Bulutangkismania's Weblog

September 14, 2012

Road To Quarterfinal China Masters SS 2012 : Kiprah Srikandi Muda Jepang Dan Thailand

Pada turnamen Super Series pembuka paska Olimpiade London 2012, absennya sebagian besar para pebulutangkis elit dunia dimanfaatkan dengan baik oleh wakil ‘negara kedua’ untuk mengirimkan atlet mudanya. Jepang, Thailand dan India yang kian gencar dengan semangat regenerasi sukses membukukan beberapa kejutan di laga pembuka turnamen ini.

 

Publik bulutangkis Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan nama pebulutangkis muda Jepang, Minatsu Mitani. Tunggal kelahiran 4 September 1991 ini menjadi penentu kemenangan tim Uber Jepang atas Indonesia dengan menundukkan Lindaweni Fanetri di babak perempatfinal. Sistem regenerasi dan pembinaan yang cukup baik di negeri sakura membuat Jepang senantiasa mampu mengorbitkan para pemain baru khususnya di sektor tunggal putri.

 

Setelah era Yu Hirayama dan Eriko Hirose yang disambung dengan Ai Goto dan Kaori Imabeppu, Jepang langsung menjagokan Sayaka Sato yang hingga saat ini masih menjadi tumpuan utama sang negeri sakura. Minatsu Mitani akhirnya membuat sejarah dalam karir bulutangkisnya diantara sedikit nama yang sukses menjungkalkan pemain papan atas China.

 

Di laga babak pertama, tunggal yang sempat menjadi ujung tombak sang negeri tirai bambu di eras sebelumnya, Wang Lin ditundukkan oleh Mitani melalui laga dua gim, 22-20, 21-17. Tiket delapan besar akhirnya dikantongi oleh Mitani sekaligus menempis keraguan publik akan konsistensinya dengan kejutan besar menghempas unggulan ke-3, Wang Shixian, 21-13, 21-18.

 

Selain Jepang, Thailand juga ikut melambungkan dua nama pemain muda lainnya setelah sukses dengan Ratchanok Inthanon dan Porntip Buranaprasertsuk. Busanan Ongbumrungpan dan Sapsiree Taerattanachai yang melenggang ke babak delapan besar dengan melibas para unggulan. Busanan yang dua tahun lalu baru memulai karir profesionalnya mencatat kemenangan besar hingga babak perempatfinal turnamen Vietnam Challenge 2010, kali ini mencatat kesuksesan di babak pertama dan kedua.

 

Usai menghempas tunggal ke-7 China, Chen Xiaojia 14-21, 21-15, 22-20 di babak pertama, tunggal kelahiran 22 Maret 1996 ini meneruskan langkahnya dengan membuat kejutan atas unggulan ke-7 asal Singapura, Gu Juan, 21-18, 23-21.

 

Sementara itu andalan Thailand lainnya, Sapsiree Taerattanachai yang menang 21-15, 21-17 di laga perdananya atas Kaori Imabeppu kembali sukses menjaga peluang ke babak selanjutnya usai menghentikan tunggal ke-6 China, Liu Xin (6), 22-20, 21-8.

 

Tak mau ketinggalan dengan Jepang dan Thailand, beberapa para pemain India juga mengibarkan kesuksesan dengan menjegal para unggulan untuk meraih tiket perempatfinal. Ajay Jayaram membuka kemenangan dengan mendepak Kenichi Tago (3), 21-13, 21-17 untuk kemudian mengalahkan Wong Zi Liang Derek, 21-17, 21-9.

 

Hasil gemilang juga diukir oleh tunggal India lainnya, Gurusaidutt R. M. V. yang lolos ke babak delapan besar dengan menekuk tunggal senior Malaysia, Hafiz Hashim, 21-18, 19-21, 21-13 dan Kashyap Parupalli (8), 16-21, 21-18, 21-4 di babak pertama dan kedua.

 

Sementara itu di sektor putri, Pusarla Venkata Sindhu yang masih berusia 17 tahun berhasil memetik kemenangan atas wakil Thailand, Porntip Buranaprasertsuk (8) setelah melewati laga 3 gim, 10-21, 21-7, 21-19. Sebelumny di babak pertama, Sindhu yang bulan Juli lalu menjadi kampiun Kejuaraan Asia Usia 19 tanpa kesulitan menundukkan wakil Amerika, Jamie Subandhi, 21-15, 21-12 (FEY).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: