Bulutangkismania's Weblog

November 26, 2011

Results Quarterfinal Round China Open Premier SS 2011 : KiNdra Terjungkal

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 7:36 am
Tags: , , , , , ,

Setelah berjibaku ketat selama 72 menit, pasangan andalan Indonesia yang tersisa di turnamen ini, Markis/Hendra (KiNdra, 8) akhirnya menyerah di tangan wakil Denmark, Mathias/Carsten (3). Sementara itu di sektor putri, para pebulutangkis Jepang masih kalah bersaing dengan pasangan tuan rumah dan menyisakan satu wakilnya ke babak 4 besar.

 

Banyakanya kesalahan sendiri yang dilakukan oleh KiNdra di gim pertama menjadi penyebab kekalahan ganda nomor dua Indonesia ini meskipun keduanya lebih unggul dan mendominasi dalam serangan. Selalu tertinggal sejak awal set pertama, KiNdra akhirnya mampu memperkecil selisih poin 14-15 dan menyamakan kedudukan di angka 20 ketika tampil konsisten untuk menekan pertahan ganda Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen. Namun sentuhan akhir yang kurang sempurna membuat Denmark kembali memimpin, 22-20.

 

Perseteruan menjadi jauh lebih imbang di gim kedua ketika masing-masing pasangan berusaha untuk menurunkan bola dan saling menekan. Serangan demi serangan yang dilancarkan berpadu dengan pertahanan yang cukup kokoh dari masing-masing pasangan. Saling mengejar dengan selisih maksimal tiga poin berlangsung hingga akhir gim sebelum ditutup oleh KiNdra, 23-21.

 

Seperti pada gim sebelumnya, ketatnya persaiangan kedua pasangan kembali terurai pada set penentuan. Meskipun Mathias/Carsten mampu unggul satu angka dalam sebagian besar perolehan poin, KiNdra yang lebih terampil mengolah serangan terus mampu membuntuti hingga kedudukan 20-20. Dan di titik inilah dilematis terjadi ketika lima kali ‘match point’ yang berhasil diciptakan oleh KiNdra gagal diselesaikan dengan sempurna yang beberapa diantaranya disebabkan karena kesalahan sendiri. Keberuntungan akhirnya berbalik untuk Denmark ketika mampu unggul 26-25 dan akhirnya menamatkan set ini, 28-26.

 

Hasil ini mempertemukan Mathias/Carsten dengan unggulan ke-2, Jung Jae Sung/Lee Yong Dae yang melaju ke 4 besar usai menghentikan perlawanan Chai Biao/Guo Zhendong, 21-16, 21-13. Peluang terjadinya partai final antara sesama pasangan Korea pun terbuka lebar ketika Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seong (4) sukses menghempas wakil Malaysia, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong, 18-21, 21-12, 21-17 untuk menantang wakil Jepang, Naoki Kawamae/Shoji Sato, yang memperoleh kemenangan ‘gratis’ dari unggulan teratas, Fu Haifeng/Cai Yun setelah pasangan China tersebut memutuskan untukmengundurkan diri.

 

Duet campuran Denmark, Joachim/Christinna (3) masih terus berhasil memelihara peluang mereka untuk melaju ke partai final setelah memetik kemenangan atas duo muda Thailand, Maneepong Jongjit/Savitree Amitapai, 21-17, 21-15. Di babak empat besar, ganda terbaik Eropa ini akan kembali menantang wakil Thailand lainnya, Songphon/Kunchala (7) setelah mengalahkan ganda campuran nomor satu negeri jiran, Chan Peng Soon/GohLiu Ying, 22-20, 21-17.

 

Tiket final lainnya akan diperebutkan oleh sesama pasangan China, Zhang Nan/Zhao Yunleu (1) dan Jiaming Tao/Xia Huan. Zhang/Zhao menjinakkan wakil Taiwan, Chen Hung Ling/Cheng Wen Hsing (5), 21-13, 17-21, 21-17 sedangkan Jiaming/Xia memupus harapan Thomas/Kamilla, 21-16, 22-20. Sukses Jiaming Tao bersama Xia Huan seolah-olah menutup peluang bagi Tian Qing untuk berduet kembali dengan partner lamanya tersebut.

 

Mizuki/Reika Diantara Dominasi China

 

Dominasi pasangan tuan rumah sepertinya masih sulit dibendung oleh ganda putri dunia lainnya. Dua pasangan Jepang yang mencoba untuk melumpuhkan eksistensi wakil China seolah-olah tak mampu berbuat banyak dan kalah dalam laga dua set.

 

Duet Misaki/Ayaka yang sehari sebelumnya menuai kemenangan atas senior mereka, Satoko/Miyuki kali ini justru menyerah dua set atas duo China, Tang Jinhua/Xia Huan, 19-21, 12-21. Sedangkan ganda Jepang lainnya, Shizuka Matsuo/Mami Naito (7) tersungkur saat menghadapi unggulan ke-2, Tian Qing/Zhao Yunlei (2), 10-21, 7-21.

 

Selain memastikan satu tempat di final, China juga masih berpeluang besar untuk menciptakan ‘All Chinese Final’ setelah unggulan teratas, Wang Xiaoli/Yu Yang meraih kemenangan mudah atas kompatriot mereka, Cheng Shu/Pan Pan, 21-11, 21-9. Keduanya akan menantang satu-satunya wakil non China di sektor ini, Mizuki Fujii/Reika Kakiiwa (3) yang berhasil menundukkan duet India, Jwala Gutta/Ashwini Ponnappa, 22-20, 21-11 (FEY).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: