Bulutangkismania's Weblog

September 16, 2012

Final Results China Masters SS 2012 : Tahun Ketiga Aksi Sapu Bersih China

Setelah memastikan tiga gelar di sektor tunggal dan ganda putri serta campuran para pemain bulutangkis tuan rumah kembali menambah mahkota Super Series di dua sektor lainnya untuk menyapu bersih semua gelar yang ada. Hasil ini sekaligus mencatat sejarah di turnamen ini selama empat tahun terakhir, dimana tiga diantaranya didominasi penuh oleh sang tuan rumah.

 

Unggulan teratas sektor ganda putri, Bao Yixin/Zhong Qianxin menghadapi kompatriot mereka, Cheng Shu/Luo Yu (5) membuka pertandingan partai final China Masters SS 2012. Sempat mendominasi di paruh awal gim pertama hingga kedudukan 10-10, Cheng/Luo tidak mampu mempertahankan konsistensinya setelah Bao/Zhong menemukan ritme permainan terbaik mereka.

 

Penempatan bola yang akurat dari Bao senantiasa mampu menciptakan momentum untuk Zhong malukan smash-smash tak terbendung. Beberapa pengambalian Cheng/Luo yang juga sudah terbaca oleh Bao/Zhong membuat tandem beda generasi tersebut senantiasa tertekan dan berada dalam kontrol permainan Bao/Zhong. Setelah melewati laga berdurasi 50 menit tersebut, Bao/Zhong akhirnya mengantongi kemenangan 21-12, 21-15.

 

Duet Xu Chen/Ma Jin (1) harus melalui pertandingan tiga gim untuk menundukkan wakil China lainnya, Qiu Zihan/Tang Jinhua. Tampil agresif pada gim pertama dengan smash-smash kerasnya, Qiu/Tang berhasil membuat kejutan dengan mengantongi kemenangan 21-14. Namun dominasi ini tak berlanjut di dua gim berikutnya setelah Xu/Ma mampu beradaptasi dengan baik dan tidak terbawa ritme permainan Qiu/Tang. Unggul 21-11, 21-10 di set kedua dan ketiga memastikan Xu/Ma pada gelar Super Series kedua mereka di tahun ini.

 

Andalan masa depan China di sektor ganda putra, Zhang Nan/Chai Biao ikut melengkapi kegemilangan sang tuan rumah. Unggulan teratas asal Jepang, Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa, yang diharapkan mampu menggagalkan aksi sapu bersih sang tuan rumah ternyata masih belum mampu membendung kedahsayatan aksi Zhang/Chai yang sudah langsung membukukan kejutan sejak babak pertama.

 

Meskipun sempat menyajikan perlawanan ketat di gim kedua setelah tertinggal 18-21 di set pertama, Hiroyuki/Kenichi gagal mempertahankan dominasi hingga akhir gim kedua. Tertinggal 15-19 setelah sempat unggul 14-12 dan 15-13, duo Jepang akhirnya harus menyerah 17-21 setelah beberapa kesalahan sendiri yang dilakukan berulang oleh ganda Jepang.

 

Cheng Long Dan Yihan Berjaya

 

Di sektor tunggal andalan tuan rumah Cheng Long (1) dan Wang Yihan (1) berhasil naik podium teratas setelah mengalahkan lawan-lawannya. Cheng menghentikan perlawanan tunggal terbaik Hongkong, Hu Yun yang tampil perdana ke babak final Super Series sedangkan Yihan menaklukkan wakil China lainnya, Jiang Yanjiao (4).

 

Hu Yu yang tampil agresif dengan pukulan drive silang dan permainan netting nya pada awalnya mampu membendung dominasi Chen Long sejak awal gim pertama. Namun Chen berhasil memaksakan strateginya dengan mempercepat tempo setelah jeda interval dan pengembalian netting tipis yang sulit untuk diantisipasi. Peluang smash yang senentiasa dimanfaatkan dengan baik oleh Chen Long juga membuat Hu Yun kehilangan petunjuk untuk mengembangkan permainannya. Dalam laga 40 menit tersebut, Hu Yun akhirnya menyerah 21-11, 21-13.

 

Setelah melewati hadangan Sapsiree Taerattanachai di babak sebelumnya dengan kemenangan telak, kepercayaan diri Yihan menjadi kian bertambah saat menghadapi wakil tuan rumah lainnya, Jiang Yanjiao. Yihan yang terus berusaha membenamkan strategi bermain reli berhasil diredam oleh Jiang dengan pengembalian bola di depan net untuk kemudian mempermudahnya melakukan serangan tak terjangkau. Namun kesabaran Yihan meladeni permainan Jiang akhirnya berbuah manis dengan mengantongi kemenangan 21-18, 21-14 sekaligus membalas kekalahannya pada babak semifinal Korea Open SS Pemier 2012 yang lalu (FEY).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: