Bulutangkismania's Weblog

September 22, 2011

Results 1st Round Japan Open SS 2011 : Empat Ganda Langsung Tersingkir

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 7:46 am
Tags: , , , ,

Kekalahan terbesar yang dialami oleh sektor ganda Indonesia terjadi di nomor campuran. Unggulan ke-8, Fran/Pia ditekuk pasangan tuan rumah, Shoji Sato/Shizuka Matsuo menyusul kekalahan yang dialami oleh Rijal/Debby di pertandingan sebelumnya. Pasangan muda Ryan/Angga dan duo Vita/Nadya juga menambah panjang daftar pemain garuda yang harus angkat koper lebih awal.

Duet Fran Kuniawan/Pia Zebadiah (FraPi, red) yang ditantang oleh ganda tuan rumah, Shoji Sato/Shizuka Matsuo di luar dugaan harus menyerah dua set langsung, dalam tempo 34 menit. FraPi yang lebih banyak bermain defenseif tidak mampu mengembangkan permainan terbaik mereka dan beberapa kali gagal membendung permainan agresif pasangan Jepang. Sato/Matsuo yang lebih mengandalkan smash-smash keras sejak awal set pertama mampu membuat FraPi berada di bawah tekanan sebelum akhirnya menyerah, 16-21, 9-21.

Pada pertandingan sebelumnya, merah putih juga sudah harus kehilangan wakilnya di sektor ini. Pasangan Rija/Debby yang ditantang oleh duet Taiwan, Lee Sheng Mu/Chien Yu Chin akhirnya menyerah, 19-21, 18-21.

Dengan demikian Indonesia hanya akan mengandalkan harapannya pada unggulan ke-2, Tantowi/Liliyana (ToLyn. Red) dan tandem senior, Nova/Vita (NoVi, red) yang sukses melewati rintangan pertama mereka. Duo Inggris, Nathan Robertson/Jenny Wallwork yang sempat membungkam ToLyn pada semifinal Swiss Open GP Gold bulan Maret yang lalu kali ini harus mengakui ketangguhan ganda nomor satu indonesia tersebut. Menang 21-10, 21-18, ToLyn akhirnya berhak atas tiket ke 16 besar untuk andalan China, Hong Wei/Pan Pan.

Sementara itu NoVi akan meniti jalan yang lebih berat di babak kedua setelah hari ini (21/9) memetik kemenangan atas pasangan muda Thailand, Maneepong/Savitree melalui laga rubber set, 21-18, 16-21, 21-13. Di babak selanjutnya, unggulan ke-4, Joachim Fischer/Christinna Pedersen yang melangkahi mereka pada turnamen pekan lalu akan menjadi penantang NoVi berikutnya.

Duet Vita Marissa/Nadya Melati yang bermain tanpa beban ternyata mampu tampil lepas saat  menantang jagoan China, Tian Qing/Zhao Yunlei (4) di turnamen ini. Sempat unggul 21-18 di set pertama, ViNa akhirnya melepas set kedua 9-21 untuk kembali berjuang maksimal di set berikutnya. Saling mengejar angka diantara kedua pasasangan berlangsung dari awal set hingga kedudukan 16-16. Meskipun Tian/Zhao lebih agresif menyerang, pertahanan yang cukup baik dari pasangan Indonesia akhirnya justru membuat pasangan China banyak melakukan kesalahan sendiri.  Sayangnya di poin-poin kritis motivasi ganda China yang lebih besar dan ulet mampu menyelesaikan set ini lebih dulu 21-18.

Unggulan ke-8, Greysia/Meli (GraMel, red) belum menemui kesulitan saat bertemu satu-satunya wakil Macau di turnamen ini, Lei Sao Chi/Mak Ka Lei. Sempat sedikit lengah di poin-poin akhir set kedua setelah unggul 17-9, GraMel menuntaskan pertandingan ini dengan 21-9, 21-19 dan berhak untuk menantang duo Hongkong, Poon Lok Yan/Tse Ying Tsuet. Pasangan Hongkong ini melaju ke babak kedua setelah membuat langkah besar dengan menumbangkan ganda senior China, Cheng Shu/Pan Pan, 21-18, 21-17.

Harapan merah putih di sektor ganda putri juga masih disimpan oleh pasangan, Anneke/Nitya yang mengalahkan wakil Inggris, Jenny/Gabrielle, 17-21, 21-7, 21-13. Di babak selanjutnya, AnNya berhak untuk menantang jagoan tuan rumah, Mizuki Fujii/Reika Kakiiwa (3).

Tiga pasangan unggulan asal Indonesia di sektor ganda putra juga melenggang ke 16 besar setelah menaklukkan lawan-lawannya. Duet Alvent/Hendra AG (7) mengawali kesuksesan sektor ini dengan melumpuhkan duo China yang pekan lalu sukses menghempas, Markis/Hendra, Hong Wei/Shen Ye, dua set langsung, 21-16, 21-14.

Sementara itu Markis/Hendra (6) yang tampil kurang meyakinkan di dua turnamen sebelumnya masih berupaya untuk memulihkan ritme terbaik permainan mereka dengan mencatat kesuksesan di babak pertama mereka atas pasangan India, Rupesh/Sanave, 21-13, 21-12.

Ahsan/Bona (4) yang sempat kurang ‘in’ di set pertama saat menghadapi pasangan tuan rumah, Kenichi Hayakawa/Hiroyuki Endo akhirnya mampu menebus kekalahan mereka 15-21 di gim pertama pada dua gim berikutnya, 21-17, 21-16.

Sayangnya langkah ketiga para senior ini tidak mampu diikuti oleh pasangan muda, Ryan/Angga yang terjungkal langkahnya di pertandingan pertama mereka. Ditantang oleh duo Korea, Cho Gun Woo/Kwon Yi Goo, RyNnga akhirnya menyerah, 13-21, 17-21.

Kejutan Besar Ganda Putra-Putri

Sektor ganda putra dan putri berhasil membuat kejutan besar di turnamen ini setelah masing-masing kehilangan unggulan keduanya. Harapan publik tuan rumah, Satoko/Miyuki kembali tunduk atas junior China, Bao Yixin/Zhong Qianxing setelah pada pekan lalu dikalahkan Huan Xia/Tang Jinhua. Dalam tempo 38 menit, Satoko/Miyuki menyerah, 13-21, 17-21.

Sementara itu di sektor ganda putra, wakil terbaik Eropa, Mathias Boe/Carsten Mogensen dipaksa menyerah atas ganda Jepang, Naoki Kawamae/Shoji Sato, 15-21, 18-21. Sebelumnya, sektor ganda putra juga telah kehilangan Jung Jae Sung yang berganti pasangan dengan menggandeng Yoo Yeeon Seong dan ganda terbaik tuan rumah, Hirokatsu/Noriyasu (8). Jung/Yoo menarik diri karena cedera di set kedua saat kedudukan 8-11 setelah kalah 14-21 di gim pertama atas wakil China, Liu Xiaolong/Qiu Zihan sedangkan Hirokatsu/Noriyasu tumbang atas ganda China lainnya, Chai Biao/Guo Zhendong, 23-21, 15-21, 18-21.

Tony Gunawan yang baru saja mendapatkan kewarganegaraan Amerika-nya harus menuai hasil kurang memuaskan di laga perdananya. Berpasangan dengan Howard Bach, keduanya takluk 19-21, 21-19, 18-21 atas ganda muda Thailand, Maneepong Jongjit/Bodin Issara (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: