Bulutangkismania's Weblog

Januari 14, 2012

Results Quarterfinal Round Malaysia Open SS 2012 : ToLyn Ke Semifinal

Diantara dua wakil ganda Indonesia yang berlaga di babak perempatfinal, hanya satu yang mampu lolos ke semifinal. Tantowi/Liliyana (4) menjadi asa yang tersisa dan akan menghadapi Xu Chen/Ma Jin (2) di empat besar. Sementara itu inkonsistensi yang dialami Markis/Hendra (8) pekan lalu kembali tersaji pada turnamen ini saat menghadapi lawan yang sama.

 

Meskipun sempat mengalami kesulitan meredam perlawanan duo muda Thailand, Maneepong/Savitree pada gim pertama, Tantowi/Liliyana (ToLyn) yang mencoba bermain agresif justru mampu terimbangi oleh penempatan bola-bola yang akurat dari ganda Thailand. Saling memimpin dan mengejar perolehan poin dengan selisih 1-3 angka berlanjut dari awal set hingga kedudukan 12-12.

 

Pasangan ganda Thailand sempat unggul jauh 16-14 namun ToLyn yang berusaha untuk senantiasa tampil menekan akhirnya mampu mengendalikan keadaan dan kembali memimpin 19-17. Sempat bermain kurang sabar, ToLyn kembali nyaris gagal menamatkan gim pertama ketika Maneepong/Savitree mampu menyamakan skor 20-20, beruntung kematangan dan pengalaman keduanya yang lebih terasah akhirnya menamatkan gim ini lebih dulu, 22-20.

 

Pada gim kedua, perjuangan menjadi lebih mudah bagi ToLyn ketika keduanya mampu mengkolaborasikan strategi menyerang, bermain di depan net dan jeli dalam menempatkan bola. Pertahanan duet Thailand yang juga tidak serapi pada gim pertama membuat permainan ToLyn menjadi lebih solid dan unggul jauh 14-2. Memanfaatkan posisi pasangan Thailand yang tertekan, ToLyn berhasil menutup gim kedua, 21-9.

 

Di babak semifinal, lawan tangguh akan dihadapi oleh duo Indonesia, Xu Chen/Ma Jin (2). Tandem nomor dua China ini melenggang ke semifinal setelah menyingkirkan wakil Korea Selatan, Lee Yong Dae/Ha Jung Eun, 21-18, 21-12.

 

Peluang China untuk merebut gelar juga masih terbuka pada partai semifinal lainnya. Unggulan teratas, Zhang Nan/Zhao Yunlei, menuntaskan perjalanan wakil Rusia yang sempat menanjak prestasinya di dua turnamen pembuka 2012, Alexandr Nikolaenko/Valeri Sorokina. Sempat mengimbangi permainan Zhang/Zhao pada paruh awal gim pertama dan kedua, Alexandr/Valeri akhirnya harus menyerah 17-21, 19-21.

 

Tiket semifinal lainnya di gondol oleh wakil tuan rumah, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying. Duo Malaysia yang senantiasa bermain ketat sejak pertama kembali lolos dari laga hidup-mati saat menantang wakil Singapura, Danny Bawa/Yu Yan Vanessa. Setelah berjibaku lebih dari satu jam, Chan/Goh akhirnya memuaskan fanatisme publik negeri jiran, 21-13, 14-21, 27-25.

 

Kejutan Christinna/Kamilla, Inkonsistensi KiNdra

 

Christinna/Kamilla kembali membuktikan bahwa mereka mampu bersaing diantara ketatnya dominasi para pebulutangkis Asia dan membuat kejutan dengan melenggang ke babak semifinal. Sedangkan KiNdra yang berpeluang besar meraih gelar karena absennya dua ganda teratas dunia, kembali tampil inkonsisten dan gagal mengulang prestasinya pekan lalu saat menghadang Chai/Guo.

 

Kejutan terbesar akhirnya terjadi di sektor ganda putri. Unggulan teratas, Mizuki Fujii/Reika Kakiiwa gagal memanfaatkan absennya para pebulutangkis negeri tirai bambu dan berprestasi maksimal di turnamen ini. Menghadang duo Eropa, Christinna/Kamilla (7), pasangan Jepang justru mendapatkan perlawanan yang luar biasa dan nyaris tertekan.

 

Permainan memukau pasangan Denmark di bagian depan yang didukung oleh postur jangkung keduanya menyulitkan Mizuki/Reika untuk membendung agresi yang senantiasa dilancarkan sejak awal gim pertama. Setelah terlibat kejar-kejaran poin di paruh akhir gim pertama, Christinna/Kamilla akhirnya membukukan kemenangan 21-19.

 

Dominasi Christinna/Kamilla kian tak terbantahkan pada gim kedua ketika kesolidan ganda Jepang mulai luntur. Tanpa ampun, tandem Denmark akhirnya mengontrol pentuh pertandingan dan mencetak skor telak, 21-9.

 

Di babak semifinal, Christinna/Kamilla akan mencoba menjajal duet China, Yixin Bao/Zhong Qianxin yang menundukkan wakil tuan rumah, Woon Khe Wei/Vivina Kah Mun, 21-14, 9-4. Padangan Malaysia akhirnya memutuskan untuk mundur pada gim kedua karena memburuknya cedera kaki yang dialami oleh Khe Wei. “Tahun lalu kita sempat kalah dari mereka karena kita masih terlalu muda dan berambisi untuk menang,” ungkap Yixin.

 

Semifinal lainnya akan mempertemukan unggulan ke-2, Ha Jung Eun/Kim Min Jung dan pasangan Jepang, Shizuka Matsuo/Mami Naito (4). Ha/Kim menghempas wakil negeri jiran lainnya, Wong Pei Tty/Chin Eei Hui, 21-19, 21-10 sedangkan Shizuka/Mami melibas wakil Taiwan, Cheng/Chien (5), 17-21, 21-12, 21-19.

 

Duet andalan Indonesia, Markis/Hendra (8) gagal memperpanjang rekor kemenangan mereka atas wakil China, Chai Biao/Guo Zhendong (3). Performa Markis/Hendra (KiNdra) yang inkonsisten pada tahun 2011 yang lalu masih menjadi masalah yang belum terpecahkan hingga dua turnamen pembuka tahun 2012 ini di gelar. Pekan lalu, duet KiNdra yang memetik kemenangan atas Chai/Guo dan kalah atas wakil Jerman, Michael/Oliver, kali ini harus menerima ‘revenge’ atas ganda nomor dua China tersebut dan menelan kekalahan, 16-21, 21-18, 17-21.

 

Dengan hasil ini, pupus sudah kesempatan merah putih untuk meraih gelar di sektor ganda putra justru di saat peluang besar terbuka ketika dua ganda terbaik dunia (Fu/Cai dan Jung/Lee) memutuskan untuk absen di turnamen ini.

 

Chai/Biao akan bertemu dengan wakil Korea, Cho Gun Woo/Shin Baek Choel yang memetik kemenangan atas ganda nomor dua Jepang, Naoki Kawamae/Shoji Sato, 17-21, 21-9, 21-14 sedangkan semifinal lainnya akan mempertemukan Hirokatsu/Noriyasu (6) dan wakil Taiwan, Fang Chieh Min/Lee Sheng Mu. Pasangan Jepang melaju dengan menyingkirkan ganda muda Korea, Kim Ki Jung/Kim Sa Rang, 15-21, 24-22, 21-19 sedangkan Fang/Lee menundukkan ganda ke-3 China, Hong Wei/Shen Ye, 23-21, 21-14 (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: