Bulutangkismania's Weblog

Oktober 20, 2011

Results 1st Round Denmark Open Premier SS 2011 : Taufik Jaga Gengsi

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 10:21 am
Tags: , , , , , , ,

Berkebalikan dengan fakta rontoknya unggulan di sektor ganda, para pemain tunggal yang menjadi favorit di turnamen ini justru tidak ada satupun yang mengalami kekalahan dini. Meskipun harus melewati laga ketat rubber set, Taufik (5) akhirnya mampu melaju ke babak 16 besar untuk menyusul Tommy Sugiarto dan Simon Santoso.

 

Absennya para srikandi tunggal merah putih di turnamen ini membuat Indonesia hanya mengandalkan para pemain putra untuk meraih gelar. Taufik Hidayat (5) yang menantang tunggal ke-3 tuan rumah, Hans Kristian Vittinghus, tunggal terbaik Indonesia tersebut harus berjibaku 3 set selama lebih dari satu jam. Unggul 13-7 di paruh awal set pertama, Taufik dipaksa menyerah oleh Hans, 18-21 setelah tunggal Denmark tersebut mampu bermain lebih agresif.

 

Kejadian serupa juga nyaris terjadi di set kedua ketika Taufik yang unggul lebih dulu 16-13 mampu tersusul oleh Vittinghus dan berbalik memimpin 18-16. Sempat menyentuh ‘match point’ 20-19, motivasi besar Vittinghus untuk memupuskan sisa-sisa kejayaan pebulutangkis multi gelar ini akhirnya rontok ketika motivasi Taufik yang cukup besar mampu menyamakan kedudukan dan memaksa rubber set 22-20.

 

Untuk ketiga kalinya, Taufik yang memimpin 15-10 kembali berbalik tertinggal ketika Hans mampu membukukan 7 poin beruntun saat memasuki poin-poin kritis. Tertinggal 16-18, Taufik berhasil memanfaatkan beberapa kesalahan sendiri yang dilakukan oleh Hans untuk berbalik unggul 20-18 dan menjaga gengsi dengan menamatkan set ini 21-19.

 

Keberhasilan Taufik ini mengikuti jejak wakil Indonesia lainnya, Tommy Sugiarto dan Simon Santoso yang sudah lebih dulu memastikan tiket 16 besar. Simon sukses menghempas wakil Taiwan, Hsueh Hsuan Yi yang pekan lalu menjadi kampiun pada turnamen Dutch Open GP, 21-16, 21-5 sedangkan Tommy menyingkirkan Ajay Jayaram, 21-11, 21-16. Langkah punggawa Pelatnas ini sayangnya gagal diikuti oleh Hayom Rumbaka. Hayom yang menantang Sho Sasaki, akhirnya menyerah 20-22, 12-21.

 

Beberapa Hasil Tak terduga

 

Meskipun belum terjadi kejutan, beberapa hasil tak terduga masih tetap mewarnai babak pertama turnamen ini. Andalan Korea, Lee Hyun Il harus mengakui ketangguhan wakil Hongkong, Wong Wing Ki, 21-10, 16-21, 14-21 sedangkan Przemyslaw Wacha yang sempat berjaya di era tahun 2009 gagal melewati hadangan pemain muda Denmark, Viktor Axelsen, 15-21, 15-21.

 

Di sektor putri, dua andalan Taiwan yang menjadi ‘kuda hitam’ di turnamen ini salah satunya harus angkat koper lebih dini. Pemain veteran Cheng Shao Chieh yang sempat berjaya di beberapa turnamen terakhir kandas dari pemain muda Jepang, Ai Goto, 8-21, 15-21. Sedangkan Tzu Ying harus berjuang 3 set untuk menaklukkan Chan Tsz Ka, 18-21, 21-14, 21-13.

 

Sayaka Sato berhasil mengikuti jejak Ai Goto ketika menjegal Pi Hongyan (Perancis), 21-16, 15-9 yang mundur karena cedera tumit yang dialaminya kembali kambuh. Namun harapan lainnya, Eriko Hirose sayangnya tidak mampu melewati hadangan Tse Ying Suet asal Hongkong dan menyerah 14-21, 18-21 (FEY).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: