Bulutangkismania's Weblog

November 18, 2011

Results 2nd Round Hongkong Open SS 2011 : VeNdra Ke Perempatfinal

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 6:20 am
Tags: , , , , , , ,

Duet satu-satunya andalan Indonesia yang menempati unggulan ke-7, Alvent/Hendra (VeNdra) berhasil meraih tiket delapan besar usai menghentikan langkah pasangan Jerman. Sementara itu para srikandi Jepang di sektor ganda kembali kehilangan taji dan tak mampu lolos dari lawan-lawannya.

 

Seperti pertandingan pada babak sebelumnya, VeNdra yang lebih banyak mengandalkan penempatan-penempatan bola dan permainan akurat di depan net tidak tampil begitu agresif saat menantang ganda Jerman, Ingo Kindervater/Johannes Schoettler. Minimnya kesalahan sendiri yang dibuat oleh kedua pasangan membuat pertandingan berjalan cukup seru dan imbang meskipun VeNdra selalu berhasil memimpin perolehan poin setelah bersaing ketat di awal gim pertama.

 

Unggul dengan 11-6 saat jeda interval, VeNdra akhirnya tak terkejar dan menutup gim pertama, 21-13. Pertandingan nyaris berlangsung sama di gim kedua. Pertahanan Ingo/Johannes yang lebih solid kembali membuat perseteruan nyaris imbang dan bahkan duet Jerman sempat menempel perolehan poin VeNdra 10-11 saat jeda interval. Konsistensi untuk terus menekan di poin-poin kritis akhirnya kembali membuat ganda Indonesia unggul dan menamatkan set ini, 21-14.

 

Jika di hari pertama kita dikejutkan dengan tumbangnya beberapa unggulan sektor campuran, maka pada hari ini (17/11) empat pasangan putri Jepang dimana tiga diantaranya menempati posisi unggulan langsung rontok dan tak bersisa di perempatfinal. Jepang yang merupakan salah satu negara dengan regenerasi pemain putri terbaik selain China dan Korea kembali menuai kekalahan usai kegagalan yang juga sempat mereka ukir saat tur Eropa sesi kedua bulan Oktober yang lalu.

 

Duet unggulan ke-3, Mizuki Fujii/Reika Kakiiwa, gagal mengatasi perlawanan ganda Rusia, Valeri Sorokina/Nina Vislova dan dipaksa menyerah, 18-21, 19-21. Sementara itu, Shizuka Matsuo/Mami Naito (7) sempat unggul 21-19 atas ganda Korea, Jung Kyung Eun/Kim Ha Na. Namun kemudian harus bertekuk  di dua set berikutnya, 17-21,11-21.

 

Kekalahan juga harus dialami oleh ganda senior, Miyuki Maeda/Satoko Suetsuna (6) atas wakil Hongkong, Poon Lok Yan/Tse Ying Tsuet, 13-21, 20-22. Pada laga sebelumnya, junior mereka Misaki Matsumoto/Ayaka Takahashi tidak mampu melewati hadangan duo Taiwan, Cheng Wen Hsing/Chien Yu Chin dan terjungkal, 13-21, 13-21.

 

Usai menghempas ganda kuat Denmark, Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl, pasangan Rusia, Alexandr Nikolaenko/Valeri Sorokina kembali sukses menjaga konsistensi permainannya saat menjamu unggulan ke-5 asal Jerman, Michael Fuchs/Birgit Michel. Mental bertanding yang cukup baik di paruh akhir gim kedua membuat keduanya mampu memetik kemenangan dua set langsung, 21-15, 25-23.

 

Hasil kontras justru diukir oleh wakil Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying yang sehari sebelumnya mampu menghempas wakil Polandia, Robert/Nadiezda (7). Saat ditantang oleh wakil Korea yang juga menaklukkan Tantowi/Liliyana pada babak final turnamen Taipei Open GP Gold bulan September yang lalu, Ko Sung Hyun/Eom Hye Won, duet negeri jiran harus kandas dalam laga kurang dari 30 menit, 17-21, 15-21.

 

Dua Unggulan Terjungkal

 

Di sektor tunggal, dua pemain putra sudah langsung terhenti sebelum sempat mencicipi babak delapan besar. Du Pengyu (7) harus mengakui ketangguhan tunggal India, Gurusaidutt, 21-15. 7-21, 13-21 sedangkan Marc Zwiebler (8) melengkapi kegagalan beruntun yang diukir oleh wakil Jerman ketika tidak sanggup mengimbangi perlawanan tunggal Korea, Shon Wan Ho. Setelah berjuang hampir satu jam, Zwiebler akhirnya menyerah, 11-21, 21-11, 14-21.

 

Sementara itu pada nomor putri, Minatsu Mitani asal Jepang sempat memberikan perlawanan ketat atas unggulan teratas, Wang Yihan. Semengat juangnya mampu menempel ketat perolehan poin Yihan meskipun akhirnya harus kalah 18-21, 22-20, 16-21.

 

Pebulutangkis senior Taiwan, Cheng Shao Chieh (8) yang prestasinya sempat menurun usai cedera yang dialaminya pada turnamen Japan Open SS 2011 yang lalu, kali ini tampil lebih baik dibandingkan dengan dua turnamen Super Series sebelumnya. Setelah sukses melangkahi Sayaka Sato di babak pertama, Shao Chieh kembali unggul atas wakil Jepang lainnya, Eriko Hirose, 23-21, 21-14 (FEY).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: