Bulutangkismania's Weblog

Maret 10, 2012

Results Quarterfinal All England Open SS Premier 2012 : Taufik & Hayom Kandas

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 9:19 am
Tags: , , , , , , ,

Sukes membuat kejutan dan melenggang ke babak delapan besar, dua tunggal andalan Indonesia Taufik Hidayat dan Hayom Rumbaka akhirnya harus mengakui keperkasaan dua unggulan teratas, Lee Chong Wei dan Lin Dan. Sementara itu kekalahan Saina Nehwal (3) dan Tine Baun (5) di sektor putri membuat Tai Tzu Ying menjadi satu-satunya wakil non China yang tersisa di papan empat besar.

 

Taufik Hidayat yang menantang unggulan ke-2, Lin Dan sempat meberikan perlawanan ketat di gim pertama ketika mampu menyusul dan berbalik unggul dari perolehan poin Lin Dan. Namun hingga setelah kedudukan imbang di titik 17, Taufik akhirnya harus menyerah 18-21 ketika Lin Dan mampu menekan permainan Taufik dan mencuri angka terlebih dahulu.

 

Stamina Taufik yang menurun di gim kedua membuatnya harus mengubur mengubur impian untuk mengantongi satu-satunya gelar individual prestise yang belum sempat dikoleksi sepanjang karirnya ini. Tertinggal jauh 0-9 dan 4-17, Lin Dan akhirnya merebut tiket 4 besar dengan mengunci Taufik, 21-8.

 

“Dari awal saya berpikir bahwa jika ingin menang, saya harus mampu unggul di gim pertama, namun sayangnya saya membuat banyak kesalahan sendiri terutama di poin-poin terakhir. Namun meskipun kalah, saya cukup puas karena bisa menikmati permainan ini, tidak seperti tahun lalu,” kata Taufik usai pertandingan.

 

“Kondisi fisik saya sudah menurun di gim kedua, sehingga sulit untuk fokus dan konsentrasi mengontrol permainan. Namun saya sudah memiliki standar sekarang sehingga pada turnamen selanjutnya saya sudah tahu dimana letak kekurangan saya”, urai Taufik perihal kekalahannya.

 

Sementara itu Lin Dan sendiri mengakui bahwa perjuangan Taufik di gim pertama sempat mengingatkannya pada performa Taufik beberapa tahun lalu saat berada pada masa jayanya.

 

“Saya harus tampil fokus karena Taufik mampu mengalahkan Chen Jin dengan dua set kemarin. Penampilan Taufik hari ini cukup baik dan mengingatkan saya pada Taufik yang dulu,” kata Lin Dan.

 

Tunggal putra Indonesia lainnya yang juga sama-sama membuat kejutan Hayom Rumbaka juga tidak mampu mengimbangi permainan peringkat satu dunia, Lee Chong Wei (1) yang menantangnya di pool atas. Dalam tempo kurang dari 30 menit, Chong Wei menyudahi perlawanan Hayom dengan skor telak, 21-9, 21-11.

 

“Saya sulit mengeluarkan permainan saya karena selalu kalah cepat. Pola permainan serang saya juga tidak bisa diterapkan, sehingga saya lebih banyak bertahan” ujar Hayom.

 

Hasil ini semakin mendekatkan pada partai ulang final All England tahun lalu antara dua pebulutangkis terbaik dunia, Lee Chong Wei dan Lin Dan. Namun keduanya masih akan menempuh satu pertandingan lagi sebelum bertemu di laga pamungkas. Lee Chong Wei akan menantang tunggal Korea, Lee Hyun Il (8) yang berhasil melumpuhkan bintang Malaysia, Daren Liew, 21-15, 21-13 sedangkan Lin Dan akan kembali menjamu sang penakluk kompatriotnya, Chen Long (3), yaitu tunggal nomor satu Jepang, Kenichi Tago (7).

 

Tago meraih tiket semifinal atas Chen Long setelah berjuang keras selama 77 menit, 22-24, 21-12, 21-14. Keuletan menjadi kunci kesuksesan tunggal Jepang ini untuk melibas tunggal kedua China tersebut.

 

Tzu Ying Diantara Tiga Putri China

 

Pebulutangkis Taiwan, Tai Tzu Ying menjadi satu-satunya wakil non China yang tersisa setelah kekalahan dialami oleh tunggal India, Saina Nehwal (3). Sedangkan Wang Yihan (1) harus berjuang 3 gim untuk menyingkirkan wakil Eropa, Tine Baun (5) dan melenggang ke semifinal.

 

Tai Tzu Ying yang ditantang oleh wakil Korea Selatan, Sung Ji Hyun harus berjuang tiga gim sebelum akhirnya mampu menundukkan sang penakluk Wang Xin (2) tersebut. Ketatnya perjuangan dua pemain muda yang sedangn bersinar ini sudah tersaji sejak gim pertama. Saling mengejar dan memimpin dengan selisih maksimal 3 poin berlangsung hingga kedudukan 15-15.

 

Tzu Ying mendapatkan momentum untuk menutup gim pertama lebih dulu ketika unggul 20-16 namun karena kurang sabar, keuntungan justru berbalik untuk Ji Hyun yang mengunci Tzu Ying, 22-20.

 

Belajar dari kekalahan di gim pertama, Tzu Ying tampil lebih dominan dan menutup peluang Ji Hyun untuk mengembangkan permainannya. Beberapa kesalahan yang dilakukan oleh tunggal terbaik Korea tersebut semakin melancarkan jalan Tzu Ying untuk meraih kemenangan 21-14, 21-14.

 

Hasil ini mempertemukan Tzu Ying dengan unggulan ke-7, Li Xuerui yang berhasil mengandaskan harapan wakil India, Saina Nehwal, 21-13, 23-21. Sempat membuka peluang di gim kedua dengan meraih match point 21-20 setelah tertinggal 17-20, Saina tidak mampu memanfaatkan momentum terbaiknya dan tampil lebih ‘ngotot’ sehingga akhirnya menyerah.

 

Dua semifinalis lainnya yang akan saling bertemu adalah unggulan teratas, Wang Yihan dan wakil China lainnya, Wang Shixian (3). Yihan melaju ke semifinal dengan menundukkan Tine Baun (5), 19-21, 25-23, 21-9 sedangkan Shixian menyingkirkan kompatriotnya, Jiang Yanjiao (6), 21-18, 21-10 (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: