Bulutangkismania's Weblog

Juni 23, 2012

Results Quarterfinal Round Singapore Open SS 2012 : Tunggal Tak Bersisa

Filed under: Turnamen — bulutangkismania @ 7:44 am
Tags: , , , ,

Dua tunggal andalan Indonesia yang tersisa di turnamen ini, Sony Dwi Kuncoro dan Hayom Rumbaka gagal menembus babak semifinal setelah dikalahkan lawan-lawannya. Di sektor putri, Sung Ji Hyun yang memanfaatkan absennya para pemain papan atas dunia masih terus melaju dan bermain konsisten hingga melenggang ke empat besar.

 

Antiklimaks kembali diciptakan oleh tunggal Indonesia, Sony Dwi Kuncoro setelah berhasil melangkah ke babak perempatfinal untuk kedua kalinya. Setelah pada pekan lalu Sony ditalkukkan Du Pengyu di depan pendukungnya sendiri, kekalahan itu berhasil ditebus di turnamen ini dengan menghempas Pengyu (5) 21-9, 21-17 di babak pertama. Permainan cemerlang Sony kembali gagal dibendung oleh tunggal muda Thailand, Tanongsak Saensomboonsuk di laga 16 besar dan memetik kemenangan, 21-11, 21-17.

 

Namun ketika di hadang oleh tunggal Eropa yang berbeda tipe permainannya, Sony yang di turnamen ini kembali harus melewati babak kualifikasi, tidak mampu mengimbangi permainan cepat Viktor Axelsen dan menyerah 17-21, 24-26. Terlambat panas di gim pertama, Sony mencoba untuk mengejar ketertinggalannya di paruh akhir gim kedua. Namun langkah antisipasi ini sedikit terlambat karena Viktor sudah berada pada momentum kemenangannya. Sempat empat kali menyamakan kedudukan dan memaksakan ‘deuce’, keberuntungan akhirnya berpihak pada tunggal Denmark dan mengubur impian Sony untuk kedua kalinya.

 

Hasil ini mempertemukan Viktor yang sukses menundukkan unggulan teratas, Sho Sasaki di pertandingan awalnya dengan wakil China, Wang Zhengming setelah tunggal ke-5 China tersebut berhasil menghentikan wakil Jepang, Kenichi Tago (3) di babak 32 besar. Dalam laga perempatfinal hari ini (22/06/12), Zhengming yang pekan lalu absen di turnamen Indonesia Open SS Premier 2012 memetik kemenangan atas pebulutangkis Malaysia, Chong Wei Feng, 21-12, 22-20.

 

Chong yang tampil inkonsisten di turnamen ini sempat mencatat dua kemenangan besar di laga sebelumnya yaitu atas andalan Indonesia, Taufik Hidayat, 21-17, 21-19 dan semifinalis Indonesia Open SS Premier 2012 pekan lalu, Hu Yun, 21-17, 21-14.

 

Semifinalis lainnya adalah dua pebulutangkis senior Asia Tenggara, Boonsak Ponsana asal Thailand dan Nguyen Tien Minh (6). Boonsak lolos ke empat besar dengan menghempas wakil merah putih, Hayom Rumbaka, 21-23, 21-7, 21-18. Hayom yang sempat kalah telak di gim kedua, sempat mengimbangi permainan Boonsak pada gim ketiga. Namun memasuki paruh akhir set ini, Hayom justru beberapa kali melakukan kesalahan sendiri sehingga menguntungkan perolehan poin Boonsak.

 

Tommy Sugiarto yang sempat mencatat kejutan di turnamen ini dengan menekuk unggulan ke-8 sekaligus tunggal nomor dua Korea, Shon Wan Ho, 21-16, 19-21, 21-15, tidak mampu menjaga konsistensinya dan momok bertanding ketika menantang Hayom sehingga harus menelan pil pahit, 19-21, 17-21.

 

Inkonsistensi juga di bukukan pemain muda Malaysia, Daren Liew ketika di babak 16 besar mampu bermain taktis dan menghentikan perlawanan tunggal nomor satu Korea, Lee Hyun Il (2), 21-18, 12-21, 21-13. Namun ketika menghadapi wakil Vietnam, Nguyen Tien Minh, Daren harus menyerah, 21-14, 11-21, 13-21.

 

Ji Hyun Tak Terbendung

 

Pebulutangkis Korea Selatan yang saat ini menjadi kuda hitam bagi para pemain China, Sung Ji Hyun (3) masih belum menemui kesulitan untuk mendapatkan tiket empat besar dengan menundukkan lawan-lawannya. Musuh yang sebenarnya baru akan ditemui Ji Hyun di laga semifinal hari ini dengan menantang wakil Jerman, Juliane Schenk (2).

 

Sung Ji Hyun berhasil memanfaatkan absennya para pebulutangkis papan atas dunia di turnamen ini dan melaju ke babak semifinal. Usai menghentikan perlawanan tunggal Jepang, Minatsu Mitani dan wakil tuan rumah, Fu Mingtian di dua babak sebelumnya, Fu berhasil meoloskan diri ke babak semifinal dengan menghentikan perlawanan pebulutangkis senior negeri sakura, Eriko Hirose, 21-14, 10-21, 21-13. Eriko yang di turnamen ini sempat tampil gemilang dengan memetik kemenangan atas Tai Tzu Ying (5) 21-15, 21-18, hanya mampu meladeni permainan taktis Ji Hyun di set kedua namun harus takluk di gim selanjutnya.

 

Unggulan ke-2, Juliane Schenk juga masih terlalu tangguh bagi lawan-lawannya. Membuka kemenangan di turnamen ini dengan melibas tunggal Thailand, Salakjit Ponsana, 21-15, 21-15, Juliane kembali menorehkan bukti sebagai momok bagi pebulutangkis negeri tirai bambu dengan menyingkirkan Chen Xiao Jia, 21-12, 10-21, 21-16. Sementara itu di laga perempatfinal, Schenk kembali menundukkan wakil Thailand, Porntip Buranaprasertsuk, 21-12, 9-21, 21-19.

 

Dua semifinalis lainnya adalah Cheng Shao Chieh (4) dan wakil terakhir tuan rumah di turnamen ini, Xing Aiying. Cheng melaju dengan menghempas tunggal teratas Jepang, Sayaka Sato (7), 21-15, 21-8. Sebelumnya di babak pertama, Cheng juga mencatat kejayaan atas wakil China, Han Li, 22-20, 21-10. Sementara itu Xing Aiying melaju ke babak semifinal dengan menekuk tunggal Hongkong, Yip Pui Yin, 21-9, 23-21.

 

Indonesia sendiri mengirimkan dua wakilnya ke turnamen ini namun sayangnya tidak satupun mampu lolos ke babak 16 besar. Maria Febe yang menempati peringkat teratas tunggal merah putih di kalahkan Yip Pui Yin 16-21, 17-21 sementara itu Lindaweni Fanetri yang memiliki keunggulan tehnik dari penantangnya asal Bulgaria, Petya Nedelcheva justru tidak ditunjang mental bertanding yang matang sehingga harus menyerah, 11-21, 21-14, 20-22 setelah sempat unggul 20-16 di gim ketiga (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: