Bulutangkismania's Weblog

Januari 8, 2012

Results Semifinal Round Korea Open SS Premier 2012 : Korea Buka Tiga Peluang

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 6:17 am
Tags: , , , , , , , , , , , , ,

Sang tuan rumah akhirnya berhasil membuka tiga peluang untuk meraih gelar di sektor ganda setelah sukses meloloskan tiga pasangannya ke babak final. Lee Yong Dae dan Ha Jung Eun kembali menjadi bintang di dua nomor dan akan menghadapi wakil negeri China di depan pendukung setianya besok (08/01/2012). China mendominasi sektor tunggal putri, sedangkan dua rival papan atas tunggal putra dunia dipastikan akan kembali saling beradu.

 

Meskipun Korea sempat membuka peluang terjadinya final antara sesama pemain tuan rumah, ambisi tersebut berhasil digagalkan oleh para pebulutangkis senior China. Duet Lee Yong Dae/Ha Jung Eun membuka pintu awal kesuksesan para pemain tuan rumah setelah berhasil menghempas wakil Rusia, Alexandr Nikolaenko/Valeri Sorokina.

 

Duet yang sukses menjungkalkan duo China, He Hanbin/Bao Yixin di laga sebelumnya tersebut hanya mampu meladeni permainan taktis Lee/Ha pada gim pertama dan paruh awal gim kedua. Saling mengejar poin dan agresif dalam menyerang menjadikan pertandingan ini cukup imbang sebelum akhirnya ditutup oleh Lee/Ha 21-18. Susul-menyusul poin kembali terjadi di paruh awal set kedua, hingga kedudukan 9-9, meskipun kali ini ini lebih sering didominasi oleh Lee/Ha. Unggul jauh 14-10 dan 19-12, Lee/Ha akhirnya memastikan tiket final dengan mengunci tandem Rusia, 21-15.

 

“Pertandingan ini lebih pendek dari yang saya perkirakan,” ungkap Lee yang sempat merasa gugup pada awal gim pertama.

 

“Saya belum pernah melaju ke babak final di Korea Open, jadi tidak ada beban sama sekali,” papar Ha Jung Eun. “Tapi Yong Dae pernah menang di sini dan akan banyak fans yang berhadarap kepadanya sehingga akan membuatnya termotivasi, jadi saya pikir kita akan mampu bermain baik di final,” lanjut Jung Eun kemudian.

 

Duet China, Xu Chen/Ma Jin (2) akan menjadi lawan Lee/Ha di partai puncak setelah ganda nomor dua China tersebut berhasil menghempas pasangan nomor satu Eropa, Joachim Fischer/Christinna Pedersen, 21-17, 21-8.

 

Ha Jung Eun yang berpasangan dengan Kim Min Jung di sektor ganda putri juga menuai kesuksesan dan membuat kejutan atas dominasi para pebulutangkis China. Menantang unggulan teratas, Wang Xiaoli/Yu Yang, Ha/Kim yang sempat kehilangan set pertama dengan relatif mudah, 12-21 mampu bangkit dan mendominasi di dua set berikutnya. Duel yang memperagakan smash-smash keras dan pertahanan yang solid ini akhirnya dimenangkan oleh Ha/Kim, 21-15, 21-17.

 

“Kita pernah 6 kali dikalahkan oleh mereka tapi ini kali pertama kita menghadapi mereka di Korea sehingga membuat kita bermain lebih nyaman,” ujar Ha Jung Eun usai pertandingan. “Dan menurut saya pasangan China kurang sabar untuk menang,” tambahnya kemudian.

 

“Pertahanan kita kali ini cukup baik, tapi rotasi mereka sangat cepat bahkan di saat kita memiliki kesempatan untuk menyerang mereka mampu kembali menutup posisi dengan sempurna sehingga reli-reli berlangsung cukup panjang,” cerita Kim Min Jung yang di tahun Olimpiade 2012 ini berambisi untuk mencetak kemenangan atas salah satu pasangan China.

 

Meskipun Korea berpeluang untuk menciptakan all-Korea final, harapan China lainnya, Tian Qing/Zhao Yunlei (2) mampu memupuskan harapan tersebut dengan mendepak Jung Kyung Eun/Kim Ha Na melalui pertarungan rubber gim, 24-26, 21-5, 21-13.

 

Ulangan partai final Korea Open SS 2010 antara peraih 3 kali mahkota turnamen ini, Jung Jae Sung/Lee Yong Dae (2) dan Fu Haieng/Cai Yun (1) akan kembali tersaji besok setelah masing-masing memetik kemenangan atas lawan-lawannya.

 

Jung/Lee melenggang ka babak final setelah menundukkan kompatriot mereka, Kim Ki Jung/Kim Sa Rang, 21-15, 27-25 sedangkan Fu/Cai sukses membalas kekalahan mereka pada turnamen Super Series Finals yang lalu atas ganda Korea lainnya, Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seong (4), 21-13, 21-14.

 

Tunggal Putri Milik China

 

Kekalahan pemain tuan rumah, Bae Youn Joo atas Wang Shixian (2) akhirnya memupuskan harapan untuk menghalau dominasi para pebulutangkis putri China. Meskipun terjadi kejutan dengan tumbangnya Wang Yihan (1), gelar sektor tunggal putri tetap dipastikan akan menjadi milik China.

 

Menghadapi Wang Shixian, Youn Joo hanya mampu mengimbangi permainan agresif Shixian pada awal gim pertama dan kedua. Memasuki paruh akhir set pertama dan kedua, Shixian menjadi tak terbendung dan memastikan kemenangannya, 21-15, 21-16.

 

Jiang Yanjiao (6) akhirnya berhasil membuat kejutan di partai semifinal lainnya dengan menghempas wang Yihan (1). Kalah prestasi di bandiingkan dengan trio Wang di tahun 2011, Yanjiao yang juga kerap didera cedera kambuhan mengukir awal tahun 2012 dengan prestasi manis menekuk Wang Yihan, 21-13, 21-19. Meskipun kalah agresif dibandingkan Yihan, keuletan permainan Yanjiao dan penempatan bola-bolanya yang akurat menjadi kunci kemengan tunggal ke-4 China ini.

 

Seperti yang sudah diprediksi sebelumnya, sektor tungga putra akan menjadi ulangan final Korea Open SS Premier 2011 yang lalu antara Lee Chong Wei (1) dan Lin Dan (2). Dua rival lama ini akan kembali berseteru setelah Chong Wei memastikan diri ke partai puncak dengan memetik kemenangan mudah atas Du Pengyu, 21-8, 21-13 sedangkan Lin Dan melangkahi wakil terakhir negeri sakura, Sho Sasaki (6), 21-16, 21-14 (FEY).

1 Komentar »

  1. Semoga tidak hanya di di Korea saja Ha Jung-eun/Kim Min-jung bisa mengalahkan Wang Xiaoli/Yu Yang, tapi di luar Korea juga, kalau perlu di kandang mereka di China. Semoga kemenangan Ha Jung-eun/Kim Min-jung atas Wang Xiaoli/Yu Yang ini bisa diikuti oleh WD-WD non China lainnya, alangkah bahagia sekali jika itu WD Indonesia, terutama Anneke Feinya Agustine/Nitya Krishinda Maheswari.

    Komentar oleh feiza — Januari 8, 2012 @ 10:39 am | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: