Bulutangkismania's Weblog

November 25, 2011

Results 2nd Round China Open Premier SS 2011 : ToLyn Tumbang, KiNdra Melenggang

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 8:23 am
Tags: , , , , , ,

Duet ganda Eropa kembali menjadi batu sandungan bagi wakil pebulutangkis tanah air. Kali ini, ToLyn dipaksa menyerah dua set langsung oleh pasangan Denmark, Thomas/Kamilla sedangkan KiNdra melaju dengan menghempas junior mereka, RyNgga. Di sektor putri, eksistensi pasangan muda kembali berhasil menggusur para seniornya.

 

Hanya dalam tempo setengah jam, duet yang baru saja meraih emas Sea Games 2011 yang lalu, Tantowi/Liliyana (ToLyn) takluk atas wakil senior Denmark, Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl. Pasangan Denmark yang sempat menurun performanya dalam beberapa turnamen terakhir paska cedera yang dialami Thomas, kali ini sukses menunjukkan kualitasnya sebagai mantan peringkat satu dunia pada awal tahun 2011 yang lalu.

 

ToLyn sempat berbalik unggul 13-9 di set pertama setelah sebelumnya tertinggal 3-7 pada awal gim. Unggul dalam mengolah bola-bola di depan net dan sanggup mengimbangi agresivitas serangan yang dilancarkan oleh Thomas/Kamilla, banyaknya kesalahan sendiri yang dilakukan oleh ToLyn kembali membuat mereka tertinggal 15-17 dan akhirnya menyerah 17-21.

 

Kesalahan sendiri yang dilakukan oleh pasangan Indonesia memberikan lebih dari 10 poin untuk ganda Denmark memberikan peluang cukup besar bagi Thomas/Kamilla untuk terus memimpin di gim kedua. Meskipun unggul dari sisi serangan, ToLyn masih sulit untuk mengembangkan permainan dan terus memberikan ‘poin mudah’ pasangan Denmark. Tertinggal cukup jauh 7-13 dan 11-17, ToLyn akhirnya terpaksa memberikan tiket kemenangan untuk wakil Denmark dan takluk 13-21.

 

Ikut mengalami nasib serupa adalah wakil tuan rumah unggulan kedua, Xu Chen/Ma Jin yang gagal menghentikan perlawanan ganda nomor satu negeri jiran, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying. Permainan menyerang dengan tempo cepat dan menekan menjadi andalan wakil Malaysia untuk memetik kemenangan 21-14 di gim pertama. Keadaan berbalik di gim kedua saat pasangan China yang mendominasi jalannya pertandingan dan sukses memaksakan rubber set, 21-11. Konsistensi Chan/Goh yang kembali teruji di gim ketiga mengantarkan keduanya pada sejarah kemenangan pertama kalinya atas Xu/Ma, 21-16.

 

Saling ‘bunuh’ antara sesama wakil Indonesia terjadi di sektor ganda putra antara Markis/Hendra (KiNdra, 8) dan junior mereka, Ryan/Angga (RyNgga). Sempat bangkit dan memberikan perlawanan ketat di paruh akhir set pertama, RyNgga mampu menyamakan kedudukan di angka 20 setelah sebelumnya tertinggal jauh 12-18. Namun kematangan KiNdra yang lebih baik akhirnya mengantarkan keduanya pada kemenangan 22-20.

 

Pada set kedua, RyNgga kembali mendapatkan memontum keduanya setelah senantiasa teringgal sejak awal pertandingan. Secara perlahan, RyNgga mampu memperkecil selisih poin dari 3-8 dan 7-10 menjadi berbalik unggul 13-12. Namun sayangnya peluang ini tidak mampu dimanfaatkan oleh RyNgga dan keduanya kembali tertinggal saat KiNdra mampu menyentuh poin-poin kritis 18-14. Sempat mencoba mengejar 16-18, KiNdra akhirnya menutup kesempatan ganda nomor dua Pelatnas ini, 21-17.

 

Yang Muda Berjaya

 

Para pebulutangkis muda China dan Jepang berhasil menunjukkan kualitasnya atas wakil senior Asia lainnya yang menempati unggulan di turnamen ini. Misaki Matsumoto/Ayaka Takahashi yang pada turnamen Denmark Open Premier SS yang lalu menghempas Cheng Shu/Pan Pan kali ini kembali membuat kejutan dengan menggulingkan senior mereka, Satoko Suetsuna/Miyuki Maeda (6). Sementara itu, Tang Jinhua/Xia Huan melangkahi wakil Korea, Ha Jung Eun/Kim Min Jung (4) dalam laga rubber set.

 

Laga 80 menit menghadapi sang senior, Satoko/Miyuki akhirnya sukses dimenangkan oleh Misaki/Ayaka setelah pada gim pertama tertinggal lebih dulu, 14-21. Sempat kembali tertinggal 16-19 pada gim kedua, ganda muda Jepang ini mampu menciptkanan momentum untuk meraih 5 poin beruntun dan memaksakan rubber gim, 21-19. Dominasi Misaki/Ayaka akhirnya tak terbendung di gim ketiga dengan mengantongi kemenangan 21-14.

 

Tang/Xia yang mengoleksi gelar Super Series perdana mereka pada turnamen China Masters SS 2011 yang lalu, kembali konsisten membuat kejutan dan melangkahi wakil-wakil unggulan di turnamen ini. Setelah di babak sebelumnya menghentikan pasangan Anneke/Nitya (AnNya), kali ini mereka tampil perkasa dengan menundukkan ganda nomor satu Korea, Ha Jung Eun/Kim Min Jung. Tang/Xia tertinggal 17-21 lebih dulu di gim pertama. Namun keduanya sukses membalas kekalahan mereka di dua set berikutnya, 21-17, 21-10.

 

Langkah Tang/Xia sayangnya tidak diikuti oleh kompatriot mereka, Xie Jing/Yixin Bao. Menantang unggulan ke-7 asal Jepang, Shizuka Matsuo/Mami Naito, Xie/Yixin harus menelan kekalahan, 18-21, 13-21 (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: