Bulutangkismania's Weblog

Februari 19, 2012

Results Final & Playoff TUC 2012 Preliminary Asia : Singapura Amankan Posisi Indonesia

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 6:28 am
Tags: , , , , , , , , , ,

Kemenangan 3-2 tim Uber Singapura atas Hongkong tidak hanya berdampak positif dari persiapan mental namun juga sekaligus memuluskan pencapaian target posisi ke-5 jika seandainya terjadi skenario terburuk saat menjamu Hongkong. Sementara itu kejutan besar terjadi saat unggulan teratas China dibungkam oleh para pebulutangkis putri Jepang 2-3.

 

Meskipun dua ganda andalan merah putih, Greysia/Meli dan Anneke/Nitya sempat berjibaku tiga set menghadapi ganda muda Malaysia, Woon Khe Wei/Vivian Kah Muh serta kolaborasi baru Chien Eei Hui/Goh Liu Ying, para srikandi akhirnya kembali mencatat kemenangan sempurna 5-0 yang kian mendekatkan tim Uber Indonesia pada target lolos ke putaran final bulan Mei mendatang.

 

Adriyanti Firdasari membuka peluang Indonesia setelah memetik kemenangan telak atas Lydia Cheah yang dimajukan sebagai tunggal pertama, 21-7, 21-13. Ansipasi bola-bola yang akurat serta agresivitas untuk terus menekan membuat perlawanan Firda menjadi tak terbendung. Di partai kedua, Greysia/Meli sempat kehilangan set kedua 18-21 setelah unggul 21-15 pada gim pertama saat menghadapi duet Woon Khe Wei/Vivian Kah Muh.

 

Meskipun mampu memimpin hingga kedudukan 13-9 dan 15-12 di gim kedua, Greysia/Meli justru beberapa kali gagal membendung serangan-serangan pasangan Malaysia ketika menginjak ke poin-poin kritis. Beruntung di gim ketiga konsistensi Greysia/Meli kembali teruji dan pasangan merah putih mampu mengembalikan ritme pertandingan seperti pada gim pertama untuk terus menekan sebelum akhirnya memetik kemenangan 21-15.

 

Maria Febe di partai ketiga memastikan kemenangan tim Uber Indonesia atas Malaysia setelah sukses menumbangkan Sannatasah Saniru, 21-13, 21-18. Pada dua partai berikutnya yang sudah tidak menentukan lagi, Anneke/Nitya sempat terpaku pada pola permainan kolaborasi dadakan Malaysia, Chin Eei Hui/Goh Liu Ying sehingga tertinggal 11-21. Namun ketika berhasil mengembangkan permainan sendiri, dominasi keduanya tak terbendung, 21-8, 21-16. Lindaweni melengkapi kemenangan sempurna Indonesia atas Malaysia di laga pamungkas dengan menghempas Yang Li Lian, 21-10, 21-9

 

Di lapangan yang berbeda, Singapura yang di hari sebelumnya mampu ditekuk 5-0 oleh Indonesia berhasil mengatasi perlawanan Hongkong 3-2. Meskipun harus kehilangan dua poin di sektor tunggal, Gu Juan, Shinta/Yao Lei dan Chen Jiayuan/Thg Thing Thing akhirnya mengantarkan tim negeri singa tersebut unggul atas Hongkong.

 

Hasil ini sekaligus merupakan kabar gembira bagi tim Uber Indonesia yang akan menantang Hongkong di pertandingan terakhir untuk memperebutkan peringkat 5. Selain meningkatkan mental pemain karena Singapura menggilas Hongkong dengan formasi pemain yang sama ketika dikalahkan Indonesia, kemenangan Singapura juga mampu mengantisipasi skenario terburuk seandainya Indonesia dikalahkan oleh Hongkong. Peluang Indonesia untuk menempati peringkat 5 masih tetap terbuka apabila secara agregat poin menang-kalah para srikandi lebih baik dari tiga negara pesaingnya.

 

Jepang, Ancaman Kedua China

 

Setelah pada edisi sebelumnya Korea mampu membuat kejutan dengan mengalahkan China di putaran final laga pamungkas, kali ini giliran Jepang yang menjadi ancaman kedua bagi China setelah gagal menempati peringkat teratas kualifikasi zona Asia meskipun kali ini tidak diikuti oleh para pebulutangkis terbaiknya.

 

Pada perebutan peringkat teratas, kejutan besar terjadi saat unggulan pertama, China yang menantang Jepang gagal memetik kemenangan. Tertinggal 2-0 di partai awal, anak-anak asuhan Park Joo Bong ini tidak lantas menyerah dan memanfaatkan kelemahan China di tiga partai selanjutnya. Eriko Hirose membuka aksi heroik atas Liu Xin dengan menyajikan permainan ketat di gim pertama. Setelah sempat terjadi saling mengejar poin, Eriko mampu menamatkan gim ini, 25-23.

 

Kekalahan telak 12-21 di gim kedua dibalas dengan manis oleh Eriko di set ketiga 21-16 sekaligus mempersembahkan poin pertama atas China. Duet Shizuka/Mami menyamakan kedudukan tim negeri sakura atas China dengan menundukkan pasangan Cheng Shu/Pan Pan, 21-14, 21-16. Selain unggul dari sisi serangan dan pertahanan, Shizuka/Mami juga bermain cantik dalam penempatan bola-bola di depan net.

 

Di partai yang paling menentukan, sang kuda hitam Minatsu Mitani berhasil mengejutkan sang negeri tirai bambu dengan tampil ulet dan tanpa beban saat menjamu mantan pemain nomor satu China, Wang Lin. Hanya dalam waktu 40 menit, Mitani mengubur Wang Lin 21-19, 21-14. Hasil ini sekaligus menjadi peringatan kedua bagi tim Uber China karena pada putaran final nanti Korea tidak akan menjadi satu-satunya juara bertahan yang harus dikalahkan namun juga harus mampu mengantisipasi perlawanan para putri negeri Jepang.

 

Thailand akhirnya sukses menempati peringkat ke-3 setelah mengalahkan Taiwan, 3-2. Tiga pemain muda sang negeri gajah putih, Ratchanok Inthanon, Porntip Buranaprasertsuk dan Nichaon Jindapon menjadi pahlawan Thailand meskipun harus kehilangan dua poin di sektor ganda. Inthanon menekuk tunggal terbaik Taiwan, Cheng Shao Chieh, 21-19, 21-13, sedangkan Porntip melalui pertarungan melelahkan tiga set akhirnya mengandaskan tunggal Taiwan yang saat ini menjadi bintang, Tai Tzu Ying, 21-18, 26-28, 21-19.

 

Nichaon Jindapon akhirnya membuat Thailand unggul 3-2 setelah melumpuhkan  Pai Hsiao Ma, 19-21, 21-17, 21-19. Dua kekalahan Thailand diderita oleh  Duanganong/Kunchala atas duet senior Taiwan, Cheng Wen Hsing/Chien Yu Chin, 15-21, 11-21, sedangkan Savitree/Somari dijegal Wang Pei Rong/Hsieh Pei Chen, 21-17, 21-13 (FI).

About these ads

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada tulisan ini. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

The Rubric Theme Blog pada WordPress.com.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 356 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: