Bulutangkismania's Weblog

November 20, 2011

Results Semifinal Round Hongkong Open SS 2011 : Jochim/Christinna Menuju Hattrick

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 6:58 am
Tags: , , , , , ,

Mendulang kesuksesan besar di dua turnamen sebelumnya dengan mendepak para unggulan China, duet Denmark Joachim/Christinna (3) kembali berhasil mengulang prestasinya pada turnamen kali ini. Sementara itu di sektor tunggal Tine Baun (8) juga sukses mengangkat nama Denmark setelah unggul atas tunggal nomor dua China, Wang Shixian (2).

 

Duet nomor satu Denmark, Joachim/Christinna kembali berhasil mengulang prestasinya seperti pada dua turnamen sebelumnya dengan melangkahi pasangan China, Xu Chen/Ma Jin (2). Bersaing ketat dengan selisih 1-2 poin sudah terjadi sejak awal gim pertama. Kedua pasangan terlihat cukup berhati-hati sehingga beberapa kali sempat melakukan kesalahan sendiri.

 

Aksi heroik Joachim/Christinna justru terjadi saat tertinggal 11-13 untuk kemudian mengoleksi 8 poin beruntun shingga mampu berbalik unggul dengan meningkatkan tempo serangan dan penempatan bola-bola yang akurat di depan net. Xu/Ma yang berada dalam posisi tertekan akhirnya menyerah 16-21 di gim pertama.

 

Konsistensi dari duo Denmark di gim kedua kembali menjadi kunci kesuksesan untuk memenangkan pertandingan. Meskipun ganda China mampu tampil lebih agresif untuk menyerang, pertahanan yang luar biasa dari Joachim/Christinna membuat keadaan berbalik dan menguntungkan bagi pasangan Denmark ketika banyak bola-bola pengembalian Xu/Ma yang tidak sempurna. Unggul 11-6 saat jeda interval, Joachim/Christinna akhirnya tak terkejar dan kembali berhasil merebut gim ini, 21-12.

 

Di partai puncak, pasangan Denmark akan kembali menatang ganda China lainnya, Zhang Nan/Zhao Yunlei (1). Meskipun mampu mengatasi perlawanan duo China ini, Joachim/Christinna harus bermain ketat rubber set pada dua turnamen sebelumnya, Denmark dan Perancis. Selain performa yang konsisten, duet Denmark ini dituntut untuk memiliki mental juara yang baik terutama saat menghadapi poin-poin kritis jika ingin mengulang prestasinya dan menciptakan prestasi ‘hattrick’ di tahun ini.

 

Zhang/Zhao sendiri melaju ke babak final usai mengandaskan perlawanan ganda Taiwan, Chen Hung Ling/Cheng Wen Hsing (4), 21-15, 21-12.

 

Di sektor putra, dua unggulan teratas dunia akan kembali bertemu, Fu Haifeng/Cai Yun (1) dan Jung Jae Sung/Lee Yong Dae (2). Fu/Cai mendapatkan kemenangan WO atas kompatriot mereka, Tao Jiaming/Zhang Nan sedangkan Jung/Lee menuai kemenangan mudah atas wakil Korea lainnya, Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seong, 21-10, 21-9. Catatan tiga kali kekalahan Fu/Cai atas Jung/Lee dalam tiga pertemuan terakhir keduanya menuntu performa yang lebih matang dari duo terbaik China ini jika ingin membalikkan keadaan.

 

Jika Jochim/Christinna masih berharap dapat mengoleksi gelar ketiganya secara beruntun di tahun ini, maka bagi Wang Xiaoli/Yu Yang (1) gelar pada turnamen ini akan menjadi yang ke-6 kalinya jika kembali mampu mengalahkan kompatriot mereka, Tian Qing/Zhao Yunlei (2). Wang/Yu yang melaju ke babak final usai mengandaskan pasangan Korea, Ha Jung Eun/Kim Min Jung, 21-18, 21-12 sedangkan Tian/Zhao memupus asa pasangan Denmark, Christinna Pedersen/Kamilla Rytter Juhl (8), 21-18, 21-13.

 

Dari tujuh kali pertemuan keduanya, Yu/Wang masih unggul 6-1 atas Tian/Zhao. Satu-satunya kekalahan yang diderita oleh Yu/Wang yaitu pada turnamen Malaysia Open SS 2011 awal tahun yang lalu ketika Tian/Zhao baru dikolaborasikan untuk yang pertama kalinya.

 

Tine Taklukkan Shixian

 

Pebulutangkis Denmark, Tine Baun berhasil mengulang prestasinya pada turnamen Singapore Open SS 2011 yang lalu dengan menaklukkan unggulan ke-2, Wang Shixian. Prestasi ini sekaligus mengantarkan Tine pada skenario serupa untuk bertemu Wang Xin (3) di partai final. Wang Xin sukses menumbangkan kompatriotnya Wang Yihan (1), 21-12, 21-18 sedangkan Tine merebut tiket final atas Shixian setelah mengalahkan srikandi negeri tirai bambu tersebut melalui laga rubber set.

 

Tidak seperti penampilan Shixian yang biasanya, kali ini Shixian lebih banyak bermain defensif dan beberapa kali melakukan kesalahan sendiri. Bahkan poion-poin yang berhasil dikoleksinya pada gim pertama sebagian besar diperoleh dari ‘unforced error’ yang dilakukan oleh Tine. Tampil dengan taktis dan serangan-serangan lugasnya, Tine mengunci Shixian di gim pertama, 21-10.

 

Shixian berhasil mengubah strategi permainannya dan lebih agresif di gim kedua setelah sempat tertinggal jauh 7-14 pada paruh awal set. Memanfaatkan pengembalian bola-bola Tine yang tidak sempurna, Shixian akhirnya mampu menyamakan kedudukan di angka 18. Seolah-olah mendapatkan momentum terbaiknya, Shixian berhasil memaksakan rubber set, 21-19.

 

Konsistensi Shixian ternyata tidak berlanjut di gim ketiga. Seperti pada gim kedua, Tine mengambil alih dominasi sejak awal pertandingan namun kali ini tidak memberikan kesempatan bagi Shixian untuk mengembangkan permainannya. Unggul 11-7 saat jeda interval, Tine terus meluncur 15-8 dan 20-10 sebelum akhirnya menamatkan gim ini, 21-13.

 

Meskipun dalam catatan dalam 8 kali pertemuan menghadapi Wang Xin, Tine belum pernah memetik kemenangan sekalipun namun pada momentum kali ini Tine cukup berpeluang untuk mengoleksi gelar Super Series perdananya di tahun 2011.

 

Duel rival lama di sektor putra antara Lee Choong Wei (1) dan Lin Dan (2) akhirnya dimenangkan oleh Lin Dan dengan 21-16, 21-14 sekaligus memperpanjang rekor kemenangannya atas tunggal asal negeri jiran tersebut. Di babak final, Lin Dan akan menantang wakil China lainnya, Chen Jin (6) setelah pada babak semifinal lainnya, tunggal nomor tiga negeri panda tersebut mengalahkan kompatiotnya, Chen Long (2), 21-14, 21-18.

 

Kekalahan Chen Long atas Chen Jin melahirkan banyak komentar pro-kontra yang diantaranya merupakan spekulasi tim China untuk mengamankan peringkat Chen Jin agar ‘memuluskan’ langkah trio Lin Dan, Chen Long dan Chen Jin lolos dalam kualifikasi Olimpiade London 2012 (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: