Bulutangkismania's Weblog

Januari 13, 2012

Results 2nd Round Malaysia Open SS 2012 : Simon dan Taufik Lolos

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 9:50 am
Tags: , , , , , , , , , , ,

Indonesia sukses menempatkan dua wakilnya di sektor tunggal putra babak perempatfinal turnamen Malaysia Open SS 2012. Kekalahan yang dialami oleh Ji Hyun (7) dan Youn Joo atas tunggal putri China mengalihkan harapan untuk mendobrak dominasi China kepada trio Saina (4), Tine (5), dan Juliane (8).

 

Meskipun Taufik Hidayat akan menemui jalan berat di babak perempatfinal dan bertemu dengan tunggal teratas sekligus harapan terbesar publik tuan rumah, Lee Chong Wei, namun kemenangan yang diraih Taufik pada hari ini atas unggulan ke-8 asal Vietnam, Nguyen Tien Minh, menyiratkan bahwa tunggal Indonesia peraih emas Olimpiade Athena 2004 tersebut masih menyisakan harapan besar untuk bisa tampil maksimal dan lolos kualifikasi Olimpiade London 2012.

 

Taufik yang mendominasi dari sisi serangan dan strategi penempatan bola merebut tiket delapan besar dengan membukukan kemenangan 21-11, 21-14 atas Nguyen. Sementara itu Chong Wei menaklukkan tunggal Jepang, Kazushi Yamada, 21-8-21-18.

 

“Saat ini saya memiliki motivasi yang lebih tinggi karena ingin bertanding terakhir kalinya di olimpiade. Saya juga bersyukur bahwa pelatih, sponsor serta keluarga saya masih mendukung dan percaya bahwa saya bisa bangkit kembali,” kata Taufik usai pertandingannya.

 

Ketika ditanya peluangnya menghadapi Chong Wei, Taufik berujar, “Sekarang ini era nya Chong Wei, dia tunggal nomor satu dunia. Permainannya sedang bagus dan prestasinya pun banyak. Apalagi dia bermain di depan publiknya, saya akan mencoba semaksimal mungkin.”
“Peter Gade hari ini kalah dari Tago, semua tidak bisa diduga. Begitu juga pertandingan saya dan Chong Wei, kita lihat saja besok di lapangan,” tambahnya kemudian.

 

Kejutan sektor tunggal putra ternyata tidak dialami oleh Peter Gade (4) yang menyerah 21-19, 11-21, 16-21 atas tunggal Jepang, Kenichi Tago. Namun juga dialami oleh tunggal terbaik China, Lin Dan (2) yang dihempas oleh wakil Demark, Jan O Jorgensen, 21-14, 15-21, 15-21. Kemenangan ini sekligus menjadi pembuktian konsistensi ucapan Jorgensen pada turnamen Kore Open SS Premier 2012 pekan lalu yang ingin berprestasi jauh lebih baik di tahun ini.

 

Langkah Taufik juga diikuti oleh wakil merah putih lainnya, Simon Santoso (7) setelah tunggal teratas Indonesia tersebut meraih kemenangan atas kompatriotnya, Tommy Sugiarto. Tommy yang sempat memberikan perlawanan kepada Simon di paruh awal set pertama dan kedua akhirnya menyerah 18-21, 15-21.

 

Cedera yang dialami oleh Hayom Rumbaka saat menghadapi wakil China, Chen Jin (5) memaksanya untuk tidak melanjutkan pertandingan setelah tertinggal 11-21 pada gim pertama. “Otot paha dalam sebelah kanannya tertarik, jadi tidak bisa melanjutkan pertandingan,” ungkap sang pelatih, Agus Dwi Santosa.

 

“ Sebenarnya Hayom sudah merasakan ini ketika melawan Hafiz kemarin, namun dia tahan dan ingin mencoba bermain dulu hari ini. Di awal tadi sepertinya Hayom bisa mengimbangi Chen Jin, tapi karena cedera ini dia agak susah mengambil bola-bola belakang hingga ketinggalan jauh,” lanjut Agus kemudian.

 

Trio Saina, Tine dan Juliane Melenggang

 

Kekalahan yang dialami oleh dua tunggal Korea, Bae Youn Joo dan Sung Ji Hyun (7) membuat sorotan publik untuk mematahkan dominasi para pebulutangkis China akhirnya tertuju pada trio Saina Nehwal (4), Tine Baun (5) dan Juliane Schenk (8).

 

Sung Ji Hyun yang menghadapi tunggal ke-5 China, Li Xuerui, sempat memberikan perlawanan ketat pada gim kedua setelah tertinggal 13-21 pada set pertama. Ji Hyun yang unggul 12-9 dan 14-12 tidak mampu mempertahankan ritme permainannya hingga akir gim kedua. Xuerui kembali memimpin 15-14 dan 6 poin beruntun yang berhasil dikoleksinya membuat Xuerui kembali unggul 21-15.

 

Kekalahan juga dialami oleh tunggal putri Korea lainnya, Bae Youn Joo ketika menantang Wang Yihan (1). Tidak seperti pada penampilannya pekan lalu, Youn Joo kali ini tidak mampu mengembangkan permainan dan terpaku pada ritme Wang Yihan. Dengan mudahnya, Yihan mengubur tunggal kedua Korea tersebut, 12-21, 8-21.

 

Kekalahan dua tunggal Korea membuat fokus publik bulutangkis dunia untuk mendobrak dominasi para tunggal putri China akhirnya beralih kepada tunggal non China lainnya, Saina Nehwal, Tine Baun, dan Juliane Schenk.

 

Juliane Schenk melaju ke perempatfinal dengan membungkam wakil tuan rumah, Tee Jing Yi, 21-18, 21-6 sedangkan Saina Nehwal menekuk ‘kuda hitam’ lainnya asal Taiwan, Cheng Shao Chieh, 21-19, 21-8. Tine Baun asal Denmark membuka konfrontasi awal dengan tunggal China, Lui Xin dan mencatat kemenangan 21-16, 21-15.

 

Di pertandingan selanjutnya, Saina dan Tine akan saling beradu untuk tiket semifinal dengan Juliane akan menantang Wang Shixian (3) dan berharap dapat mengulang prestasinya pada babak perempatfinal Japan Open SS 2011 yang lalu (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: