Bulutangkismania's Weblog

Agustus 6, 2012

Results Day 9 Badminton Olympics 2012 : Fu/Cai Lengkapi Sapu Bersih China

Duet peringkat dua dunia, Fu Haifeng/Cai Yun melengkapi dominasi China pada cabang olahraga bulu tangkis Olimpiade London 2012. Menghadapi ganda Denamrk, Mathias Boe/Carsten Mogensen yang berambisi untuk menorehkan emas kedua Eropa di arena bulu tangkis sepanjang perhelatan Olimpiade, Fu/Cai tampil cemerlang dan mendominasi permainan lawan.

 

Memasuki gim pertama, Mathias/Carsten mampu mengimbangi permainan cepat Fu/Cai setelah sempat tertinggal 6-11. Perlahan Denmark mampu bangkit menyamakan kedudukan di angka 12. Namun strategi khas Fu/Cai dimana Cai Yun lebih banyak memancing dengan menurunkan bola berhasil dieksekusi dengan sempurna oleh Fu Haifeng dengan smash-smash kerasnya. Tak terkejar, Fu/Cai menyudahi perlawanan Mathias/Carsten, 21-16.

 

Pada gim kedua pertandingan berlangsung lebih seru dan ketat. Kedua pasangan saling mengejar namun Fu/Cai memetik keunggulan lebih dulu 11-9 saat jeda interval. Dari titik ini, Fu/Cai kembali tak terbendung dan sukses menjalankan strategi yang sama seperti pada gim pertama. Keduanya unggul hingga 20-14. Adu smash yang akhirnya dimenangkan oleh ganda Denmark mengubah kedudukan menjadi 15-20. Namun penempatan serangan smash yang cerdik dari Cai Yun pada lapangan kosong Mathias/Carsten menutup kemenangan wakil China, 21-15.

 

Emas ini selain mengobati kekecewaan empat tahun lalu yang dirasakan Fu/Cai saat dikandaskan oleh ganda Indonesia, Markis Kido/Hendra Setiawan pada babak final Olimpiade Beijing 2008, juga melengkapi dominasi China dengan menyapu bersih emas di lima nomor bulu tangkis Olimpiade London 2012.

 

Sementara itu pada perebutan medali perunggu antara Jung Jae Sung/Lee Yong Dae (2) dan wakil Malaysia, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong (4) akhirnya dimenangkan oleh Jung/Lee, 23-21, 21-10. Pasangan Korea yang masih terbebani dengan kekalahan di laga sebelumnya sempat tampil tak lepas di laga awal gim pertama. Dalam kondisi tertekan, beberapa kesalahan beruntun yang dilakukan oleh Jung/Lee, termasuk saat akan melakukan servis membuat posisi Korea tertinggal cukup jauh, 10-14 dan 13-19.

 

Namun di titik ini momentum mulai terjadi ketika kesolidan Jung/Lee gagal ditembus oleh Koo/Tan dan berbalik menjadi senjata yang menghasilkan poin demi poin. Lima angka beruntun yang berhasil dikoleksi ganda Korea memperekecil ketertinggalan mereka, 18-19. Koo/Tan sempat menambah satu poin namun pengembalian ganda Malaysia yang terlalu melebar dan penempatan bola tak terduga Yong Dae di area baseline Koo/Tan membuat kondisi imbang bagi kedua pasangan 20-20.

 

Koo/Tan mendapatkan kesempatan kedua untuk menamatkan set ini dari pengembalian melebar Jung Jae Sung, 21-20 namun permainan netting yang profesional dari Jung Jae Sung kembali menyamakan kedudukan, 21-21. Adu reli yang tersaji antara kedua pasangan yang gagal diselesaikan dengan baik oleh Tan Boon Heong di depan net serta eksekusi bola tanggung oleh Jung Jae Sung di area kosong ganda Malaysia membuat keadaan berbalik sekaligus menguntungkan duo Korea, 23-21.

 

Mampu keluar dari kondisi kritis gim pertama membuat permainan Jung/Lee menjadi lebih lepas. Keduanya langsung leading 4-0, dan 11-4 saat jeda interval. Posisi Malaysia yang tertekan membuat Koo/Tan menjadi lebih defensif dan sulit membangun serangan. Ganda Korea terus meluncur 16-5 dan 18-9 dan akhirnya menutup gim ini 21-10 sekaligus memastikan satu medali perunggu untuk Korea Selatan.

 

Dengan hasil ini China kembali sukses menjadi juara umum dengan 5 emas, 2 perak, 1 perunggu dan 1 semifinalis memperbaiki raihan medali bulu tangkis yang mereka koleksi empat tahun lalu di Olimpiade Beijing 2008, 3 emas, 2 perak, 3 perunggu dan 1 semifinalis. Sementara itu Denmark dan Malaysia yang 4 tahun lalu berada di dua posisi terbawah melejit ke posisi 2 dan 3 di bawah China pada Olimpiade tahun ini. Sebaliknya, Indonesia yang 4 tahun lalu menjadi runner up kali ini harus puas menjadi juru kunci bersama Kanada.

 

Berdasarkan data distribusi medali, Olimpiade tahun ini juga berbeda dari 4 tahun lalu karena keberhasilan para pebulu tangkis Denmark dan Rusia mematahkan dominasi wakil Asia yang menyapu bersih medali di Olimpiade sebelumnya. Berikut rekapitulasi lengkap distribusi medali cabang bulu tangkis Olimpiade London 2012 :

  1. China : 5 emas (TPa, TPi, GPa, GPi, GC) , 2 perak (Tpi, GC), 1 perunggu (TPa), 1 semifinalis (TPi)
  2. Denmark : 1 perak (GPa), 1 perunggu (GC)
  3. Malaysia : 1 perak (Tpa), 1 semifinalis (GPa)
  4. Jepang : 1 perak (GPa)
  5. Korea Selatan : 1 perunggu (GPa), 1 semifinalis (TPa)
  6. India : 1 perunggu (TPi)
  7. Rusia : 1 perunggu (GPi)
  8. Indonesia : 1 semifinalis (GC)
  9. Kanada : 1 semifinalis (GPi)

 

Sebagai perbandingan, berikut rekapitulasi distribusi medali cabang bulu tangkis Olimpiade Beijing 2008 :

1. China : 3 emas (TPa, TPi, GPi) , 2 perak (TPi, GPa), 3 perunggu (TPa, GPi, GC), 1 semifinalis (TPi)

2. Indonesia : 1 emas (GPa), 1 perak (GC), 1 perunggu (TPi), 1 semifinalis (GC)

3. Korea : 1 emas (GC), 1 perak (GPi), 1 perunggu (GPa), 1 semifinalis (TPa)

4. Malaysia : 1 perak (Tpa)

5. Denmark : 1 semifinalis (GPa)

 

Keterangan :

Tpa : Tunggal Putra; Tpi : Tunggal Putri; Gpa : Ganda Putra; Gpi : Ganda Putri; GC : Ganda Campuran (FI).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: