Bulutangkismania's Weblog

September 18, 2011

Results Semifinal Round China Masters SS 2011 : China Pastikan 3 Gelar

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 5:41 am
Tags: , , , ,

Hegemoni para pebulutangkis tuan rumah ternyata terus berlanjut hingga babak semifinal yang berlangsung hari ini (17/9). Selain memastikan gelar di sektor tunggal putri, para wakil negeri panda tersebut juga sukses menyingkirkan saingan non China di 4 sektor lainnya.

 

Peluang untuk menyapu bersih semua gelar pada turnamen ini kian terbuka bagi para pebulutangkis tuan rumah. Setelah meloloskan 4 wakil di sektor tunggal putri, hari ini giliran para srikandi ganda putri dan dua pebulutangkis tunggal putra yang meloloskan diri ke partai puncak untuk menambah dua gelar bagi China.

 

Di sektor tunggal putri, Wang Shixian (2) berhasil memperpanjang rekor kemenangannya atas rekan sepelatnasnya, Wang Xin (3) setelah unggul 21-12, 21-18. Sementara itu unggulan teratas, Wang Yihan akhirnya harus mengakui ketangguhan Jiang Yanjiao (4) 15-21, 15-21 setelah pada dua turnamen sebelumnya Yihan berhasil menang atas Yanjiao. Sebagai catatan, di tahun 2008 dan 2010 kedua pemain ini juga bertemu pada turnamen China Open SS dan selalu mampu dimenangkan oleh Jiang dengan straight set.

 

Ganda muda, Huan Xia/Tang Jinhua semakin menunjukkan konsistensinya ketika bertemu wakil non China tersisa di sektor ini, Mizuki Fujii/Reika Kakiiwa (3). Dalam waktu 48 menit, Huan/Tang mampu meraih kemenangan 21-10, 21-18. Sedangan ganda senior terbaik China, Wang Xiaoli/Yu Yang (1) harus berjibaku 3 set untuk menundukkan kompatriot mereka, Tian Qing/Zhao Yunlei (4), 24-22, 18-21, 21-19.

 

Hasil cemerlang juga diraih oleh Chen Long (3) saat menantang jagoan Denmark, Peter Gade (2). Chen yang unggul dari sisi serangan dan penempatan bola mengantongi tiket final dengan mendepak Gade, 21-18, 21-14. Pada semifinal lainnya, Chen Jin (4) akhirnya berhasil memutus kekalahan beruntunt yang dialaminya atas Lin Dan (1) dari 3 pertemuan sebelumnya, 25-23, 21-15.

 

Yoo Yeon Seong/Jang Ye Na, Penakluk Sang Kuda Hitam

 

Jika pada turnamen Kejuaraan Dunia yang lalu, duet Inggris-Skotlandia, Chris Adcock/Imogen Bankier mampu meembuat kejutan dengan menjadi runner up dan menumbangkan pasangan ganda dunia seperti Jiaming Tao/Tian Qing dan Tantowi/Liliyana, maka pada turnamen kali ini giliran duet India, Diju/Jwala yang bersinar dengan mengubur impian Jiaming/Tian pada babak pertama dan Lee Yong Dae/Ha Jung Eun di babak berikutnya.

 

Namun ternyata kesuksesan dua pasangan ‘kuda hitam’ tersebut mampu dijungkalkan oleh strategi permainan ganda Korea, Yoo Yeon Seong/Jang Ye Na.  Jika di babak sebelumnya, Yoo/Jang melibas Chris/Imogen maka pada hari ini giliran Diju/Jwala yang terhempas dalam laga 3 set menghadapi pasangan Korea tersebut.

 

Sempat menang meyakinkan 21-6 di set pertama, Diju/Jwala akhirnya berbalik tertinggal di set kedua hingga kedudukan 12-15. Meskipun mampu membalikkan keadaan 17-16, Yoo/Jang yang sudah mendapatkan ritme terbaik permainan mereka menutup set ini lebih dulu, 21-19.

 

Berada di atas angin, perolehan poin ganda Korea tak mampu dikejar oleh pasangan India pada gim ketiga. Sempat memerkecil selisih poin dari kedudukan 11-17 menjadi 16-18 saat mendekati angka kritis, Diju/Jwala akhirnya kembali menyerah 19-21 setelah beberapa kali gagal menembus pertahanan duo Korea.

 

Selain sektor ganda campuran, sang negeri ginseng juga masih memiliki harapan besar di sektor ganda putra untuk menghalangi sapu bersih China pada turnamen kali ini. Unggulan ke-3, Jung Jae Sung/Lee Yong Dae masih terus konsisten menjaga peak performa mereka hingga hari ini saat membungkam wakil Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen (2). 21-18, 16-21, 21-17.

 

Kepercayaan diri untuk meraih gelar juga terlihat pada Fu/Haifeng/Cai Yun (1) ketika akhirnya mampu memetik kemenangan 26-24, 21-18 atas wakil Korea lainnya, Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seong (4) dan memastikan diri ke partai puncak (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: