Bulutangkismania's Weblog

Oktober 27, 2011

Results 1st Round French Open SS 2011 : Tujuh Wakil Ke-16 Besar

Diantara sebelas wakil merah putih yang berlaga di babak perdana turnamen French Open SS 2011, Indonesia mampu meloloskan tujuh wakilnya ke babak kedua. Empat wakil yang harus angkat koper lebih dulu adalah pasangan Fran/Pia (FraPi), Rijal/Debby (RibBy), Alvent/Hendra (VeNdra), dan unggulan ke-8, Greysia/Meli (GraMel).

 

Indonesia lebih dulu meloloskan sang unggulan ke-3, Tantowi/Liliyana (ToLyn) di sektor campuran usai memetik kemenangan atas duo India, Diju/Jwala, 21-16, 21-8 sekaligus menebus kegagalan mereka di turnamen sebelumnya ke babak 16 besar namun sayangnya tidak mampu diikuti oleh dua wakil pelatnas lainnya, FraPi dan RibBy.

 

FraPi yang grafik performanya masih terus menurun ditundukkan oleh ganda muda Thailand, Maneepong/Savitree, 17-21, 19-21 sedangkan RibBy meskipun sempat memberikan perlawanan hingga akhir gim pertama dan kedua saat menantang unggulan ke-6, Chen Hung Ling/Cheng Wen Hsing, keduanya harus menyerah, 19-21, 20-22.

 

Selain ToLyn, merah putih juga masih menyisakan harapan kepada duo senior, Nova/Vita (NoVi) yang sanggup menghempas pasangan senior Denmark, Thomas/Kamilla. NoVi memetik kemnangan 21-16 terlebih dulu di gim pertama namun beberapa kesalahan sendiri yang dilakukan oleh keduanya di gim kedua membuat ganda Denmark mampu memaksakan rubber set, 21-13. Keadaan menjadi berbalik di gim ketiga ketika beberapa ‘unforced error’ yang dilakukan oleh duet Denmark memuluskan perolehan poin bagi NoVi meskipun pengembalian bola-bola cepat yang diperagakan  oleh Thomas/Kamilla mampu menyulitkan ganda Indonesia. Memimpin dengan 15-10 dan 19-12, NoVi akhirnya menutup set ini lebih dulu, 21-15.

 

Di sektor ganda putra, tiga andalan Indonesia yaitu unggulan ke-6, Ahsan/Bona (AhNa), Rian/Angga (RyNgga) dan Markis/Hendra (KiNdra, 7) juga masih menjanjikan dengan melaju ke 16 besar. AhNa menebus kekalahan mereka pekan lalu atas duo China, Liu Xiaolong/Qiu Zihan, 21-18, 21-17 sedangkan RyNgga meskipun harus berjibaku 3 set, juga menunjukkan kualitasnya usai kekalahan dini di turnamen sebelumnya dengan menaklukkan ganda terbaik India, Rupesh/Sanave, 15-21, 21-12, 21-13.

 

Peraih emas Olimpiade Beijing 2008, KiNdra kali ini dipaksa harus bermain rubber set oleh jagoan Polandia, Michal Logosz/Adam Cwalina setelah pada pekan sebelumnya hanya butuh dua set untuk menekuk ganda Polandia tersebut. Langkah KiNdra sayangnya tidak diikuti oleh ganda senior lainnya, VeNdra yang menyerah kepada unggulan ke-3 asal Denmark, 22-24, 6-21. Meskipun minim ‘unforced error’, duo Indonesia masih sulit untuk mengimbangi ritme permainan pasangan Denmark pada set kedua.

 

Di sektor putri, menurunnya performa GraMel pada turnamen Denmark Open Premier SS 2011 pekan lalu ternyata masih belum sepenuhnya pulih. Usai kandas di babak pertama, kali ini kembali unggulan ke-8 tersebut harus angkat koper lebih dulu saat berhadapan dengan pasangan muda Malaysia yang menjadi kampiun di turnamen Indonesia Open GP Gold 2011, Vivian/Khe Wei.

 

GraMel yang sempat membalikkan keadaan di set pertama setelah tertinggal 12-15 dan mampu menamatkan set ini 21-18, ternyata justru sulit untuk mengembangkan permainan mereka di dua set berikutnya. Permainan taktis ganda Malaysia yang membuat pasangan Indonesia lebih banyak mengangkat bola memudahkan duet negeri jiran untuk meraih kemenangan di dua set berikutnya, 21-16, 21-15.

 

Kekalahan ini menyiskanan asa pasukan garuda kepada dua wakil lainnya, Vita/Nadya (ViNa) dan Anneke/Nitya (AnNya). ViNa menundukkan duet nomor satu Thailand sekaligus sang juara bertahan, Duanganong/Kunchala, 21-14, 21-17 sedangkan AnNya yang pekan lalu menghempas duo nomor satu Taiwan kali ini sukses melibas semifinalis Denmark Open Premier SS 2011, Line Kruse/Marie Roepke, 21-16, 21-13.

 

Chien/Cheng Pulang Lebih Dini

 

Ganda nomor satu Taiwan yang juga menjadi unggulan ke-5 di turnamen ini, Chien Yu Chin/Cheng Wen Hsing kembali terpaksa harus berkemas lebih awal. Sementara itu di sektor putra, kejutan terbesar dibukukan oleh ganda China, Hong We/Shen Ye, yang mengubur pasangan Korea, Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seong (4) dalam laga 3 set.

 

Runner up turnamen Japan Open SS 2011, Chien/Cheng (5) kembali harus mengalami kekalahan dua set di laga perdananya pada turnamen ini. Ditantang oleh duo Singapura, Yao Lei/Shinta Mulia Sari, duo Taiwan ini kalah agresif sejak bergulirnya set pertama. Tetringgal 20-22 di gim pertama, Chien/Cheng yang sudah unggul 19-15 tak berhasil memanfaatkan momentumnya dan terkejar oleh Yao/Shinta. Meskipun sempat meraih dua kali ‘match point’, 20-17 dan 21-20, Yao/Shita yang lebih cermat akhirnya mampu membalikkan keadaan dan memimpin 23-21.

 

Pertandingan yang cukup seru dan menegangkan di sektor putri terjadi antara wakil Inggris, Mariana/Heather dan Nicole/Charmaine yang berbendera Kanada. Kedua pasangan ini harus berjibaku 93 menit untuk menuntaskan laga imbang dan melelahkan dalam 3 gim, yang akhirnya dimenangkan duo Inggris, 21-23, 25-23, 23-21.

 

Di sektor putra, catatan kemenangan dua set Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seong (4) atas duo China, Hong Woi/Shen Ye pada turnamen China Masters SS 2011 yang lalu ternyata tidak lantas membuat jalan menjadi lebih mudah bagi ganda nomor dua Korea tersebut. Sempat menang mudah 21-13 di set pertama, duel kedua pasangan yang sama-sama mengandalkan serangan dan bola-bola cepat ini akhirnya dimenangkan oleh Hong/Shen di dua gim berikutnya, 21-14, 21-16.

 

Langkah Hong/Shen ternyata tidak mampu diikuti oleh wakil China lainnya,  Chai Bioa/Guo Zhendong (8). Keduanya gagal membendung kesolidan pasangan Jepang, Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa, dan menyerah 14-21, 18-21.

 

Dua ganda unggulan lainnya yang juga nyaris tersungkur adalah, Fu Haifeng/Cai Yun (1) dan Koo Kien Keat/Tan Boon Heong (5). Fu/Cai yang menantang sang penakluk Koo/Tan pada turnamen di Denmark pekan lalu, Cho Gun Woo/Kwon Yi Goo, harus berjuang ketat 3 set sebelum akhirnya menang, 21-17, 19-21, 21-19. Sementara itu Koo/Tan yang menghadapi wakil Rusia, Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov bermain rubber set, 21-23, 21-17, 23-21.

 

Kolaborasi Skotlandia-Inggris, Robert Blair/Gabbrielle White sukses membuat kejutan pertama di babak 32 besar sekaligus merupakan kejutan terbesar di nomor campuran. Dalam waktu 30 menit, keduanya menaklukkan wakil Thailand, Songphon/Kunchala (7), 21-15, 21-19. Sementara itu pada pertandingan pamungkas di hari kedua ini, Kim Ki Jung/Jung Kyung Eun memupuskan harapan duet Jerman, Michael Fuchs/Birgit Michels, 21-11, 20-22, 21-19 (FEY).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: