Jiang Yanjiao (6). Gemuruh dukungan penonton mampu memecut motivasi Firda untuk bermain lebih agresif, sebaliknya Jiang beberapa kali sempat melakukan kesalahan sendiri. Jiang yang sudah lebih dulu unggul 19-15 akhirnya mampu tersusul dan tersamakan oleh Firda. Bahkan Firda sempat menyentuh ‘match point’ 20-19 lebih dulu sebelum akhirnya kembali terkejar. Saling menyusul angka terus berlanjut sebelum akhirnya Jiang menamatkan set pertama lebih dulu, 25-23.

Berada di atas angin, Jiang semakin mendominasi set kedua dan mengubah pola permainannya menjadi lebih agresif. Melaju mulus sejak awal set, tunggal ke-4 China tersebut akhirnya tak terbendung dan mengakhiri perjuangan Firda, 21-14.

“Banyak kecolongan saat poin-poin penting” ujar Firda usai pertandingan seraya berharap dapat melakukan persiapan yang lebih baik pada turnamen selanjutnya.

Sebelumnya pada lapangan yang berbeda, Indonesia juga sudah harus kehilangan wakilnya di sektor tunggal putra. Runner up turnamen ini setahun yang lalu, Taufik Hidayat (3) dipaksa menyerah oleh tunggal terbaik Denmark, Peter Gade, 21-17, 21-15.

“Pertandingan ini adalah salah satu yang terbaik dalam karir saya,” ungkap Gade usai pertandingan. “Taufik membuat terlalu banyak kesalahan dan saya sangat senang bisa mengalahkan dia (Taufik, red) di depan pendukungnya” tambahnya kemudian.

Hal ini juga diamini oleh Taufik Hidayat yang saat ini mampu menyamai rekor peraih gelar terbanyak di turnamen ini, Ardi Wiranata. “Saya sangat kecewa namun saya sangat memuji Peter yang mampu bermain konsisten di beberapa pertandingan terakhir. Saya mencoba untuk keluar dari tekanan yang dilancarkan oleh Gade namun saya terlalu banyak membuat kesalahan. Saya bermain tidak fokus,” urai Taufik panjang lebar.

Di babak semifinal, Gade akan menantang ‘sang pembunuh raksasa tembok China’, Sho Sasaki. Sasaki kembali tampil gemilang dan memperpanjang rekor kemenangannya atas tunggal China, Chen Jin setelah melewati laga rubber set, 18-21, 21-12, 21-15.

Semifinal lainnya akan mempertemukan sang juara bertahan, Lee Chong Wei  (1) dan harapan terakhir negeri tirai bambu, Chen Long (4). Chong Wei menang relatif mudah atas jagoan Vietnam, Nguyen Tien Minh, 21-10, 21-14 sedangkan Chen Long menundukkan kompatriotnya, Du Pengyu, 21-14, 21-15.

Shao Chieh Bermain Konsisten

Pebulutangkis Taiwan, Cheng Shao Chieh dan Saina Nehwal akhirnya menjadi harapan terakhir untuk menjegal dua srikandi China dalam memburu gelar di Indonesia Open tahun ini. Shao Chieh yang kembali tampil konsisten saaat menjamu harapan China, Liu Xin (7) memastikan tiket semifinal setelah memetik kemenangan, 21-15, 21-17.

Hasil ini mempertemukan pebulutangkis berusia 25 tahun tersebut dengan pemain tunggal non China lainnya, Saina Nehwal (4). Saina yang merupakan juara dua kali turnamen ini mampu menunjukkan motivasi dan daya juang ketika menjegal tunggal Denmark, Tine Baun (8). Sempat terdominasi di set pertama, Saina mampu bangkit dan meraih keunggulan 21-19. Tine yang sempat mencoba mengimbangi Saina di set kedua akhirnya kembali harus mengakui keuletan permainan Saina dan menyerah 19-21 (FEY).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: