Bulutangkismania's Weblog

November 17, 2011

Results 1st Round Hongkong Open SS 2011 : VeNdra Melenggang

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 6:04 am
Tags: , , ,

Satu-satunya wakil merah putih di turnamen ini, Alvent/Hendra (VeNdra, 7) berhasil mempertahankan asa publik Indonesia dengan melaju ke babak kedua. Sementara itu di sektor campuran kejutan sudah langsung mewarnai hari pertama dengan tumbangnya 3 tandem unggulan.

 

Ditantang oleh wakil Denmark, peraih gelar runner up turnamen Malaysia Open SS 2011 yang lalu, Jonas Rasmussen/Mad Conrad Petersen, VeNdra harus berjibaku tiga set sebelum akhirnya berhasil memastikan diri ke babak 16 besar. Kekalahan VeNdra pada dua laga sebelumnya menghadapi ganda nomor dua Denmark ini berjalan searah ketika Jonas/Mad mampu mendominasi jalannya pertandingan set pertama. Unggul dari sisi serangan dan bola-bola taktis, Denmark menutup set pertama, 21-12.

 

Pada gim kedua VeNdra berhasil mendapatkan momentum kebangkitannya setelah tertinggal 2-7 dan 5-8. Meskipun masih kalah agresif dibandingkan dengan pasangan Denmark, membaiknya kesolidan ganda senior Indonesia dan kesalahan sendiri yang kerap dilakukan oleh duo Denmark di gim kedua membuat VeNdra mampu membalikkan keadaan 11-8 dan 16-10. Meskipun Jonas/Mad sempat menyamakan kedudukan di poin-poin tua, 17-17, Vendra mampu menamatkan gim ini lebih dulu, 21-18.

 

Permainan VeNdra terlihat cukup kontras pada gim ketiga. Variasi serangan dan penempatan bola-bola yang akurat beberapa kali mampu mendobrak pertahanan pasangan Denmark. Unggul 8-4 pada awal set, VeNdra terus sukses mempertahankan ritme permainan keduanya dan akhirnya memenangkan gim ini, 21-14.

 

Ganda Korea, Jung Jae Sung/Lee Yong Dae (2) harus berjuang tiga set untuk menaklukkan pasangan China, Hong Wei/Shen Ye, 20-22, 21-15, 21-10 . Di laga sebelumnya, China juga harus kehilangan salah satu wakil terbaiknya, Chai Biao/Guo Zhendong (6) setelah gagal menjinakkan duo Amerika, Howard Bach/Tony Gunawan. Dalam tempo kurang dari 30 menit, keduanya menyerah 14-21, 13-21.

 

Sektor lain yang juga ramai akan kejutan adalah ganda campuran. Meskipun baru memasuki babak pertama, nomor ini sudah harus kehilangan 3 wakil unggulannya. Di lapangan yang sama secara beruntun, Chris Adcock/Imogen Bankier (6), Shintaro Ikeda/Reiko Shiota (8) dan duet Polandia, Robert Mateusiak/Nadiezda Zieba (7) mengalami kekalahan dua set langsung atas lawan-lawannya.

 

Pasangan kolaborasi Inggris-Skotlandia, Chris/Imogen, belum mampu membalas kekalahan mereka pekan lalu atas ganda China, He Hanbin/Bao Yixin. Keduanya kembali menyerah, 21-23, 10-21. Sedangkan Shintaro/Reiko juga mengalami nasib serupa ketika ditantang wakil negeri tirai bambu lainnya, Hong Wei/Pan Pan. Dalam laga 35 menit, keduanya takluk 14-21, 19-21.

 

Ganda masa depan negeri jiran, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying yang pekan lalu menjadi kampiun di turnamen Bitburger Open GP Gold ternyata lebih memilih absen di perhelatan pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara (Sea Games) untuk mengikuti turnamen ini. Keduanya kembali mencatat prestasi gemilang dengan menghempas Robert/Nadiezda, 21-19, 21-17.

 

Kekalahan tak terduga juga dialami oleh ganda Denmark, Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl. Ditantang oleh wakil Rusia, Alexandr Nikolaenko/Valeri Sorokina, duet Denmark dipaksa untuk menyerah 21-19, 13-21,21-19.

 

Scenk Terisngkir

 

Juliane Schenk asal Jerman dan pebulutangkis Jepang Sho Sasaki yang sama-sama menempati unggulan ke-6 di turnamen ini ternyata harus tersingkir lebih dini oleh wakil non unggulan. Sementara itu Sung Ji Hyun yang pada tur Eropa bulan lalu tampil memukau justru bermain di bawah performa terbaiknya pada turnamen kali ini.

 

Meskipun sempat unggul jauh 13-5 di gim pertama, Juliane yang ditantang oleh wakil Jepang, Ai Goto tidak mampu mempertahankan konsistensinya hingga akhir set. Beberapa kesalahan sendiri yang dilakukannya membuat Goto mampu untuk membalikkan keadaan dan menutup set ini, 21-17. Meskipun sempat memperpanjang nafas di set ketiga dengan memenangkan gim kedua, 21-13, performa Goto yang lebih stabil untuk terus menyerang memupuskan harapan Juliane untuk melenggang ke babak selanjutnya, 16-21.

 

Pada tur Eropa sesi kedua bulan Oktober yang lalu, Sung Ji Hyun membuat prestasi gemilang dengan menghempas nama-nama besar seperti Wang Shixian, Cheng Shao Chieh, dan Juliane Schenk, tunggal nomor satu Korea tersebut kali ini justru bermain di bawah performa terbaiknya saat menantang wakil China, Wang Xin (3). Tak hanya kalah dari sisi serangan, banyaknya ‘unforced error’ yang dibuat oleh Ji Hyun membuat pertandingan ini berjalan tak imbang dan jauh dari yang diharapkan. Kurang dari 30 menit, Ji Hyun akhirnya menyerah 12-21, 9-21.

 

Sementara itu China di luar dugaan juga harus kehilangan salah watu wakilnya di sektor putri. Liu Xin yang bulan lalu di kalahkan oleh Li Xuerui dan terpaksa mundur saat menantang wakil Jepang, Sayaka Sato, kali ini masih belum menunjukkan performa yang sebenarnya paska cedera kambuhan yang dialaminya pada turnamen French Open SS 2011 yang lalu. Berhadapan dengan tunggal Belanda, Yao Jie, Xin takluk 16-21, 22-24.

 

Di sektor putra, Sho Sasaki menjadi satu-satunya pemain unggulan yang terlindas lebih dini di turnamen ini. Sasaki gagal mengatasi perlawanan tunggal India, Ajay Jayaram setelah berjibaku 3 set. Sempat unggul 21-14 di gim pertama, Sasaki harus menelan pil pahit di dua set berikutnya, 18-21, 14-21.

 

Kekalahan juga dialami wakil Jepang lainnya, Kenichi Tago saat menjamu Jan O Jorgensen asal Denmark. Setelah bertanding lebih dari satu jam, Tago akhirnya menyerah 9-21, 21-17, 15-21. Hasil ini menempatkan Kazushi Yamada sebagai satu-satunya wakil tunggal putra Jepang yang tersisa di turnamen ini setelah sukses memetik kemenangan atas tunggal Denmark, Joachim Persson, 21-14, 21-16 (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: