Bulutangkismania's Weblog

Januari 14, 2012

Result Quarterfinal Round Malaysia Open SS 2012 : Tunggal Indonesia Habis

Dua arjuna Indonesia yang berlaga di babak delapan besar turnamen Malaysia Open SS 2012 akhirnya menemui jalan buntu dan tak mampu menggenggam tiket semifinal. Di sektor putri, Saina Nehwal (4) menjadi satu-satunya pebulutangkis tersisa yang mencoba untuk mematahkan hegemoni tunggal China lainnya.

 

Taufik Hidayat yang mencoba untuk menantang tunggal teratas tuan rumah, Lee Chong Wei (1) di depan publiknya sendiri akhirnya harus dipaksa tumbang dalam laga dua set. Kalah dari sisi serangan dan beberapa kesalahan sendiri yang dilakukan oleh Taufik membuatnya takluk 9-21 di gim pertama. Pada gim kedua, Taufik mampu tampil agresif dan memanfaatkan kelengahan Chong Wei untuk mengembangkan permainannya.

 

Tunggal kedua Indonesia tersebut sempat unggul 10-6 dan 13-10. Namun Chong Wei mampu bangkit dan mengimbangi Taufik hingga terjadi saling mengejar poin sampai dengan kedudukan 18-18. Antiklimaks Taufik akhirnya berujung disini ketika Chong Wei merebut 3 angka beriringan dan mengunci Taufik 18-21.

 

Di laga empat besar, peraih mahkota Malaysia Open selama 4 kali berturut-turut  ini akan menjejal  Chen Long (3) setelah tunggal ke-2 China tersebut menyabet tiket semifinal dari tunggal Jepang, Sho Sasaki (6), 19-21, 17-21. Jika mampu mempertahankan gelarnya pada tahun ini, Chong Wei akan menyamai sejarah yang pernah diukir oleh legendaris Singapura era 50-an, Wong Peng Soon.

 

Tunggal Denmark yang sempat membuat kejutan di babak kedua kemarin dengan menjungkalkan unggulan ke-2, Lin Dan ternyata harus tersungkur ketika kembali dipertemukan dengan wakil China lainnya, Chen Jin (5). Jorgensen yang mengakui bahwa mengalahkan ‘Super’ Dan merupakan prestasi terbesar sepanjang karir bulutangkisnya sempat mengimbangi permainan Chen Jin pada gim kedua setelah terhempas 16-21 pada gim pertama.

 

Aksi heroik Jorgensen pada gim kedua setelah tertinggal 5-12 dan 9-14 memukau publik Putra Stadium yang terus memberikan dukungan sejak pertandingan babak sebelumnya. Menyamai jejak Chen Jin hingga kedudukan 20-20, Jorgensen mendapatkan momentum terbaiknya untuk berbalik unggul dan memaksa rubber gim, 22-20.

 

Daya serang Jorgensen yang menurun pada gim ketiga menumbuhkan kembali motivasi tanding seorang Chen Jin. Meskipun Jorgesen tetap berusaha untuk tampil agresif menyerang, Chen Jin yang tampil lebih konsisten berhasil memuntahkan bola-bola pengembalian Jorgesen dengan sempurna dan meraih kemenangan 21-6. Di babak selanjutnya, Chen Jin akan menjamu wakil Jepang, Kenichi Tago yang sukses menundukkan tunggal Indonesia, Simon Santoso (7).

 

Simon yang sempat tertinggal 8-12 pada gim pertama perlahan mampu menyamakan Tago di angka 13 yang lebih unggul dalam serangan. Namun dominasi Tago kembali tak terbendung dan akhirnya melumat Simon, 15-21. Agresi Tago kian gencar pada gim kedua membuat Simon tak berkutik dan tidak mampu mengembangkan permainan sehingga memaksanya kembali tersungkur, 9-21.

 

Saina Diantara Hegemoni China

 

Di sektor putri, dominasi para pebulutangkis negeri tirai bambu masih tak tergoyahkan dan menyisakan Saina Nehwal (4) dinatara 3 wakil China lainnya di babak semifinal. Saina melaju ke empat besar setelah mengalahkan tunggal Denmark, Tine Baun (5), 21-13, 23-21, 21-13.

 

China berhasil menempatkan trio Wang ke babak semifinal dan mengepung Saina dengan menyingkirkan lawan-lawannya. Kemenangan pertama diraih oleh Wang Xin (2) dengan menundukkan Jiang Yanjiao (6), 21-15, 21-19. Di babak semifinal, Xin akan kembali menghadapi kompatriotnya Wang Shixian (3) setelah Shixian berhasil melangkahi ‘kuda hitam’ asal Jerman, Juliane Schenk (8), 21-15, 21-19.

 

Saina Nehwal sendiri akan menantang Wang Yihan (1) untuk memperebutkan tiket partai final. Yihan memastikan tempatnya di semifinal dengan mengalahkan rekan senegaranya, Li Xuerui, 21-13, 21-15 (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: