Bulutangkismania's Weblog

Oktober 29, 2011

Results Qurterfinal Round French Open SS 2011 : Terjegal Para Unggulan

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 8:30 am
Tags: , , , , , , ,

Lima diantara enam wakil indonesia yang berlaga di babak perempatfinal turnamen French Open SS 2011 akhirnya harus takluk di tangan para unggulan. Harapan semata wayang untuk meraih gelar akhirnya bertumpu pada unggulan ke-3, Tantowi/Liliyana (ToLyn) yang melaju ke empat besar dengan menundukkan ganda Taiwan.

Kecuali tandem senior Nova/Vita (NoVi) yang berhadapan dengan unggulan ke-2, Xu Chen/Ma Jin, empat wakil merah putih lainnya yang harus tersingkir harus mengakui ketangguhan para unggulan turnamen ini dalam permainan dua gim berdurasi kurang dari 40 menit. Kelahan pertama diderita oleh duo srikandi Vita/Nadya (ViNa) yang dipaksa menyerah oleh unggulan teratas, Wang Xiaoli/Yu Yang, 9-21, 7-21. Tidak seperti penampilan sebelumnya, kali ini duet Indonesia tersebut tidak mampu mengembangkan permainan terbaiknya dan takluk atas dominasi ganda China yang tampil agresif sejak gim pertama.

Menyusul kekalahan ViNa adalah duet Anneke/Nitya (AnNya) yang pada Sea Games 2011 nanti dipastikan menggantikan posisi Greysia/Meli di sektor ganda putri akibat belum pulihnya cedera yang dialami oleh Greysia. Seolah-olah menjadi antiklimaks dari performa mereka di laga sebelumnya, AnNya yang menantang unggulan asal Jepang, Mizuki Fujii/Reika Kakiiwa (3) takluk 9-21 di gim pertama karena beberapa kali melakukan kesalahan yang tidak seharusnya terjadi.

Sempat meminimalisir kesalahan sendiri di gim kedua, AnNya masih sulit mengimbangi kesolidan duo Jepang dan tidak mampu keluar dari tekanan. Meskipun mampu memperkecil selisih poin saat jeda interval 3-11 menjadi 12-14 dari beberapa kesalahan sendiri Mizuki/Reika, keduanya kembali harus takluk 13-21 dan memupus impian untuk melenggang ke semifinal.

Hasil ini mengantarkan duo Jepang ke empat besar untuk menantang Wang Xiaoli/Yu Yang sedangkan pada semifinal lainnya Tian Qing/Zhao Yunlei  (2) akan berhadapan dengan wakil Korea, Ha Jung Eun/Kim Min Jung (6). Tian/Zhao menghentikan perlawanan Shizuka Matsuo/Mami Naito (7) 21-16, 21-14 sedangkan Ha/Kim menekuk pasangan Jepang lainnya, Miyuki Maeda/Satoko Suetsuna (4), 21-16, 21-16.

Nasib serupa juga harus dialami oleh dua wakil sang garuda di sektor putra. Ryan/Angga (RyNgga) yang tampil perkasa di depan publik Istora saat menghempas pasangan nomor satu Korea, Jung Jae Sung/Lee Yong Dae (2) kali ini dipaksa harus mengakui ketangguhan duet yang pekan lalu naik podium di turnamen Denmark tersebut.

Tidak seperti permainan khas ganda putra pada umumnya, kedua pasangan lebih banyak mengandalkan penempatan bola-bola akurat daripada strategi agresif menyerang. RyNgga bahkan sempat mendapatkan momentum untuk mengimbangi Jung/Lee usai jeda interval gim pertama.

Namun pengalaman ganda Korea yang lebih matang kembali membuat mereka unggul dan akhirnya memetik kemenangan 21-16, 21-12. Di babak selanjutnya, Jung/Lee akan menantang wakil Denmark, Mathias/Carsten (3) yang menghentikan kompatiot mereka, Mads Conrad-Petersen/Jonas Rasmussen setelah berjibaku 3 set, 21-23, 21-14, 21-19.

Tak jauh berbeda dengan penampilan RyNgga, pasangan Ahsan/Bona (AhNa, 6) juga hanyut dalam ritme dan strategi permainan ganda China, Fu Haifeng/Cai Yun (1). Minim serangan, kedua pasangan yang lebih banyak berduel dalam bola-bola cepat dan penempatan bola-bola akurat akhirnya dimenangkan oleh Fu/Cai 21-12 di gim pertama.

Memasuki gim kedua, bola-bola cepat pasangan China di depan net kembali menjadi senjata andalan Fu/Cai untuk memetik kemenangan 21-12. Di empat besar, ganda Jepang Hirokatsu/Noriyasu yang sukses melibas duo kuda hitam asal Inggris yang berhasil menaklukkan Markis/Hendra di laga sebelumnya, Chris Adcock/Andrew Ellis, 16-21, 21-19, 21-10.

ToLyn, Harapan Tersisa

Gugurnya wakil merah putih di sektor putra dan putri membuat harapan bertumpu pada sektor campuran. Duet ToLyn dan NoVi yang berlaga di sektor ini sanggup memberikan perlawanan yang signifikan bagi lawan-lawannya.

ToLyn lebih dulu membuka pintu kemenangan bagi pasangan Indonesia setelah unggul telak atas duo Taiwan, Chen Hung Ling/Cheng Wen Hsing (6), 21-9, 21-14. Seolah-olah menjadi penebus kegagalan dini mereka secara beruntun pada tiga turnamen sebelumnya, ToLyn berhasil mendominasi dari sisi serangan dan akurasi bola. Selain itu keduanya juga memperoleh poin mudah dari beberapa ‘unforced error’ yang berkali-kali dilakukan oleh Chen/Cheng saat mengembalikan bola.

Meskipun gagal mengikuti langkah ToLyn, duet senior NoVi masih tetap mampu mengimbangi unggulan ke-2, Xu Chen/Ma Jin. Bertanding hingga nyaris memasuki tengah malam di lapangan 2 stadium Pierre de Coubertin, NoVi mampu memperlihatkan kematangan pengalamannya ketika sempat tertinggal di paruh awal gim pertama dan akhirnya membalikkan keadaan untuk memetik kemenangan 21-18.

Memasuki gim kedua, NoVi masih tetap mampu mengimbangi permainan pasangan China dan lebih unggul dalam strategi bola-bola cepat di depan net. Namun Xu/Ma yang lebih muda dan fit mampu  tampil agresif di poin-poin kritis dan akhirnya menjadi kunci kemangan mereka saat tertinggal 14-17 berbalik unggul 19-18 dan memaksakan rubber set, 21-19.

Gim ketiga seolah-olah menjadi antiklimaks penampilan NoVi. Meskipun pada awal gim keduanya sanggup memberikan perlawanan hingga kedudukan 6-7, konsistensi Xu/Ma hingga akhir set membawa mereka unggul hingga akhir set, 21-11. Hasil ini akan mempertemukan Xu/Ma pada ToLyn untuk memperebutkan tiket partai puncak.

Sementara itu pada semifinal lainnya, ulangan final Denmark Open Premier SS 2011 akan kembali terjadi antara Zhang Nan/Zhao Yunlei (1) dan Joachim Fischer/Christinna Pedersen (4). Zhang/Zhao membukukan kemenangan 21-17, 21-18 atas Yoo Yeon Seong/Jang Ye Na sedangkan Joachim/Christinna harus berjuang 3 set untuk menyingkirkan ganda Korea lainnya, Lee Yong Dae/Ha Jung Eun, 21-14, 16-21, 21-17 (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: