Bulutangkismania's Weblog

Oktober 24, 2011

Final Results Denmark Open Premier SS 2011 : Chen Long Ukir Hattrick

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 5:53 am
Tags: , , , , ,

Kekalahan dini pada turnamen level satu BWF, Kejuaraan Duni 2011 bulan Agustus yang lalu ternyata mampu ditebus oleh pebulutangkis nomor 2 China, Chen Long (3), di tiga turnamen besar berikutnya. Di sektor ganda, konsistensi permainan wakil tuan rumah, Joachim/Christinna (3) kembali teruji dengan melibas pasangan China lainnya, Xu Chen/Ma Jin (5).

 

Pebulutangkis 22 tahun China, Chen Long untuk ketigakalinya secara beruntun berhasil menjadi kampiun di turnamen super series sekaligus menebus kegagalannya pada event Kejuaraan Dunia 2011 yang lalu. Tampil agresif sejak gim pertama, Chen Long berhasil mengungguli permainan unggulan teratas, Lee Chong Wei (1) hingga memasuki jeda interval. Meskipun akhirnya mampu disamakan oleh Lee dan balik memimpin, smash-smash overhead yang menjadi andalan pemain kelahiran Fujian ini kembali mampu mematahkan perlawanan Lee dan membuatnya unggul jauh 18-12 sebelum akhirnya menutup set ini, 21-15.

 

Lee Chong Wei berhasil mempercepat tempo permainannya di set kedua dan mengimbangi serangan yang dilancarkan Chen Long. Kedua pemain saling memimpin perolehanan poin dengan selisih tidak lebih dari dua angka berlangsung hingga kedudukan 15-15. Namun permainan ulet Chen Long ternyata sulit dipatahkan oleh Lee begitu menyentuh poin kritis 18-16 dan kembali menamatkan set ini lebih dulu, 21-18.

 

“Sama seperti turnamen-turnamen yang lain, saya hanya berusaha menampilkan yang terbaik di setiap pertandingan,” ujar Chen Long saat menanggapi kemenangannya.

 

Saat ditanya tentang kesan bertanding di Denmark, Chen Long menjawabnya dengan ekspresi puas, “Luar biasa, dan para fans disini begitu antusias.”

 

Di sektor campuran, duet tuan rumah, Joachim/Christinna berhasil menjaga konsistensinya dengan mendapak wakil China, Xu Chen/Ma Jin. Setelah sebelumnya, Joachim/Christinna menghempas unggulan teratas, Zhang Nan/Zhao Yunlei, permainan cepat keduanya hari ini (24/10) ternyata ampuh membendung strategi menyerang yang dilancarkan oleh pasangan China.

 

Kedua pasangan sudah berjibaku dan saling berimbang sejak gim pertama dimulai. Selisih 1-2 poin dan saling mengejar angka yang dibalut permainan reli-reli cepat di depan net berlanjut hingga kedudukan 19-17 untuk keunggulan Xu/Ma. Diiringi dukungan setia dari para fans Denmark setiap kali Joachim/Christinna mampu memenangkan duel reli dan akhirnya berbalik unggul, penempatan bola-bola sulit ganda Denmark ternyata menjadi kunci kemenangan mereka untuk membalikkan keadaan dengan mengoleksi tiga poin beruntun, 20-19. Meskipun sempat tertahan, Joachim/Christinna berhasil menutup set ini lebih dulu, 22-20.

 

Permainan agresif duet Denmark berlanjut di set kedua. Sempat ‘nerveous’ dan beberapa kali melakukan kasalahan sendiri pada awal set dan tertinggal 8-11 di paruh awal, Joachim/Christinna kembali mampu mendobrak pertahanan ganda China dan balik memimpin 16-12. Di titik yang menjadi momentum pasangan Denmark ini, Joachim/Christinna yang berada di atas angin akhirnya tak terkejar dan memastikan gelar Super Series perdana mereka di tahun ini, 21-16.

 

“Sangat spesial bisa menang di turnamen kali ini mengingat persaingan yang ketat sejak awal pertandingan. Tentu saja ini sebuah kemangan yang besar untuk kami,” ungkap Joachim dengan ekspresi bangga.

 

“Kemenangan ini akan manambah kepercayaan diri kami karena pasangan China sangat kuat dan semua orang tahu itu. Kami sangat senang bisa mengalahkan mereka,” lanjutnya kemudian.

 

Duet Jung Jae Sung/Lee Yong Dae (2) juga mengubur mimpi China untuk menambah raihan gelar di turnamen ini setelah unggulan teratas, Fu Haifeng/Cai Yun takluk dalam dua set. Reli-reli panjang yang memukau para penonton Odense Sports Park sudah terjadi di awal set dan berlanjut hingga awal set kedua. Pertahanan kedua pasangan yang berimbang dan sulit ditembus menyuguhkan hiburan tersendiri bagi para penonton. Kemampuan Jung/Lee untuk mempertahankan gap poin di paruh akhir gim pertama dan kedua akhirnya membuat mereka unggul lebih dulu, 21-16, 21-17.

 

Di sektor putri yang menyajikan final sesama pemain China, Wang Xin (3) akhirnya menjadi yang terbaik dengan membungkam unggulan tertas, Wang Yihan, 21-14, 23-21. Sementara itu peraih mahkota Kejuaraan Duni 2011, Wang Xiaoli/Yu Yang (1) memastikan gelar Super Series ke-4 mereka di tahun ini dengan mendepak Tian Qing/Zhao Yunlei (2), 22-20, 21-16 (FEY).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: