Bulutangkismania's Weblog

Mei 24, 2012

Results Quarterfinal Round TUC Finals 2012 : Jepang Kembali Kubur Indonesia

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 7:58 am
Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Sukses Tim Thomas Jepang membuat sejarah dengan mengalahkan Indonesia untuk pertama kalinya  diikuti dengan keberhasilan para pemain putri Jepang yang mengalahkan srikandi merah putih 3-2. Kekalahan ganda pertama, Greysia/Meli (GraMel) dan penampilan Lindaweni yang tidak sebaik performa sehari sebelumnya membuat Indonesia harus rela menyerahkan tiket semifinal kepada Jepang.

 

Meskipun jika dinilai penampilan tim putri Indonesia lebih baik dan termotivasi jika dibandingkan dengan pertandingan Tim Thomas Indonesia pada siang hari sebelumnya, usaha keras untuk mengulang kesuksesan dua tahun lalu akirnya buyar ketika terjadi beberapa kekalahan yang tidak diskenariokan.

 

Seolah-olah menjadi pertanda mimpi buruk bagi Indonesia, tunggal pertama Maria Febe yang sehari sebelumnya bermain taktis dan sanggup meladeni permainan tunggal nomor satu dunia, Wang Yihan, kali ini justru tampil seadanya. Kelelahan fisik karena jadwal pertandingan yang tidak memihak untuk tim Indonesia membuat Febe bermain dalam tempo lambat ketika meladeni tunggal pertama Jepang, Sayaka Sato. Hanya dalam tempo 34 menit, Sato menyudahi perlawanan Febe, 21-14, 21-10.

 

Greysia/Meli (GraMel) yang tampil lebih ‘fresh’ setelah beristirahat sehari sebelumnya dan diharapkan mampu mencuri poin atas ganda pertama Jepang, Mizuki Fujii/Reika Kakiiwa justru tampil tertekan dan terpengaruh oleh gaya permainan lawan. Pola tipe permainan menyerang yang menjadi senjata andalan ganda nomor satu Indonesia tersebut sempat merepotkan Mizuki/Reika pada gim kedua setelah pada set pertama GraMel tertinggal 18-21. Smash-smash dan olahan bola yanga kurat di depan net membuat merah putih akhirnya unggul 21-15.

 

Sayangnya konsistensi ini tidak terjaga pada gim ketiga. Meskipun mampu mengimbangi duo Jepang hingga skor-skor akhir pada poin kritis, posisi Indonesia yang bermain dengan tipe bertahan tidak mampu menamatkan set ini lebih dulu setelah sempat unggul 16-14, 18-17 dam 19-18. Pengembalian yang tidak sempurna di tiga poin terakhir mengantar Jepang pada kemenangan, 21-19 sekaligus membuat posisi merah putih kian terpuruk, 0-2.

 

Adriyanti Firdasari akhirnya menjadi palawan pertama yang mampu bangkit dan membuat Indonesia kembali berjaya. Menghadapi tunggal nomor tiga Jepang, Eriko Hirose, Firda mampu bermain agresif dan termotivasi untuk menang. Meskipun harus bermain rubber setelah unggul 21-13 di gim pertama dan tertinggal 20-22 di gim kedua, permainan taktis Firda akhirnya membungkam Hirose 21-14 sekaligus mampu memperpanjang nafas untuk Tim Uber Indonesia.

 

Penampilan gemilang pasangan ganda kedua, Anneke/Nitya (AnNya) ketika menghadapi Mami Naito/Shizuka Matsuo pada partai ke-4 kembali menggelorakan harapan publik merah putih yang sempat pupus pada laga sebelumnya. Tidak hanya unggul dari sisi serangan, kesolidan duet srikandi Indonesia ini juga gagal ditembus oleh pasangan Jepang. Meskipun sempat goyah pada poin-poin krusial gim kedua setelah memetik kemenangan 21-11 pada set pertama, AnNya akhirnya memastikan kedudukan imbang 2-2 untuk Indonesia dengan menuai kemenangan 21-17.

 

Partai kelima yang menjadi penentu bagi kedua negara, asa akhirnya bertumpu pada Lindaweni yang menjejal peringkat 32 dunia, Minatsu Mitani. Jalan kemenangan bagi Tim Uber Indonesia sebenarnya mampu dibuka oleh Linda jika tunggal ke-3 Indonesia tersebut mampu bermain ‘bersih’ dan lebih agresif menyerang. Seperti pada sehari sebelumnya, Linda sanggup memenangkan gim pertama atas Wang Shixian, 21-17 meskipun akhirnya mundur karena tidak mau mekasakan diri dan cedera kaki kiri yang dialaminya.

 

Namun kali ini saat menantang Mitani, Linda justru mengembangkan permainan defensif yang membuat posisinya tertekan pada gim kedua dan paruh akhir set ketiga. Sempat unggul 21-19 pada gim pertama, Linda akhirnya menyerah 13-21 pada gim kedua. Menguasai gim ketiga dengan keunggulan 7-3, 13-8 dan 14-11, Linda kembali hanyut dalam pola permainan Mitani sehingga beberapa kali gagal mengembalikan bola dengan sempurna. Tertinggal 16-18, Linda akhirnya menyerah 17-21 sekaligus mengubur harapan Indonesia untuk mengulang prestasi yang sama dua tahun sebelumnya.

 

Di laga empat besar, para pemain putri negeri sakura akan menantang sang juara bertahan, Korea Selatan yang harus berjibaku ketat untuk menundukkan Taiwan, 3-2. Meskipun Sung Ji Hyun berhasil mencuri angka pertama setelah menghempas Tai Tzu Ying, 18-21, 25-23, 21-14, pahlawan Tim Uber Korea 2010, Ha Jung Eun/Kim Min Jung justru gaga mengatasi perlawanan duo senior Taiwan, Cheng Wen Hsing/Chien Yu Chin. Bermain nyaris selama satu jam, Ha/Kim akhirnya terpuruk, 21-19, 18-21, 17-21.

 

Kekalahan Bae Youn Joo atas Pai Hsiao Ma 21-14, 18-21, 14-21 membuat posisi kembali genting bagi Korea Selatan. Dukungan penonton yang sebagian besar memihak Taiwan membuat semangat para pemainnya menjadi kian terpicu dan sanggup mengimbangi permainan para pebulutangkis Korea Selatan. Wang Pei Rong/Hsieh Pei Chen yang dilaga penyisihan grup tidak mampu bertanding maksimal kali ini justru membuat kerepotan ganda Korea, Jung Kyung Eun/Kim Ha Na. Meskipun akhirnya dipaksa menyerah, Wang/Hsieh sanggup memaksa Jung/Kim untuk bermain rubber, 14-21, 21-18, 11-21.

 

Penampilan Hung Shih Han di partai kelima juga tidak terlalu mengecewakan. Menghadapi tunggal senior Korea Selatan, Hwang Hye Youn, Hung mampu bermain tanpa beban dan berjuang gigih di paruh akhir gim pertama dan kedua. Meskipun akhirnya kalah 18-21, 23-25, Hung mendapatkan apresiasi yang cukup baik dari penonton yang memadati Wuhan Sports Complex tadi malam (23/05/12).

 

Jadwal yang tidak bersahabat bagi tim tamu dan menguntungkan untuk tim tuan rumah membuat Jepang dan Korea harus beradu lebih dini pada pukul 1 siang besok (24/05/12) setelah kedua tim bermain ‘all out’ pada hari ini. Sedangkan tim tuan rumah China, yang tampil pada pertandingan pagi justru bermain pada malam hari dan mendapatkan jatah istirahat yang lebih lama.

 

Thomas China dan Korea Ke Empat Besar

 

Dua tim unggulan Thomas Cup lainnya yang berlaga di sesi kedua pada malam tadi juga tidak menemui hambatan untuk meloloskan diri ke babak 4 besar. Unggulan teratas, China sempat bertanding seru saat menaklukkan Malaysia sedangkan Korea Selatan mengulang prestasi mereka pada babak penyisihan grup yang lalu dengan menundukkan Jerman.

 

Meskipun tanpa dimotori oleh sang pilar utama, Lee Chong Wei yang cedera pada laga penyisihan grup sebelumnya, tim negeri jiran mampu menyajikan permainan agresif saat menantang tuan rumah, China. Daren Liew yang maju sebagai tunggal pertama sempat membuat Lin Dan kerepotan dan akhirnya menyerah 17-21 pada gim pertama. Namun di dua gim berikutnya Lin Dan berhasil menemukan ritme permainan terbaiknya dan memetika kemenangan 21-9, 21-5.

 

Permainan memukau juga diperagakn oleh duo Malaysia, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong saat menjajal pasangan nomor satu China, Fu Haifeng/Cai Yun. Beberapa kali Koo/Tan bahkan sempat unggul dan membuat Fu/Cai dalam posisi tertekan sehingga pertandingan berlangsung cukup menarik. Namun pada akhirnya, kesolidan Fu/Cai yang lebih baik memaksa Koo/Tan untuk berlutu dan menyerah 17-21, 18-21.

 

Kemenangan China atas Malaysia akhirnya dituntaskan oleh Chen Long yang tampil agresif saat menghadapi Hafiz Hashim. Dalam tempo 46 menit, Chen Long menyudahi perlawanan Hafiz, 21-10, 21-11. Dengan demikian, China akan bertanding menghadapi Jepang pada hari jumat mendatang (26/05/2012) untuk memperebutkan satu tempat di laga pamungkas.

 

Sementara itu semifinal lainnnya akan mempertemukan Denmark yang lebih dulu lolos pada pertandingan sebelumnya dengan Tim Thomas Korea Selatan. Meskipun sang negeri ginseng tidak turun dengan format terbaiknya karena cedera punggung yang dialami oleh Jung Jae Sung, namun Korea berhasil memukul Jerman 3-0 untuk melenggang ke babak semifinal (FEY).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: