Bulutangkismania's Weblog

Agustus 5, 2012

Results Day 8 Badminton Olympics 2012 : Zhao Yunlei, Rekor Dua Emas

Pemain bulu tangkis ganda China, Zhao Yunlei sukses membuat rekor sepanjang sejarah perhelatan Olimpiade dengan mengoleksi dua emas. Rekor sebelumnya diukir oleh Gao Ling pada Olimpiade Athena 2004 dengan 1 emas dan 1 perak di dua sektor, campuran dan ganda putri. Di partai final, Zhao yang menggandeng Tian Qing menundukkan pasangan Jepang, Mizuki Fujii/Reika Kakiiwa.

 

Pada tahun 2004, pemain ganda China, Gao Ling berhasil menyamai rekor seniornya, Ge Fei/Gu Jun dengan mengumpulkan dua medali emas secara beruntun pada dua Olimpiade. Jika Ge/Gu menjadi yang terbaik di sektor ganda putri tahun 1996 dan 2000, Gao Ling yang kala itu berduet dengan Zhang Jun di nomor campuran, meraih emas Olimpiade di tahun 2000 dan 2004. Ternyata prestasi Gao Ling tidak hanya sampai disana. Gao Ling juga berhasil memecahkan rekor Olimpiade 1 emas dan 1 perak pada waktu yang sama di tahun 2004 bersama Huang Sui setelah takluk dari kompatriot mereka, Yang Wei/Zhang Jiewen di babak final.

 

Di Olimpiade London 2012 kali ini, prestasi yang pernah di torehkan Gao Ling berhasil dipertajam oleh juniornya, Zhao Yunlei. Setelah sehari sebelumnya Zhang Nan/Zhao Yunlei (1) sukses merebut emas dengan mengalahkan kompatriot mereka, Xu Chen/Ma Jin, maka pada hari ini Zhao Yunlei yang kembali turun di sektor ganda putri bersama Tian Qing berhasil merebut emas kedua dengan mengalahkan ganda Jepang, Mizuki/Reika, 21-10, 25-23.

 

Pertandingan berlangsung ketat pada gim kedua. Reli khas ganda putri yang disajikan oleh kedua pasangan beberapa kali akhirnya mampu dimenangkan oleh duet Jepang. Mizuki/Reika bahkan sempat unggul lebih dulu 11-9 pada jeda interval set kedua. Beberapa kesalahan sendiri yang dilakukan oleh Tian Qing membuat pasangan Jepang mampu menempel ketat perolehan poin wakil China. Meskipun sempat tertinggal di angka kritis, Mizuki/Reika akhirnya mampu menyamakan kedudukan di angka 20. Dua kali pekuang match point bagi Tian/Zhao berhasil digagalkan oleh ganda Jepang namun mental bertanding China yang lebih baik membuat mereka tampil sebagai juara.

 

Sementara itu pada perebutan medali perunggu, duo Rusia, Valeri/Nina berhasil mematahkan perlawanan wakil Kanada, Alex/Michele, 21-9, 21-10. Meskipun medali ini merupakan buah keberuntungan dari insiden ‘drama’ yang menyebabkan diskualifikasi empat pasangan ganda putri, namun keberhasilan ini merupakan catatan sejarah tersendiri bagi Rusia yang saat ini sedang menggeliat bulu tangkisnya sebagai medali pertama di sepanjang Olimpiade.

 

“Saya kira kami mendapat keberuntungan untuk mendapat kesempatan turun dalam pertandingan hari ini,” tutur Nina.

 

“Kami melakukan hal yang baik dengan melupakan semua yang sudah terjadi dan memusatkan perhatian kepada kami sendiri dan memusatkan perhatian kepada medali perunggu. Semua berjalan dengan baik,” tambah Valeri (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: