Bulutangkismania's Weblog

September 18, 2011

Final Results China Masters SS 2011 : Jung/Lee Jejaki Prestasi Jens/Martin dan Vita/Liliyana

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 8:15 pm
Tags: , , , , , ,

Optimisme publik tuan rumah untuk menyapu bersih semua gelar mendadak harus buyar di partai penutup saat jagoan Korea, Jung Jae Sung/Lee Yong Dae (3) tampil begitu cemerlang ketika menantang unggulan teratas, Fu Haifeng/Cai Yun. Hasil ini sekaligus menjadi catatan sejarah Korea untuk pertama kalinya meraih gelar di turnamen ini.

 

Setelah di babak semifinal kemarin (17/9), duet Fu/Cai tampil begitu perkasa dengan memetik kemenangan dua set langsung atas Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seng (4), di sisi lain Jung/Lee harus berjuang keras 3 set sebelum akhirnya menang atas Mathias/Carsten (2), optimisme penonton Xincheng Gymnasium pun mencuat bahwa para pebulutangkis mereka mampu menyapu bersih semua gelar untuk yang ke-4 kalinya semenjak turnamen ini digelar pada tahun 2005. Namun mendadak ambis tersebut akhirnya pupus ketika di partai final, Fu/Cai harus menyerah atas Jung/Lee.

 

Jung/Lee yang bermain taktis terlihat lebih unggul dari sisi serangan dan penempatan bola. Setelah memimpin 7-5 di awal set pertama, keduanya tak terkejar hingga kedudukan 17-13. Performa terbaik dari kedua pasangan ini juga terlihat dari minimnya kesalahan yang mereka lakukan setelah terlibat bola-bola cepat di depan net. Tak terkejar, Jung/Lee akhirnya menutup set ini lebih dulu 21-17.

 

Di set kedua, Jung/Lee masih tetap mampu konsisten untuk terus menekan dengan serangan smash-smash keras yang membuat duo China tertekan dan sulit untuk mengembangkan permainan. Dalam posisi berada di atas angin, ganda terbaik negeri ginseng tersebut mampu unggul jauh 14-6 dan 18-8 sebelum menamatkan gim ini lebih dulu, 21-10.

 

Kepastian China mengoleksi 4 gelar lainnya terjadi setelah di sektor ganda campuran, Xu Chen/Ma Jin (5) mengehentikan perlawanan ganda Korea non unggulan, Yoo Yeon Seong/Jang Ye Na, 21-13, 21-16. Di laga sebelumnya, Chen Long (3) akhirnya menjadi yang terbaik setelah menundukkan Chen Jin (4), 21-16, 22-20.

 

Sayangnya di sektor putri pengunduran diri masih tetap terjadi hingga babak final hari ini (18/9). Spekulasi bahwa pertandingan ini telah di ‘rekayasa’ kembali merebak diantara opini para pencinta bulutangkis dunia. Wang Xiaoli/Yu Yang (1) akhirnya memutuskan untuk menarik diri di set kedua setelah tertinggal 19-21 di set pertama atas junior mereka yang untuk kali perdana memetik gelar di level senior, Huan Xia/Tang Jinhua akibat cedera yang dialami oleh Wang Xiaoli. Sedangkan Jiang Yanjiao (4) mundur di set kedua saat kedudukan 5-8 setelah kalah 16-21 atas kompatriotnya, Wang Shixian (1).

 

“Kita sangat ingin mempertahankan gelar di turnamen ini tapi kita berdua sama sekali tidak dalam keadaan yang fit. Perut saya bermasalah sejak tiba di Changzhou sedangkan partner saya (Xiaoli, red) mulai menyemprot engkel kaki kirinya sejak pertandingan kemarin,” papar Yu Yang seperti yang dikutip oleh Xinhua Agency News.

 

Sementara itu Jiang mengaku lututnya bermasalah sehingga tidak dapat menjutkan pertandingan. “Lapangannya cukup keras dan saya merasakan ada yang salah dengan lutut saya,” ungkap Jiang usai pertandingan. Sedangkan Shixian mengaku awalnya tidak cukup percaya diri dapat memenangkan pertandingan, “Saya sangat ingin meraih gelar ini tapi sempat tidak percaya diri pada awal turnamen”.

 

Dengan kemenangan yang diukir oleh Jung/Lee di nomor ganda putra, pasangan Korea ini berhasil menyamai prestasi yang dibuat oleh ganda Denmark, Jens Eriksen/Martin Lundgaard di tahun 2006 dan duet Vita Marissa/Liliyana Natsir di tahun 2007 sebagai pendobrak dominasi para pebulutangkis China di turnamen ini. Indonesia sendiri meskipun pada tahun ini gagal menempatkan wakilnya di babak semifinal masih boleh berbangga sebagai pengoleksi gelar kedua terbanyak setelah sang tuan rumah sepanjang 7 tahun perhelatan turnamen ini yaitu 3 gelar yang disumbang oleh Vita/Liliyana (2007), Sony Dwi Kuncoro (2008) dan Markis/Hendra (2008) (FI).

 

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: