Bulutangkismania's Weblog

November 27, 2011

Results Semifinal Round China Open Premier SS 2011 : Simon Tumbang, Indonesia Habis

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 7:01 am
Tags: , , , , , , ,

Kekalahan Simon Santoso atas wakil China, Chen Long (2) menutup kemungkinan bagi Indonesia untuk menambah koleksi gelar (runner up atau juara) pada turnamen Super Series pamungkas di tahun ini. Pebulutangkis China, Wang Xin (3) yang pekan lalu mencetak sejarah sebagai tunggal putri pertama dunia yang mengoleksi tiga gelar Super Series secara beruntun kembali sukses melaju ke partai puncak untuk menantang Wang Yihan (2).

 

Smash-smash keras yang menjadi andalan Simon di laga sebelumnya kali ini justru tidak mampu menghasilkan satu poinpun bagi Simon di gim pertama saat menantang unggulan ke-2, Chen Long. Meskipun berhasil dalam penempatan bola-bola di depan net, Chen Long yang nyaris mendominasi di semua lini sulit untuk terkejar setelah Simon sempat unggul 11-10 sebelum jeda interval. Simon yang kembali tertinggal 11-15 dan 13-18 akhirnya menyerah 14-21 di gim pertama.

 

Smash-smash overhead yang menjadi andalan Chen Long terus berhasil menuai poin demi poin bagi tunggal China tersebut di gim kedua. Memimpin sejak awal set hingga kedudukan 8-2, 12-5 dan 15-7, perolehan angka Chen Long sama sekali tak tersentuh oleh Simon hingga menutup set kedua, 21-14.

 

China akhirnya memastikan gelar ke-3 nya di turnamen ini setelah pada laga selanjutnya, Lin Dan (3) sukses mengulang prestasi pekan sebelumnya dengan menaklukkan Lee Chong Wei (1), 19-21, 21-12, 21-11 dalam pertarungan berdurasi 75 menit.

 

Wang Xin, Berburu Gelar ke-5

 

Sukses mencatat sejarah bulutangkis dunia pada turnamen pekan lalu di Hong Kong sebagai tunggal putri pertama yang mencetak ‘hattrick’, Wang Xin yang pada babak semifinal ini menantang Li Xuerui akhirnya melaju ke partai puncak setelah melewati laga cukup ketat selama 55 menit.

 

Menjadi kampiun pada turnamen Singapore Open SS 2011 namun kalah dini pada babak pertama turnamen Indonesia Open SS 2011, konsistensi seorang Wang Xin sempat diragukan diantara pemain tunggal China lainnya. Namun keraguan itu berhasil dijawabnya dengan kesuksesan mengantongi 3 gelar beruntun di turnamen Denmark Open Permier SS 2011, French Open SS 2011 dan Hongkong Open SS 2011 sekaligus mencatatkan namanya dalam sejarah bulutangkis sebagai tunggal putri pertama dunia yang mampu melakukan hal tersebut.

 

Dihadang oleh juniornya, Li Xuerui pada babak semifinal hari ini (26/11), Wang Xin sempat nyaris terjegal pada gim ketiga namun tunggal ke-3 China tersebut yang bermain lebih tenang akhirnya berhasil merebut tiket final dan berpeluang untuk meraih gelar Super Seriesnya yang ke-5 di tahun ini.

 

Li Xuerui lebih dulu menutup set pertama 21-15 setelah unggul jauh 15-9 dengan pengembalian bola-bola pendeknya. Namun Xin mampu bangkit di gim kedua setelah lebih dulu tertinggal 5-10 dan akhirnya berbalik memimpin 16-14. Beberapa kesalahan sendiri yang dilakukan oleh Xuerui memuluskan langkah Xin untuk merebut kemenangan 21-18.

 

Keuletan seorang Wang Xin akhirnya teruji di set ketiga. Xuerui yang mendominasi jalannya pertandingan gim ketiga dengan agresi smash-smashnya justru tidak konsisten dan kembali melakukan ‘unforced error’ pada poin-poin kritis. Keadaan kembali berbalik untuk keunggulan Wang Xin 20-19 setelah sebelumnya tetringgal cukup jauh, 10-16. Meskipun Xuerui sempat menggagalkan ‘match point’ Wang Xin dan berbalik unggul 21-20, kematangan permainan Wang Xin membuatnya mampu menuai kemenangan 23-21.

 

Wang Yihan sendiri melaju ke babak final setelah menghempas komaptriotnya, Liu Xin melalui laga rubber set, 21-13, 19-21, 21-16. Catatan dua kali kemenangan yang diukir Xin atas Yihan di laga sebelumnya bisa menjadi modal awal yang sempurna untuk menguatkan mental dan kepercayaan dirinya (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: