Bulutangkismania's Weblog

Februari 18, 2012

Results Semifinal & Playoff TUC 2012 Preliminary Asia : Uber Tundukkan Singapura

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 6:25 am
Tags: , , , , , , , , ,

Di hari pertama babak playoff antara 4 negara, Indonesia, Singapura, Malaysia dan Hongkong, para srikandi merah putih mencatat kemenangan meyakinkan dengan menggunduli Singapura 5-0. Sementara itu tim Thomas yang sudah mengantongi tiket ke putran final justru tidak tampil ngotot saat menjamu unggulan teratas, China.

 

Meskipun tiga tunggal merah putih harus berjibaku tiga set untuk menaklukkan para pemain Singapura yang memang memiliki kekuatan relatif merata di sektor tunggal. Adriyanti Firdasari yang menantang Gu Juan di partai pertama sempat kehilangan gim kedua 10-21 setelah memetik kemenangan 21-11  pada gim pertama. Namun motivasi yang kuat untuk menang seperti pada dua pertandingan sebelumnya, membuat Firda mampu mengontrol jalannya pertandingan gim ketiga dan mencatat hasil gemilang, 21-16.

 

Di partai kedua, Greysia/Meli yang di pertandingan sebelumnya sempat melempem saat menjajal kekuatan China, kali ini sukses memperbaiki performanya ketika menghadapi duo Singapura, Yao Lei/Shinta Mulia Sari. Setelah beradaptasi di paruh awal gim pertama, Gerysia/Meli mampu meluncur dengan 16-11 dan 20-13. Meskipun sempat kehilangan 3 poin, merah putih menamatkan gim ini lebih dulu, 21-16.

 

Gim kedua berjalan lebih dramatis ketika Greysia/Meli yang unggul 18-13 mampu tersusul dan balik tertinggal 18-20. Kedua pasangan yang bermain lebih agresif dibandingkan gim pertama, membuat reli-reli berlangsung seru dan cukup lama. Ketenangan permainanan Greysia/Meli di poin-poin kritis membuat merah putih mampu membukukan poin 22-20 terlebih dahulu dan memupuskan harapan Singapura untuk bermain rubber.

 

Maria Febe yang kembali dilirik paska tampil memukau saat menghadapi China kemarin juga tertular sukses ketika mengadapi tunggal kedua Singapura, Fu Mingtian. Meskipun harus bermain tiga set setelah kehilangan gim kedua 17-21 dan unggul 21-16 di gim pertama, Febe berhasil mendominasi gim ke-3 dan tak tersentuh setelah memimpin 10-5 untuk kemudian mencatat kemenangan 21-12.

 

“Dari awal saya sudah percaya diri menghadapi Fu Mingtian, karena sudah pernah menang dan saya merasa cocok dengan bola-bolanya. Pada game kedua saya sempat menang angin, jadi banyak bola yang keluar,” ujar Febe usai pertandingan seperti yang dilansir oleh situs PBSI.

 

Duet Anneke/Nitya melengkapi kemenangan srikandi merah putih di partai ke-4 saat menghadang Chen Jiayuan/Thng Thing Thing. Hanya dalam tempo kurang dari 3 menit, Anneke/Nitya memetik kemenangan 21-5, 21-16. Di laga pamungkas, Lindaweni menyudahi permainan Xing Aiying dengan rubber gim, 18-21, 21-12, 21-16

 

Kesuksesan pada pertandingan kali ini membuat manajer akhirnya memutuskan bahwa saat menantang Malaysia di laga selanjutnya, tim Uber Indonesia akan menggunakan format yang sama. Sementara itu Malaysia yang menelan kekalahan 2-3 di laga perdananya saat menjamu Hongkong akhirnya mengandalkan satu-satunya ‘kartu truf’ yang tersisa yaitu menundukkan Indonesia.

 

Dengan semangat ini tim negeri jiran pun akhirnya mengubah formasi pemain dengan mengistirahatkan Tee Jing Yee dan menaikkan Lydia Cheah menjadi tunggal pertama. Di sektor ganda, catatan dua kali kemenangan peraih mahkota Indonesia Open GP Gold 2011, Woon Khe Wei/Vivian Kah Mun atas duet Greysia /Meli menginspirasi Malaysia untuk menaikkan pasangan ini sebagai ganda pertama serta melebur duo Wong Pei Tty/Chin Eei Hui untuk membuka peluang di ganda kedua. Chin Eei Hui akhirnya disandingkan dengan Goh Liu Ying untuk mengantisipasi pasangan Anneke/Nitya yang memang menunjukkan performa lebih konsisten di beberapa turnamen terakhir.

 

Sementara itu di babak playoff sektor putra, tim Thomas Korea yang harus mengabsenkan Park Sung Hwan dan Jung Jae Sung karena cedera harus berjibaku ekstra ketat untuk menaklukkan Taiwan 3-2. Cedera yang dialami oleh Shin Baek Cheol saat menghadapi Lee Sheng Mu/Lin Yu Lang di gim pertama, tidak hanya membuat Korea harus rela menyerahkan poin kemenangan kepada Taiwan namun juga memaksa negeri ginseng ini untuk merangkapkan tunggal ke-3, Hong Ji Hoon bersama Lee Yong Dae di ganda kedua.

 

Lawan yang lebih tangguh yaitu Thailand akan menjadi target Korea di babak selanjutnya. Namun tidak dimasukkannya para pemain senior negeri gajah putih, Boonsak Ponsana, Sudket Prapakamol dan Songphon Anugritawayon ke dalam list pemain saat menjamu sang negeri ginseng menjadi peluang tersendiri bagi Korea yang saat ini tengah dilanda krisis pemain karena cedera. Padahal di laga perdana hari ini, Thailand mampu membukukan kemenangan manis atas tim Thomas India, 3-2.

 

Tak Tampil Ngotot

 

Terpenuhinya target melaju ke putaran final oleh tim Thomas Indonesia membuat merah putih tidak tampil dengan kekuatan terbaiknya saat menjamu China di babak semifinal. Strategi yang sama juga diterapkan oleh Malaysia ketika menantang Jepang dengan mengistirahatkan dua pilar utama mereka, Lee Chong Wei dan Koo Kien Keat/Tan Boon Heong.

 

Menghadapi China di babak semifinal, tim Indonesia menaikkan Taufik Hidayat sebaga tunggal pertama dengan memarkirkan Simon Santoso. Meskipun seperti yang telah diprediksi sebelumnya, Taufik akhirnya tidak mampu mengimbangi permainan Chen Long dan mencatat kekalahan 13-21, 8-21. Peluang untuk menjajal kekuatan China juga masih diberikan kepada pasangan Mohammad Ahsan/Bona Septano yang di laga sebelumnya tidak mampu meraih hasil yang maksimal.

 

Ahsan/Bona yang menantang Chai Biao/Guo Zhendong hanya mampu mengimbangi permainan pasangan China namun kalah ulet dalam agresivitas serangan dan permainan di depan net. Dalam tempo 37 menit, Chai/Guo menyudahi perlawanan Ahsan/Bona, 21-17, 21-12. Tommy Sugiarto yang turun di partai ketiga melengkapi kekalahan tim Thomas Indonesia saat ditantang oleh Chen Jin, 14-21, 8-21.

 

Tertinggal 0-3 atas tim China memupuskan kesempatan untuk mengevaluasi kolaborasi baru, Alvent Yulianto/Hendra Setiawan yang diskenariokan turun di laga ke-4 menghadapi Liu Xiaolong/Qiu Zihan. Di pertandingan selanjutnya untuk memperebutkan posisi 3-4, Indonesia akan menghadapi Malaysia yang juga sama-sama menelan kekalahan 0-3 atas tim Thomas Jepang.

 

Menggunakan strategi yang sama seperti Indonesia, tim Thomas negeri jiran mengistirahatkan tunggal terbaik mereka, Lee Chong Wei serta pasangan ganda Koo Kien Keat/Tan Boon Heong. Posisi ganda pertama akhirnya di tempati oleh Lim Khim Wah/Goh V Shem yang menuai hasil gamilang saat menjamu Korea di laga sebelumnya sedangkan posisi Koo Kien Keat diganti oleh Hoon Thien How untuk berduet dengan Tan Boon Heong di ganda kedua.

 

Menghadapi Jepang dengan formasi terbaiknya, Malaysia hanya mampu mencuri 1 set di ganda pertama saat Lim/Goh menantang duo Noriyasu Hirata/Hirokatsu Hashimoto. Namun secara keseluruhan, Jepang akhirnya mencatat kemenangan 3-0 dan berhak untuk menantang China di babak final.

 

Kesuksesan tim putra Jepang juga diikuti oleh sektor putri meskipun harus melewati jalan yang lebih panjang saat menjamu tim Uber Thailand. Eriko Hirose dan Ai Goto yang turun sebagai tunggal pertama dan kedua gagal meredam perlawanan Ratchanok Inthanon dan Porntip Buranaprasertsuk sehingga membuat tim Uber negeri sakura harus tertinggal 0-2. Beruntung di partai ke-3, Minatsu Mitani berhasil memperpanjang nafas Jepang ketika menundukkan Sapsire Taerattanachai, 21-15, 19-21, 21-16.

 

Permainan memukau dua ganda, Shizuka/Mami dan Satoko/Miyuki akhirnya mengantarkan tim Uber Jepang untuk menantang China di laga pamungkas. Tim Uber negeri tirai bambu sendiri merampas tiket final dari Taiwan setelah meraih kemenangan 3-0 tanpa harus kehilangan satu gimpun (FI).

1 Komentar »

  1. RESULT UBER CUP 2012 ASIA PRELIMINARY ROUND

    CHINA UBER CUP 2-3 JAPAN UBER CUP

    WS1 : Xuerui Li vs Sayaka Sato 21-18 12-21 21-6
    WD1 : Yunlei Zhao/Qing Tian vs Mizuki Fujii/Reika Kakiiwa 21-19 21-15
    WS2 : Xin (F) Liu vs Eriko Hirose 23-25 21-12 16-21
    WD2 : Shu Cheng/Pan Pan vs Mami Naito/Shizuka Matsuo 14-21 16-21
    WS3 : Lin Wang vs Minatsu Mitani 19-21 14-21

    PRELIMINARY RANK (1st-4th) :
    1. JAPAN
    2. CHINA
    3. THAILAND
    4. CHINESE TAIPEI
    Four teams above, have qualified for the Uber Cup 2012 finals in Wuhan, China on 20-27 May 2012

    PLAYOFF (5th-8th) :
    1. INDONESIA
    2. SINGAPORE
    3. HONGKONG CHINA
    4. MALAYSIA
    Four teams above, have to fight for 5th rank in order to meet 4th rank Uber Cup 2012 Europe Preliminary Round for calculation points. The point leader will qualify to Uber Cup 2012 finals in Wuhan, China on 20-27 May 2012

    Komentar oleh Lucki Wirosudarmo — Februari 18, 2012 @ 10:58 pm | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: