Bulutangkismania's Weblog

Januari 15, 2012

Final Results Malaysia Open SS 2012 : Empat Negara Berbagi Gelar

Absennya beberapa pasangan ganda putra peringkat atas dunia membuka peluang bagi wakil non unggulan asal Taiwan untuk membuat kejutan dan akhirnya meraih gelar. Begitupun di sektor putri, duet Christinna/Kamilla sukses menorehkan sejarah Eropa untuk pertama kalinya. Di sektor tunggal, dominasi akhirnya menjadi milik para pebulutangkis China dan sang tuan rumah, Malaysia.

 

Jika para pebulutangkis Indonesia masih berjuang untuk bisa menempatkan wakilnya ke babak final dua turnamen Super Series terakhir, maka Korea Selatan justru kembali gagal dalam meraih gelar meskipun dari sisi kuantitas mampu menempatkan jumlah pemain kedua terbanyak setelah China.

 

Setelah pada pekan sebelumnya di kandang sendiri Korea harus puas dengan 3 gelar runner up, kali inipun para duta negeri ginseng dipaksa mengakui ketangguhan lawan-lawan mereka di partai puncak. Duet Cho Gun Woo/Shin Baek Cheol yang tampil heroik di laga sebelumnya dengan menghempas wakil China, Chai Biao/Guo Zhendong (3) justru tergelincir ketika menantang wakil Taiwan di laga pamungkas, Fang Chieh Min/Lee Sheng Mu.

 

Cho Gun Woo/Shin Baek Cheol

Fang/Lee yang tidak diunggulkan tertinggal lebih dulu 16-21 pada gim pertama. Namun permainan pasangan Taiwan yang lebih solid dan minim kesalahan di dua gim berikutnya memaksa Cho/Shin untuk menyerah 16-21, 16-21 dan menyerahkan mahkota juara kepada duo Taiwan.

 

Begitupun yang terjadi pada laga pamungkas ganda putri saat Ha Jung Eun/Kim Min Jung (2) menantang tandem Denmark, Christinna Pedersen/Kamilla Rytter Juhl. Permainan Ha/Kim di babak semifinal yang ulet dan pantang menyerah saat menghadapi wakil Jepang, Shizuka/Mami kali ini justru tidak terlihat dan terpaku pada ritme permainan Christinna/Kamilla. Pasangan Denmark yang memang memiliki motivasi tinggi untuk menciptakan sejarah di turnamen ini akhirnya meredam permainan Ha/Kim dengan dua gim langsung.

 

Tidak hanya unggul dalam hal serangan, Christinna/Kamilla juga memiliki rotasi yang cukup baik dalam membendung agresi Ha/Kim dan mahir dalam mengolah bola di depan net. Meskipun Ha/Kim sempat memperkecil selisih poin dari kedudukan 11-16, 14-18 menjadi 19-20, ganda Denmark lebih dulu menamatkan gim pertama 21-19.

 

Dominasi duet Denmark kembali tak terbantahkan pada gim kedua. Selain agresif menyerang, Christinna/Kamilla yang bertubuh jangkung mampu dengan jeli melihat setiap peluang yang ada untuk mengembalikan bola di area yang tak terjaga. Unggul dengan 9-6, 14-11, 18-14, ganda Denmark akhirnya memupus mimpi Ha/Kim dengan menutup set ini, 21-18. Pekan lalu duo Korea juga hanya mampu membukukan gelar runner up meskipun sukses membuat kejutan dengan menjungkalkan unggulan teratas, Wang Xiaoli/Yu Yang di laga semifinal.

 

Duel antara sesama ganda China di sektor campuran akhirnya dimenangkan oleh Zhang Nan/Zhao Yunlei (1) dengan melangkahi Xu Chen/Ma Jin (2), 21-12, 21-9.

 

Chong Wei Puaskan Fanatisme Penggemar

 

Diiringi dengan dukungan dari para pendukungnya yang memenuhi Putra Stadium sejak babak-babak awal turnamen ini digelar, Chong Wei berhasil menyamai prestasi yang pernah diukir oleh Wang Peng Soon di era  40-an. Sementara itu Wang Yihan (1) yang pekan lalu terjungkal di empat besar, kali ini sukses merebut gelar perdananya di tahun ini.

 

Lee Chong Wei

Menghadapi wakil Jepang, Kenichi Tago, Chong Wei yang berada dalam performa terbaiknya tidak hanya mendominasi pertandingan dari sisi serangan namun juga mahir dalam mengolah bola-bola pendek di depan net. Beberapa pengembalian Tago yang tidak sempurna memudahkan Chong Wei untuk terus mencatat kemenangan telak 21-6, 21-13 dalam tempo kurang dari 40 menit.

 

Sementara itu di sektor putri yang mempertemukan sesama pemain China akhirnya dimenangkan oleh Wang Yihan (1). Wang Xin (2) yang terdominasi pada gim pertama sempat membuka peluang ketika mampu menyamakan kedudukan di angka 17 dan 19. Namun usaha gigih Wang Xin ini gagal ketika Yihan mampu menguncinya 21-19 pada set pertama dan 21-11 pada gim kedua (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: