Bulutangkismania's Weblog

Oktober 28, 2011

Results 2nd Round French Open SS 2011 : Gade dan Saina Tumbang

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 9:05 am
Tags: , , , , ,

Kejutan kembali mewarnai pertandingan sektor tunggal turnamen French Open SS 2011 di babak 16 besar hari ini ketika pebulutangkis veteran Denmark, Peter Gade (4) harus takluk di tangan wakil Hongkong, Hu Yun. Sedangkan wakil India, Saina Nehwal dipaksa menyerah dua set langsung oleh Li Xuerui.

 

Diantara para pebulutangkis tunggal putra papan atas dunia lainnya, pebulutangkis asal Denmark yang saat ini sudah berusia 34 tahun, Peter Gade termasuk pebulutangkis yang konsisten dalam performanya setelah Lee Chong Wei. Sepanjang tahun 2011, Gade yang saat ini sudah mengikuti 8 diantara 9 turnamen Super Series yang digelar, berhasil mencapai prestasi minimal hingga lolos ke babak delapan besar. Namun hari ini (27/10) ayah dari dua putri ini harus mengecewakan para fans-nya yang sudah rela membawa spanduk besar untuk mendukungnya selama pertandingan.

 

Ditantang oleh jagoan Hongkong, Hu Yun, Gade yang sudah memipin sejak gim pertama harus terjegal ketika menghadapi poin-poin kritis. Hu Yun yang tertinggal 15-18 mampu mebalikkan keadaan menjadi unggul 20-18 dan akhirnya mengantongi kemenangan 21-19. Namun di paruh akhir set kedua, Gade sama sekali tidak memberi kesempatan bagi Hu Yun untuk mengulang kesuksesannya meskipun tunggal Hongkong tersebut tetap mampu mengintai perolehan poin Gade hingga kedudukan 19-21. Sayangnya di gim ketiga, Gade yang sempat unggul 9-3 dan 11-7 di paruh awal set hanya mampu mengimbangi Hu Yun hingga kedudukan 15-15. Permainan memukau Hu Yun di depan net membuatnya kembali unggul 21-17.

 

Kemenangan ini meloloskan Hu Yun ke babak delapan besar untuk menantang Kenichi Tago yang berhasil menjungkalkan unggulan ke-8, Du Pengyu melalui laga rubber gim, 9-21, 21-18, 21-10. Sukses serupa juga diukir oleh wakil Korea, Shon Wan Ho, yang menghentikan perlawanan pebulutangkis Vietnam, Nguyen Tien Minh (7), 12-21, 21-18, 21-14.

 

Dari sektor putri, turnamen ini dikejutkan dengan tumbangnya Saina Nehwal (4) di tangan pebulutangkis China, Li Xuerui. Sejak awal gim pertama, kedua pemain ini sudah berseteru ketat dan saling mengimbangi dengan selisih 1-2 poin. Saina yang sempat unggul 17-15 berbalik tertinggal 17-18 ketika Xuerui mampu mengumpulkan 3 poin beruntun sebelum akhirnya meluncur dengan 21-18.

 

Pada awal gim kedua, Xuerui mampu mendominasi jalannya pertandingan dan unggul 10-6. Namun keadaan berbalik saat memasuki paruh akhir gim kedua. Saina nyaris memaksakan rubber set dari permainan taktisnya di depan net yang membuatnya unggul 18-13. Sayangnya momentum ini gagal dimanfaatkan dengan baik oleh Saina. Enam poin berturut-turut yang berhasil dikoleksi oleh Xuerui kembali membalikkan keadaan dan membuat kedudukan imbang bagi kedua pemain.

 

Dari titik ini kedua pemain kembali terlibat saling mengejar poin yang cukup intens dan saling mendahului. Lima kali kesempatan ‘match point’ yang berhasil dibukukan oleh Saina berhasil di gagalkan oleh Xuerui dan pertarungan mental inipun akhirnya berhasil dimenangkan oleh Xuerui hingga skor akhir 30-29. Dengan hasil ini, Xuerui berhak untuk melaju ke delapan besar dan menantang Sayaka Sato yang merebut tiket perempatfinal dari komaptriotnya, Ai Goto, 21-18, 16-21, 21-15.

 

Langkah bintang muda Taiwan, Tai Tzu Ying juga masih belum terbendung. Di tantang oleh Yip Pui Yin yang di babak sebelumnya menghempas jagoan Thailand, Ratchanok Inthanon, Tzu Ying memastikan satu tempat di delapan besar dengan catatan kemenangan, 21-19, 21-16. Di babak selanjutnya, unggulan teratas Wang Yihan akan menjadi ujian konsistensi Tzu Ying yang sebenarnya. Yihan melenggang usai mencatat kemenangan telak atas Gu Juan, 21-8, 21-10.

 

Bintang muda lainnya, Sung Ji Hyun juga mencatat kemenangan atas veteran Taiwan yang sempat bersinar di beberapa turnamen sebelumnya, Cheng Shao Chieh. Ji Hyun yang di laga sebelumnya menundukkan Wang Shixian (2), hanya membutuhkan dua set untuk menyingkirkan Shao Chieh, 21-17, 21-17. Tiket semifinal dipastikan akan berada ditangannya jika tunggal terbaik Korea ini mampu malanjutkan dominasinya atas wakil Thailand, Porntip Buranaprasertsuk yang hari ini menuai keunggulan atas wakil Singapura, Fu Mingtian, 23-21, 21-15 (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: