Bulutangkismania's Weblog

Juli 31, 2012

Results Day 3 Badminton Olympics 2012 : Firda Dipaksa Rubber, Dua Unggulan Tumbang

Pebulutangkis merah putih, Adriyanti Firdasari membutuhkan tiga gim untuk menekuk wakil Belarusia, Alesia Zaitsave. Meskipun pertandingan Olimpiade baru memasuki hari ketiga, dua korban unggulan di sektor tunggal sudah harus angkat koper lebih dini.

 

Adriyanti Firdasar membutuhkan waktu 40 menit dalam laga 3 gim untuk mengalahkan tunggal, Belarusia, Alesia Zaitsava dalam Olimpiade ke-30 di Wembley Arena, London, Inggris, Senin, 30 Juli 2012. Pada game pertama, Firda langsung unggul jauh dengan skor 21-10.

 

Game pertama berlangsung cepat dalam tempo 13 menit. Namun, atlet berusia 25 tahun itu tidak mampu mempertahankan konsistensi dan mengatur ritme permainan di game kedua, sehingga harus tertinggal 16-21 dari Alesia.

 

“Di set kedua saya terlalu buru-buru dan salah strategi,” komentar Firda paska pertandingan seperti dikutip dari situs resmi PB-PBSI.

 

“Lawan sebetulnya hanya menunggu saya melakukan kesalahan sendiri, serangan saya juga kurang tajam, justru saya balik mendapatkan bola yang susah.”

 

Pada game penentuan, Firda sempat tertinggal 5-10. Tetapi perlahan-lahan, ia bangkit dan menyicil satu demi satu poin, hingga bisa menyamakan skor menjadi 12-12. Selanjutnya, Firda tak terbendung dan memenangi game penentuan tersebut 21-14.

 

Pada game ketiga, dia melihat lawannya lemah di bola-bola belakang. “Maka dari itu, saya banyak berikan bola-bola panjang,” ujar Firda yang akan menghadapi  tunggal Bulgaria, Petya Nedelcheva di laga pamungkas babak penyisihan grup.

 

Firdasari mengaku gugup sebelum bertanding. Alasannya, pertandingan tersebut menjadi debutnya di ajang sebesar Olimpiade. Firda juga merasa belum mengerahkan seluruh kemampuannya. “Di set ketiga, saya bisa bermain lebih tenang. Saya merasa kemampuan saya belum keluar semua mungkin karena ini adalah pertandingan pertama,” simpulnya.

 

Ji Hyun dan Tago Tersingkir

 

Pada laga siang harinya, kejutan perdana sektor tunggal putri akhirnya terurai juga. Unggulan ke-8 asal Korea Selatan, Sung Ji Hyun di luar dugaan takluk dari wakil Hongkong, Yip Pui Yin. Dalam pertandingan yang berlangsung 47 menit tesebut, Ji Hyun gagal menuntaskan momentum rubber set di gim kedua dan harus menyerah 21-23 setelah sebelumnya takluk 18-21 di gim pertama. Hasil ini mengokohkan Yip di posisi teratas grup J sekaligus berhak untuk melaju ke babak 16 besar.

 

Kejutan ternyata tidak hanya terjadi di sektor putri. Sebelumnya di laga sesi pertama, tunggal nomor 2 Jepang yang menempati unggulan ke-8, Kenichi Tago harus mengakui keperkasaan wakil Srilanka, Niluka Karunaratne.

 

Pebulutangkis Srilanka berperingkat 48 dunia tersebut mengungguli Tago dua gim langsung, 21-18, 21-16 hanya dalam tempo 44 menit.

 

“Saya seperti baru bangun dari tidur dan hal selanjutnya yang saya tahu saya kalah dalam pertandingan. Saya tidak tahu apa yang terjadi,” ungkap Tago dengan ekspresi kecewa.

 

Sebaliknya, Niluka sempat mempunyai firasat bahwa hari ini akan terjadi sesuatu yang spesial pada dirinya. “Saya tahu akan terjadi sesuatu yang spesial pada hari ini. Saya mempunyai firasat, hari ini akan menjadi milik saya,” papar pebulutangkis berusia 27 tahun tersebut.

 

“Dalam laga grup berisi dua orang, tidak boleh terjadi kesalahan. Saya seorang outsider dan sekarang saya berada di 16 besar. Saya akan kembali melihat draw untuk melihat lawan saya selanjutnya karena saya benar-benar tidak menyangka dapat melewati pertandingan ini,” lanjutnya.

 

“Kemenangan ini adalah terbesar dan paling signifikan dalam sejarah bulutangkis Srilanka,” ujar Niluka.

 

Deretan papan atas unggulan di sektor putra seperti Lin Dan, Peter Gade, Lee Chong Wei dan Chen Jin yang baru bertanding pada sesi sore malam harinya memastikan langkah ke babak 16 besar setelah mengalahkan lawan-lawannya. Meskipun harus berjibaku 3 gim menghadapi wakil Finladia, Ville Lang, Chong Wei  akhirnya sukses mengantongi kemenangan 21-8, 14-21, 21-11 (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: