Bulutangkismania's Weblog

Oktober 27, 2011

Results 1st Round French Open SS 2011 : Taufik & Tommy Tergusur

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 10:22 am
Tags: , , , , , ,

Dua andalan tunggal Indonesia di turnamen ini sudah langsung menelan pil pahit di laga perdana mereka. Taufik Hidayat (5) dan Tommy Sugiarto yang berbendera pro masih sulit untuk mengimbangi lawan-lawannya. Sementara itu di sektor putri, China dikejutkan dengan tumbangnya tiga wakil unggulan.

 

Taufik Hidayat yang menjadi satu-satunya wakil merah putih di papan 10 besar dunia dipastikan akan kembali melorot peringkatnya usai kekalahan dini pada hari ini (27/10) saat menantang wakil China, Wang Zhengming. Taufik yang setahun lalu menjadi kampiun di turnamen ini akan kehilangan 3950 poin dari runner up turnamen Denmark Open Premier SS 2010 dan 5600 poin dari juara bertahan French Open SS 2010.

 

Tunggal terbaik Indonesia tersebut yang berencana untuk mempertahankan gelarnya setahun yang lalu, dipaksa bertekuk kepada pemain muda China, Wang Zhengming. Unggul dari sisi serangan, bebrapa kesalahan sendiri dari pengembalian Taufik berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Zhengming untuk mengoleksi poin demi poin. Tertinggal 5-12 dan 13-18, Taufik mampu memperkecil selisih poin menjadi 17-18. Namun keuletan Zhengming di angka-angka kritis membuatnya mampu menutup set ini lebih dulu, 21-17.

 

Di set kedua, Taufik yang hanya mampu membayang-bayangi perolehan poin Zhengming, kembali mampu mengimbangi tunggal ke-4 China tersebut melalui pengalaman dan permainan taktisnya hingga kedudukan 14-15. Di titik ini, Zhengming kembali mampu meluncur jauh 19-15 ketika Taufik tidak mampu mengembalikan bola-bola Zhengming dengan sempurna. Berada di atas angin, Zhengming akhirnya menamatkan set ini lebih dulu, 21-16.

 

Harapan di sektor tunggal akhirnya pupus ketika tunggal lainnya, Tommy Sugiarto tak mampu membendung agresi dan permainan memukasu Nguyen Tien Minh (7) di depan net. Senantiasa memimpin perolehan poin di gim pertama dan unggul hingga kedudukan 19-17, Tommy gagal memanfaatkan momentum di poin kritis dan menyerah 20-22. Sementara itu di gim kedua, Tommy hanya mampu mengimbangi Nguyen di paruh awal sebelum menyerah 14-21.

 

Selain Taufik, para unggulan lainnya di sektor putra masih belum menemui kesulitan untuk melaju ke babak 16 besar. Setiap pemain unggulan hanya membutuhkan dua set untuk melangkahi lawan-lawannya dan memetik kemenangan.

 

Unggulan China Bertumbangan

 

Di sektor putri, China sudah harus kehilangan tiga unggulannya yang gagal melewati hadangan babak pertama. Cedera yang dialami oleh Liu Xin (7) dan Jiang Yanjiao (5) seolah-olah membantah fakta yang beredar selama ini bahwa pemain China hanya ‘mundur’ jika hanya bertemu dengan kompatiort mereka untuk menjaga keseimbangan peringkat. Sementara itu Wang Shixian (2) membuat kejutan terbesar di sektor tunggal ketika gagal mengeliminasi Sung Ji Hyun.

 

Kemenangan Wang Xin (3) atas Linda Zechiri asal Bulgaria, 21-6, 21-9 dan kesuksesan Li Xuerui atas Bae Youn Joo, 21-16, 21-13 membuka hasil gemilang yang diraih oleh anak-anak asuhan Li Yong Bo. Namun cedera yang dialami oleh Liu Xin saat menantang Sayaka Sato memaksanya mundur saat kedudukan 6-6. Hal yang sama juga dialami oleh Jiang Yanjiao ketika bertemu dengan wakil Singapura, Fu Mingtian. Saat kedudukan 5-11, tunggal ke-4 China yang rawan cedera tersebut akhirnya memutuskan untuk menarik diri.

 

Kekalahan yang terbesar meskipun sudah diprediksi sebelumnya terjadi pada Wang Shixian saat berjibaku menghadapi Sung Ji Hyun. Aksi balas dendam Ji Hyun yang pekan lalu terjungkal dua set langsung dari Shixian ini tak diduga karena pada awal gim pertama, Ji Hyun takluk begitu mudah, 9-21. Namun ternyata di dua set berikutnya Ji Hyun justru mampu melampau permainan Shixian yang kurang rapi dan beberapa kali melakukan kesalahan sendiri. Ji Hyun akhirnya menutup dua set berikutnya setelah berjuang ketat, 23-21, 21-19.

 

Namun meskipun harus kehilangan tiga wakilnya, China masih tetap berpeluang untuk meraih gelar melalui Wang Yihan (1) yang mendapatkan kemenangan WO atas Susan Elgelstaff asal Skotlandia saat kedudukan 1-0.

 

Unggulan lainnya yang ikut terkubur adalah wakil Denmark, Tine Baun (8).  Dalam tempo 50 menit, Tine akhirnya menyerah setelah berjibaku 3 set menghadapi bintang Taiwan, Tai Tzu Ying, 15-21, 21-19, 21-19. Namun impian Tzu Ying untuk melangan ‘revenge’ atas Inthanon yang mengalahkannya pekan lalu urung terjadi ketika pebulutangkis muda Thailand tersebut kandas dari wakil Hongkong, Yip Pui Yin, 12-21, 21-23.

 

Dua pebulutangkis muda Jepang dan Thailand juga sukses membungkam para senior masing-masing. Ai Goto melumat Salakjit Ponsana, 21-12, 21-9 sedangkan Porntip Buranaprasertsuk mengalahkan Eriko Hirose, 22-20, 21-16 (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: