Bulutangkismania's Weblog

Maret 10, 2012

Results Quarterfinal All England Open SS Premier 2012 : ToLyn Selamatkan Muka Indonesia

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 9:21 am
Tags: , , , , ,

Diantara dua wakil ganda yang tersisa, Indonesia hanya mampu meloloskan satu wakilnya ke babak semifinal. Tantowi/Liliyana (ToLyn) yang diunggulkan ditempat ke-4 harus berjibaku 3 gim untuk menaklukkan harapan tuan rumah, Nathan/Jenny. Sedangkan harapan lainnya, Ahsan/Bona (AhNa, 7) harus mengakui ketangguhan pasangan juara dunia, Fu Haifeng/Cai Yun (1).

 

Tantowi/Liliyana (4) menjadi satu-satunya harapan merah putih yang tersisa di sektor ganda setelah mengalahkan harapan tuan rumah, Nathan Robertson/Jenny Wallwork. Di gim pertama, Nathan/Jenny mampu mendominasi jalannya pertandingan meskipun ditempel ketat oleh pasangan Indonesia. Tiga poin beruntun yang dikoleksi oleh ToLyn membuat keadaan berbalik untuk merah putih menjadi unggul 17-16. Meskipun sempat dua kali tersamakan, penampilan ToLyn yang lebih sabar akhirnya menutup gim pertama lebih dulu, 21-19.

 

Setelah sempat bersaing ketat di paruh awal gim kedua, momentum pasangan Inggris untuk berbalik unggul akhirnya tercipta ketika Nathan/Jenny mampu unggul dan membalikkan keadaan 5-8 menjadi 11-8. Beberapa kesalahan sendiri yang dilakukan oleh ToLyn membuat ganda Inggris tak terbendung dan sukses menamatkan gim kedua, 21-14.

 

Set ketiga seperti antiklimaks bagi duet tuan rumah ketika penampilan keduanya menjadi serba salah dan tidak mampu mengantisipasi tekanan yang diberikan oleh ganda Indonesia. Tertinggal jauh 3-11 dan 5-17, Nathan/Jenny akhirnya takluk 6-21.

 

“Kami masuk dalam pola permainan mereka yang lambat di gim kedua, selain itu kami banyak melakukan kesalahan sendiri, apalagi skor dari awal sudah ketat”, ungkap Liliyana soal kekalahannya di set kedua.

 

“Untungnya kami bisa lebih sabar dan mampu mengontrol permainan pada gim ketiga. Sehingga lawan sulit untuk mengembangkan permainan, pengembalian mereka jadi serba salah”, lanjut Liliyana kemudian.

 

Sementara itu Nathan sendiri mengakui kehilangan ritme permainan dan tertekan pada gim ketiga, meskipun peluang mereka untuk menang tetap ada jika mampu konsisten di gim pertama.

 

“Kami sempat mengimbangi permainan mereka di awal dan seharusnya bisa menang dua set, namun kami gagal dan di gim ketiga kami justru tertekan,” ujar mantan pasangan Gail Emms ini.

 

Hasil ini membawa ToLyn ke babak semifinal untuk menantang wakil Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying yang membuat kejutan dengan menekuk kolaborasi Inggris-Skotlandia, Chris Adcock/Imogen Bankier, 21-16, 15-21, 21-17 yang di babak pertama mampu menumbangkan unggulan teratas, Zhang Nan/Zhao Yunlei.

 

Semifinal lainnya akan mempertemukan unggulan ke-2, Xu Chen/Ma Jin dan wakil Denmark, Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl. Xu/Ma menundukkan ganda Rusia, Alexandr Nikolaenko/Valeri Sorokina, 21-18, 21-19sedangkan Thomas/Kamilla yang pekan lalu menggondol mahkota juara di Jerman membuat kejutan dengan menghempas kompatriot mereka, Joachim Fischer/Christinna Pedersen (3), 21-15, 21-16.

 

Di sektor ganda putri, dominasi masih tetap digenggam oleh wakil negeri tirai bambu dengan meloloskan 3 wakilnya ke babak empat besar. Unggulan teratas, Wang Xiaoli/Yu Yang akan menantang juniornya, Tang Jinhua/Huan Xia setelah sukses melumat wakil Korea Selatan, Eom Hye Won/Jang Ye Na, 21-14, 21-16. Sementara itu Tang/Huan mengalahkan wakil senegaranya, Ma Jin/Zhong Qianxin, 21-12, 21-4.

 

Duet Ha Jung Eun/Kim Min Jung (3) yang meraih kemenangan atas wakil Hongkong, Poon Lok Yan/Tse Ying Suet, 21-16, 23-21, akan menjamu unggulan ke-2, Tian Qing/Zhao Yunlei setelah pasangan China tersebut sukses menundukkan Christinna Pedersen/Kamilla Rytter Juhl, 21-17, 21-13.

 

Ganda Putra Habis

 

Harapan semata wayang publik Indonesia di sektor ganda putra, Ahsan/Bona (AhNa, 7) akhirnya harus gugur ketika dipaksa menyerah dua gim langsung atas wakil China, Fu Haifeng/Cai Yun (1). Sementara itu unggulan ke-2, Jung Jae Sung/Lee Yong Dae sukses melakukan ‘revenge’ atas kekalahan mereka terhadap duo China, Hong Wei/Shen Ye.

 

AhNa sempat membuka peluang untuk memenangkan gim pertama ketika mampu unggul, 13-8 dan 14-10. Namun kematangan tandem peringkat satu dunia, Fu Haifeng/Cai Yun di akhir gim membuat keduanya sukses membalikkan keadaan untuk memimpin 20-18 dan dan menutup gim pertama, 21-19.

 

Pada gim kedua, AhNa tidak mampu mengembangkan permainan mereka dan terpaku pada pola Fu/Cai sehingga senantiasa tertekan dan akhirnya tertinggal jauh dalam perolehan poin. Membuka keunggulan dengan 9-4 dan 16-5, duet China akhirnya tak terbendung dengan mengantongi kemenangan telak 21-8.

 

Hasil ini mempertemukan Fu/Cai dengan unggulan ke-8, Hirokatsu/Noriyasu yang berhasil menundukkan wakil Taiwan, Fang Chieh Min/Lee Sheng Mu. Fang/Lee yang di laga sebelumnya mampu mambuat kejutan dengan mengalahkan wakil Korea Selatan, Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seong (4) gagal mengimbangi permainan agresif pasangan Jepang di gim ketiga sehingga dipaksa menyerah 15-21, 21-17, 12-21.

 

Kesuksesan juga diraih unggulan ke-2, Jung Jae Sung/Lee Yong Dae saat menantang wakil China, Hong Wei/Shen Ye. Pasangan China yang berhasil menaklukkan mereka pada turnamen pekan lalu di Jerman, tidak bermain dalam performa terbaiknya dan banyak melakukan kesalahan sendiri. Dalam tempo 43 menit, Jung/Lee membuyarkan harapan duet China, 21-15, 21-15.

 

Kekalahan ganda China juga dialami oleh kolaborasi Chai Biao/Guo Zhendong. Unggulan ke-5 yang menantang ganda Eropa, Mathias Boe/Carsten Mogensen (3) ini, nyaris memaksakan rubber gim ketika tampil dominan di poin-poin akhir gim kedua. Namun pasangan Denmark yang tampil lebih sabar menutup peluang ganda China, 21-12, 21-19 (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: