Bulutangkismania's Weblog

Agustus 1, 2012

Results Day 4 Badminton Olympics 2012 : ToLyn Puncaki Grup, AhNa Menang WO

Menang dua gim langsung atas Thomas/Kamilla pada laga penyisihan grup C kian mengokohkan posisi ToLyn di peringkat teratas. Di sektor putra, Ahsan/Bona (AhNa-red) mendapatkan kemenangan WO atas ganda Polandia, Mical/Adam yang muncur karena cedera otot.

 

Pada laga sektor campuran, andalan Indonesia ToLyn sukses menjadi yang terbaik di grup C dengan menghempas wakil Denmark, Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl. Tidak seperti pada dua pertandingan sebelumnya, ToLyn kali ini tampak lebih tegang dan beberapa kali melakukan kesalahan sendiri. Dalam laga berduarasi 31 menit terebut, ToLyn mampu memetik kemenangan 2 gim setelah tampil ketat di set pertama.

 

Setelah terjadi kejar mengejar angka, ToLyn sempat memimimpin 16-13 di gim pertama. Namun keadaan berubah menjadi tegang saat duo Denmark mampu menyamakan kedudukan dan terus menempel ketat perolehan poin ToLyn di angka kritis. Untungnya ToLyn mampu tampil tenang dan akhirnya mengontrol permainan 24-22.

 

Kemenangan ketat di gim pertama membuat ToLyn lebih lepas dan tampil dominan di set kedua. Sebaliknya gim ini seolah-olah menjadi antiklimaks bagi ganda Denmark yang banyak melakukan kesalahan sendiri. ToLyn menyudahi perlawanan keduanya, 21-16.

 

“Pertandingan kali ini berbeda. Selain penentuan juara grup, kualitas lawan juga masih di atas pasangan Korea dan India”, jelas Liliyana soal ketatnya gim pertama.

 

“Meskipun sempat ketat, kami sudah tampil cukup bagus. Ini kan Olimpiade, bebannya pasti tinggi dan bisa melewati saat-saat kritis adalah poin plus buat kami,” lanjut Liliyana.

 

Saat ditanya kunci kemenangan mereka di gim pertama, Liliyana menjawab, “Sempat menonton pertandingan Ahsan/Bona kemarin. Mereka bisa keluar dari situasi kritis gim pertama sehingga di gim kedua semakin percaya diri dan lawan menjadi drop.”

 

Kesuksesan ini tidak hanya membuat ToLyn terhindar dari unggulan teratas grup A, Zhang/Zhao yang berhasil memastikan diri sebagi juara grup A dengan menghempas Chris/Imogen, 21-13, 21-14 namun juga terhindar dari pool atas yang sebagian besar ditempati oleh ganda papan atas tingkat dunia dan pasangan kuda hitam yang mampu membukukan kejutan tak terduga.

 

Pada pool bawah, ToLyn akan bertemu dengan runner up grup A, duo Jerman Michael Fuchs/Birgit Michels sedangkan tandem nomor dua China, Xu/Ma yang menuai kemenangan dalam laga terakhir grup D menghadapi wakil Taiwan, Chen/Cheng, 21-16, 22-20 akan memperebutkan tiket semifinal dengan menantang ganda Polandia runner up grup B, Robert/Nadiezda.

 

Sebaliknya di pool atas, Zhang Nan/Zhao Yunlei akan menjajal Thomas/Kamilla sedangkan Sudket/Saralee yang menjadi runner up grup D akan berjibaku dengan pemuncak grup B, Joachim/Christinna asal Denmark.

 

Di sektor putra, AhNa yang sebelumnya membuat kejutan atas Ko/Yoo akhirnya memastikan diri sebagai runner up grup B karena kemenangan tanpa tanding yang diberikan oleh wakil Polandia, Mical Logosz/Adam Cawalina. Cedera otot kaki yang dialami oleh Michal saat mengahdapi ganda Thailand, Maneepong/Bodin di gim ketiga  memaksanya harus menarik diri dari pertandingan dan pulang ke negaranya untuk menjalani operasi yang cukup serius.

 

Dengan hasil ini, AhNa berhak untuk menantang juara grup D, Jung/Lee (2) yang memetik kemenangan atas wakil Malaysia, Koo/Tan, 21-16, 21-11. Sementara itu Koo/Tan sendiri akan bertemu dengan Maneepong/Bodin pada pool yang berbeda. Jika lolos dari hadangan Jung/Lee, AhNa akan mengahadapi pemenang antara juara grup C, Mathias/Carsten (3) dan runner up grup A, Fang/Lee di babak semifinal.

 

Mathias/Carsten menjadi yang terbaik di grup C dengan menundukkan ganda China, Chai/Guo, 21-14, 21-19 sedangkan Fang/Lee harus puas di posisi runner up grup A karena dikalahkan unggulan teratas, Fu/Cai, 19-21, 13-21 (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: