Bulutangkismania's Weblog

September 23, 2011

Results Quarterfinal Round Japan Open SS 2011 : Indonesia Pastikan Satu Tiket Final

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 10:10 pm
Tags: , , , , , ,

Meskipun hanya menyisakan dua wakil ke empat besar, Indonesia berhasil memastikan satu tiket final sektor ganda putra karena kedua wakilnya, Ahsan/Bona (AhNa, red) dan Markis/Hendra (KiNdra, red) akan saling beradu di semifinal. Sayangnya di sektor tunggal, Simon Santoso yang menjadi ‘single fighter’ akhirnya harus mengakui ketangguhan wakil Denmark, Peter Gade.

Peraih emas Olimpiade Beijing 2008, Markis/Hendra (6) sempat kehilangan set kedua 15-21 setelah unggul 21-10 atas ganda Korea, Lee Yong Dae/Ko Sung Hyun. Duel yang lebih mengandalkan strategi penempatan bola-bola sulit ini akhirnya kembali dimenangkan oleh KiNdra di set ketiga 21-14 meskipun Lee/Ko lebih mahir dalam mengantisipasi bola-bola di depan net.

Di lapangan yang berbeda, unggulan ke-4, Ahsan/Bona tanpa kesulitan berarti menghentikan perlawanan duo China, Liu Xiaolong/Qiu Zihan, 21-5, 21-16 dalam tempo 30 menit. Langkah kedua pasangan ini sayangnya gagal diikuti oleh unggulan ke-7, Alvent/Hendra yang menantang unggulan teratas, Fu Haifeng/Cai Yun. Kurang dari 30 menit, VeNdra menyerah 12-21, 14-21. Kemenangan ini mengantarkan Fu/Cai pada rival lamanya, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong (3) yang sukses mendepak kompatriotnya, Goh Wei Shem/Lim Khim Wah, 21-16, 19-21, 21-17.

Simon Santoso yang menjadi satu-satunya wakil Indonesia di sektor tunggal akhirnya kembali harus menyerah dari unggulan ke-3, Peter Gade, 14-21, 15-21. Di babak semifinal, Gade akan bertemu dengan unggulan teratas sekaligus sang juara bertahan, Lee Chong Wei. Peringkat satu dunia asal Malaysia tersebut sempat kehilangan set pertama, 21-23 ketika tunggal Jepang, Kenichi Tago, mampu bermain ulet dan menyamakan kedudukan di angka 18 setelah sebelumnya tertinggal 11-16.

Tago yang memang terkenal sebagai ‘giant killer’ para pemain papan atas dunia ini berhasil menggagalkan dua kali ‘match point’ Lee Chong Wei dan membalikkan keadaan dengan menutup set ini lebih dulu. Beruntung mental juara dan pengalaman yang lebih matang membuat Lee bangkit di dua set berikutnya untuk mendominasi jalannya pertandingan, 21-7, 21-18.

Pada semifinal lainnya, unggulan ke-2 akan berhadapan dengan kompatriotnya, Chen Long (4) untuk satu tiket final. Lin Dan berhasil membalas kekalahannya atas Chen Jin (6) pada turnamen pekan lalu melalui laga sengit selama 70 menit, 20-22, 21-14, 22-20 sedangkan Chen Long menyingkirkan Jan O Jorgensen, 21-14, 21-13.

Unggulan teratas, Zhang Nan/Zhao Yunlei akan menjadi harapan terakhir China di sektor campuran setelah wakil lainnya, Hong Wei/Pan Pan yang sebelumnya memetik kemenangan atas ToLyn harus menyerah 12-21, 20-22 atas wakil Jerman, Michael Fuchs/Birgit Michels. Zhang/Zhao sendiri sukses membalas kekalahan mereka atas Xu Chen/Ma Jin 21-12, 21-12 setelah pekan lalu terpaksa mundur karena cedera yang dialami Zhao Yunlei.

Di babak empat besar, Zhang/Zhao akan berhadapan dengan unggulan ke-5 asal Taiwan, Chen Hung Ling/Cheng Wen Hsing sedangkan Michael/Birgit akan menguji kesolidan wakil Denmark, Joachim/Christinna (4). Chen/Cheng melibas ganda Thailand, Sudket/Saralee (3), 21-18, 21-12 sementara itu Joachim/Christinna menundukkan harapan publik tuan rumah, Shoji/Shizuka, 21-13, 21-10 (FEY).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: