Bulutangkismania's Weblog

Oktober 28, 2011

Results 2nd Round French Open SS 2011 : KiNdra Tersingkir

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 9:09 am
Tags: , , , , , ,

Ganda putra yang menjadi andalan Indonesia, Markis/Hendra (7) di luar dugaan harus tersingkir lebih dini di turnamen ini setelah gagal mengatasi perlawanan pasangan Inggris, Chris/Andrew. Mengikuti jejak KiNdra adalah duo negeri jiran Koo/Tan (5) dan tandem campuran nomor satu Thailand, Sudket/Saralee (5).

 

Jika pada tahun 2008 dan 2009 yang lalu, duet peraih emas Olimpiade Beijing 2008 dan kampiun Kejuaraan Asia 2009, KiNdra mampu tampil terhormat di atas podium maka tahun 2011 maka di tahaun 2010, KiNdra hanya mampu meloloskan diri hingga babak semifinal. Namun di tahun ini, performa yang inkonsisten tidak hanya membuat peringkat KiNdra terus melorot namun juga prestasi yang stagnan. Sepanjang turnamen yang mereka ikuti di tahun 2011, pasangan nomor dua Indonesia tersebut hanya mampu mengukir prestasi terbaik sebagai semifinalis pada tiga turnamen Super Series yaitu Indonesia, Jepang dan Denmark.

 

Menghadapi ganda Inggris, Chris Adcock/Andrew Ellis, KiNdra tidak mampu mengeluarkan performa terbaiknya. Kalah agresif dari sisi serangan, ganda Indonesia hanya mampu menjadi bayang-bayang pasangan Inggris. Meskipun sempat menyamakan kedudukan di angka kritis 17-17 setelah tertinggal 9-14, keduanya harus menyerah 17-21.

 

Memasuki gim kedua, tempo permainan sedikit menurun namun Chris/Andrew tetap berhasil meungguli KiNdra dari sisi strategi menyerang meskipun KiNdra mampu memimpin perolehan poin 10-6, 14-11 dan 17-14. Sayangnya momentum ini tidak mampu dimanfaatkan oleh KiNdra hingga ujung set. Beberapa kesalahan sendiri membuat ganda Inggris mampu mengimbangi KiNdra dan akhirnya berbalik ungggul 20-18 untuk kemudian menutup peluang KiNdra, 21-19.

 

Kemenangan ini mengantarkan duo Inggris tersebut ke babak delapan besar untuk menantang ‘kuda hitam’ lainnya, Hirokatsu/Noriyasu. Duet Jepang sendiri melaju ke babak perempatfinal dengan menghempas pasangan China, Hong Wei/Shen Ye, 22-20, 21-15. Padahal di laga sebelumnya ganda nomor tiga China tersebut mampu membuat kejutan besar dengan melibas andalan Korea, Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seong (4).

 

Senasib dengan KiNdra, tandem nomor satu Malaysia, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong (5) juga mengalami nasib tragis kekalahan dini saat menantang ganda Denmark, Mads Conrad/Jonas Rasmussen. Hanya dalam tempo 38 menit, keduanya takluk 16-21, 19-21. Di babak perempatfinal, pasangan Denmark tersebut akan menghadapi kompatriotnya, Mathias/Cartsen (3) yang menang WO atas wakil Korea, Kim Ki Jung/Shin Baek Choel.

 

Kekalahan KiNdra membuat harapan untuk meraih gelar akhirnya bertumpu pada Ahsan/Bona (AnHa, 6) dan Ryan/Angga (RyNgga). AhNa sukses meraih tiket perempatfinal dengan merontokkan wakil Taiwan, Fang Chieh Min/Lee Sheng Mu, 22-20, 13-21, 21-16 sedangkan RyNgga meskipun sempat kehilangan fokus permainan di akhir gim kedua saat menghadapi wakil Jepang, Hirokatsu/Noriyasu, keduanya mampu bangkit di set ketiga dan mempertahankan keunggulan, 21-17, 18-21, 21-15.

 

Sayangnya lawan berat sudah mengintai keduanya di laga delapan besar. Untuk bisa lolos ke semifinal, AhNa harus mampu membuat sejarah dan mengalahkan unggulan teratas, Fu/Cai yang dalam tiga pertemuan terakhir selalu gagal terlangkahi sedangkan RyNgga harus mampu mengulang prestasi mereka di turnamen Indonesia Open Premier SS 2011 yang lalu yaitu menaklukkan pasangan Korea, Jung Jae Sung/Lee yong Dae (2).

 

Sementara itu di sektor ganda putri, dua pasangan Indonesia juga masih tetap mempertahankan asa dan melenggang ke perempatfinal. Vita/Nadya (ViNa) membutuhkan waktu lebih dari satu jam sebelum akhirnya sukses membungkam wakil Singapura yang di babak sebelumnya menghentikan perlawan duo Taiwan Chien/Cheng, Yao Lei/Shinta Mulia Sari, 21-17, 18-21, 21-18 sedangkan Anneke/Nitya (AnNya) berhasil membalas kekalahan GraMel atas ganda negeri jiran, Woon Khe Wei/Vivian Kah Muh, 21-9, 25-23.

 

AnNya yang menang telak di gim pertama sempat ‘nerveous’ di paruh akhir gim kedua ketika pasangan peraih mahkota Indonesia Open GP Gold 2011 tersebut mampu menyamakan kedudukan di angka kritis 18-18 setelah sebelumnya tertinggal 11-15 dan 15-18.

 

Cedera yang dialami oleh Kamilla Rytter Juhl saat berjibaku menghadapi ganda Jepang, Miyuki/Satoko (4) bersama Christinna Pedersen memaksa keduanya mundur saat kedudukan 3-5 setelah bersaing ketat 20-22 di set pertama.

 

Dua wakil merah putih lainnya di sektor campuran juga ikut melaju ke babak delapan besar. Unggulan ke-3, Tantowi/Liliyana (ToLyn) memetik kemenangan atas tandem Jepang, Shintaro/Reiko, 21-14, 21-17 sedangkan Nova/Vita (NoVi) menghempas pasangan muda Korea, Kim Ki Jung/Jung Kyung Eun, 26-24, 21-14.

 

Satu-satunya kejutan yang terjadi di sektor campuran diukir oleh Lee Yong Dae/Ha Jung Eun yang menghentikan perlawanan ganda nomor satu Thailand, Sudket/Saralee melalui pertarungan rubber set, 21-18, 20-22, 21-16 (FEY).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: