Bulutangkismania's Weblog

Oktober 30, 2011

Results Semifinal Round French Open SS 2011 : Joachim/Christinna, Idola Baru Publik Paris

Duo Denmark yang berhasil menjadi kampiun pekan lalu di kandang sendiri kali ini kembali melenggang ke babak final dengan menghempas unggulan teratas, Zhang Nan/Zhao Yunlei. Indonesia sendiri harus puas pulang tanpa gelar usai kekalahan yang diderita Tantowi/Liliyana (Tolyn, 3) atas pasangan China.

 

Teriakan penonton “Allez Denmark” yang mendukung pasangan Joachim Fischer/Christinna Pedersen sudah membahana sebelum pertandingan sempat dimulai. Aksi agresif ganda Denmark sudah langsung membuat mereka unggul 11-4. Tak hanya unggul dari sisi serangan, pertahanan yang baik dari Joachim/Christinna juga menyulitkan Zhang/Zhao untuk mengejar ketertinggalannya. Sebaliknya, Zhao Yunlei beberapa kali gagal membendung agresi duet Denmark dengan pengembaliannya yang keluar lapangan. Olahan bola Christinna Pedersen yang sempurna di bagian depan akhirnya melengkapi kemenangan Denmark, 21-14.

 

Memasuki set kedua, Zhang/Zhao mulai mampu beradaptasi dan mengimbangi pasangan Denmark. Membaiknya permainan Zhao Yunlei dan pertahanan yang cukup resistan dari ganda Chinan sempat membuat mereka unggul 17-13. Namun Joachim/Christinna mampu menyamakan kedudukan di angka 18 dan bahkan tiga kali menggagalkam ‘match point’ Zhang/Zhao sebelum akhirnya pasangan China berhasil memaksakan rubber set, 22-20.

 

Riuh rendah dukungan penonton yang memadati stadium Pierre de Coubertin kembali terdengar di set ketiga saat kedua pasangan terlibat reli-reli yang cukup panjang. Meskipun Zhang/Zhao mampu memimpin 11-8 saat jeda interval dan nyaris merengkuh kemenangan di poin-poin kritis, dukungan tak henti dari para fans Denmark ternyata mampu memotivasi Joachim/Christinna untuk menyamakan kedudukan di angka 18 dengan memanfaatkan peluang untuk terus menyerang.

 

Meskipun duo China kembali menyentuh ‘match point’ 20-19 terlebih dulu, mental juara pasangan Denmark sanggup membalikkan keadaan dan memetik kemenangan 22-20.  Ekspresi kebanggaan para fans pun ikut meluap, sang idola baru telah muncul. Namun tugas keduanya belum berhenti sampai disana. Duet China lainnya, Xu Chen/Ma Jin (2) akan menjadi penatang Joachim/Christinna di laga pamungkas. Xu/Ma mempertahankan asa negeri tirai bambu untuk meraih gelar di sektor ini dengan menundukkan pasangan Indonesia, ToLyn, 16-21, 21-11, 21-11. Kurangnya konsistensi pada dua gim terakhir dan terlalu banyaknya eror yang dilakukan pasangan merah putih memudahkan ganda China untuk meraih tiket ke babak final.

 

Luapan para pendukung Denmark menang tak terlalu berlebihan karena Joachim/Christinna menjadi satu-satunya tandem Eropa yang tersisa dan menjadi ‘icon’ di partai puncak usai kekalahan yang dialami oleh Mathias/Carsten di pertandingan sebelumnya. Peraih mahkota All England Premier SS 2011 tersebut takluk atas duo Korea, Jung Jae Sung/Lee Yong Dae, 17-21, 17-21.

 

Ulangan final Denmark Open Premier SS 2011 pekan sebelumnya pun akhirnya kembali terjadi. Kemanangan Fu Haifeng/Cai Yun (1) atas ganda Jepang, Hirokatsu Hashimoto/Noriyasu Hirata melalui rubber set, 21-11, 13-21, 21-9 mengantarkan keduanya untuk bertemu denan Jung/Lee di laga pamungkas.

 

Tak jauh berbeda di sektor putri, ulangan final pekan sebelumnya antara sesama pasangan China juga akan terurai di partai final besok (30/10). Kemenangan WO yang diraih Tian/Zhao (2) atas wakil Korea, Ha Jung Eun/Kim Min Jung (6) dilengkapi dengan keberhasil Wang Xiaoli/Yu Yang (1) atas duo srikandi Jepang, Mizuki Fujii/Reika Kakiiwa (3), 21-8, 22-20 (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: