Bulutangkismania's Weblog

Desember 15, 2011

Results Day 1 World SS Finals 2011 : Jalan Terjal Taufik dan Simon

Berada satu grup bersama Lin Dan dan Chen Long membuat langkah Taufik akan menjadi lebih berat untuk bisa melaju ke babak semifinal. Sedangkan Simon hanya berpeluang jika mampu membuat kejuatan atas Peter Gade atau Lee Chong Wei. Sementara itu Sung Ji Hyun kembali membuktikan diri sebagai salah satu ‘kuda hitam’ terbaik dalam mendobrak dominasi para pebulutangkis putri China.

 

Berada satu grup “B” bersama Lin Dan dan Chen Long membuat jalan terjal bagi Taufik Hidayat untuk bisa melaju ke babak semifinal pada turnamen yang berhadiah total US$ 500.000 ini. Pemanasan di laga perdana mempertemukan Taufik dan tunggal Jepang, Kenichi Tago. Catatan 4 kali kemenangan Taufik atas Tago di laga sebelumnya membuat Taufik tampil percaya diri di gim pertama. Tago yang lebih unggul dari sisi pengembalian bola-bola netting menempel ketat perolehan poin Taufik yang mendominasi paruh akhir set kedua. Memimpin dengan 14-9 dan 19-15, Taufik menutup set ini lebih dulu 21-19.

 

Peenempatan bola-bola akurat Tago di depan net menjadi sumber perolehan poin bagi tunggal Jepang tersebut untuk setelah sebelumnya tertinggal jauh 3-10 dan 6-13 dari dominasi smash-smash keras Taufik. Perlahan namun pasti Tago akhirnya mengejar ketertinggalannya dan mendapatkan momentum untuk bangkit, 16-15. Tiga poin beruntun yang dikoleksi oleh Taufik kembali menyiratkan harapan bagi tunggal Indonesia ini untuk meraih kemenangan ‘straight set’. Namun beberapa kesalahan yang dilakukan oleh Taufik mengubur asa kemenangan ketika Tago sukses mengumpulkan 5 angka berturut-turut dan mengunci Taufik, 21-19.

 

Tidak seperti dua gim sebelumnya, agresivitas Taufik pada set ketiga menurun drastis ketika tunggal peringkat  10 dunia tersebut hanya bermain dengan pola bertahan dan banyak melakukan kesalahan sendiri. Berada di atas angin, Tago akhirnya tak terbendung dan mengontrol penuh jalannya pertandingan hingga memastikan kemenangan 21-7.

 

Kekalahan atas Kenichi Tago membuat posisi Taufik menjadi kian terjepit dan langkah Taufik menuju babak semifinal akan semakin terjal. Di dua laga selanjutnya Taufik harus memetik salah satu kemenangan dari Lin Dan ataupun Chen Long agar bisa mempertahankan asa ke babak selanjutnya. Sementara itu Lin Dan memetik kemenangan perdananya atas Chen Long, 21-15, 19-21, 21-17.

 

Di grup berbeda, Simon Santoso juga tidak mampu meladeni permainan cemerlang tunggal Denmark, Peter Gade. Banyaknya kesalahan sendiri yang dilakukan oleh Simon membuat Gade unggul relatif mudah, 21-13 pada gim pertama. Memasuki gim kedua, Gade lebih mampu mengembangkan permainan dan agresif menyerang sedangkan Simon tidak mampu keluar dari tekanan dan kembali tertinggal 9-21.

 

Kemenangan juga diraih Lee Chong Wei atas wakil Jepang, Sho Sasaki. Meskipun harus melewati laga rubber set, Chong Wei akhirnya membukukan kemenangan 21-11, 18-21, 21-12. Simon harus mampu meraih kemenangan atas Chong Wei pada laga hari ini jika ingin memperbesar peluangnya ke babak semifinal.

 

Ji Hyun Hempaskan Yihan

 

Tunggal Korea, Sung Ji Hyun kembali membuat kejutan besar dalam karirnya dengan mengalahkan tunggal andalan China, Wang Yihan. Kemenangan Ji Hyun atas Yihan tidak diduga sebelumnya setelah srikandi Korea tersebut menalan kekalahan 13-21 pada gim pertama dan senantiasa tertinggal hingga kedudukan 6-12. Namun mental bertanding yang baik membuat Ji Hyun mampu bangkit dan mendapatkan momentum dengan menyamakan kedudukan di angka 14 dan berbalik unggul 15-14.

 

Permainan memukau Ji Hyun di depan net membuat wakil Korea ini mampu mengumpulkan 6 angka beruturut-turut sehingga mengubah kedudukan dari tertinggal 15-16 hingga memaksakan rubber game, 21-16.

 

Konsistensi Ji Hyun kembali teruji pada gim ketiga. Yihan menguasai penuh jalannya pertandingan hingga kedudukan 11-6, 14-8,  17-11 dan 19-17 dari serangan-serangan yang akurat dan penempatan bola-bola tak terduga. Namun saat memasuki akhir set, skenario set kedua kembali sukses diperankan oleh Ji Hyun dengan penempatan bola-bola akurat sehingga menghasilkan  4 poin beruntun dan memupus harapan Yihan, 21-19.

 

Harapan Yihan untuk meraih kemangan akhirnya tertuju pada dua pertandingan selanjutnya saat menantang Tine Baun pada esok hari (15/12) dan Juliane Schenk sehari kemudian.  Tine sendiri memenangkan duel menghadapi Juliane pada laga hari ini dengan dua set langsung, 21-12, 21-11.

 

Pada grup B, Wang Xin masih memimpin klasemen prolehan poin dengan mencatat satu kali kemenangan ‘straight set’ atas Sayaka Sato, 21-7, 21-9. Sedangkan Saina Nehwal menyusul di bawah Wang Xin setelah menundukkan tunggal Korea, Bae Youn Joo, 21-14, 17-21, 21-14. Kemenangan ini sekaligus membalas kekalahan dini Saina atas Youn Joo pada babak pertama turnamen China Open Premier SS 2011 yang lalu (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: